Tips Fitnes untuk Pemula

Tips Fitnes untuk Pemula

BIBLIOTIKA - Mendengar kata “fitnes”, mungkin yang langsung terbayang dalam pikiran kita adalah serangkaian olahraga berat yang melelahkan. Padahal, fitnes tidak harus menjadi olahraga yang berat, dan kita pun bisa melakukannya tanpa harus merasa kelelahan.

Karenanya, jika kita ingin melakukan fitnes dengan tujuan bugar dan sehat, tip berikut ini dapat digunakan.

Warming up: Lakukan pemanasan, mulai dari jogging, jalan jongkok, dan melakukan pelemasan pada pergelangan tangan, antara 5 sampai 10 menit.

Muscular strength: Setelah itu mulailah melakukan latihan angkat barbel dengan beban berat standar, yaitu 2 sampai 4 kilogram, dengan durasi 5 menit.

Muscular endurance: Lanjutkan dengan push up, sith up, dan pull up, masing-masing sekitar 5 menit.

Cardio respiratory endurance: Kemudian lakukan kegiatan olahraga yang lebih banyak menggunakan tangan, seperti renang atau bulutangkis.

Flexibility: Lari secara perlahan sekitar 10 menit. Bisa dilakukan di sekitar komplek tempat Anda tinggal, atau lari di tempat dengan durasi yang sama.

Cool down: Jalan santai di sekeliling komplek, atau mengelilingi taman, selama 15 menit.

Catatan:

Apabila Anda berusia di bawah 35 tahun, dan tidak memiliki masalah dengan kesehatan, Anda bisa melakukan hal-hal di atas tanpa perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Namun jika Anda berusia di atas 35 tahun, dan memiliki riwayat penyakit yang cukup parah, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda, karena kegiatan-kegiatan di atas dapat membuat penyakit Anda kambuh dan menyerang lagi dengan tingkatan yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang oleh dokter sangat tidak dianjurkan untuk mengikuti latihan di atas.
  1. Hepatitis.
  2. Tekanan darah tinggi.
  3. Vertigo.
  4. Penyakit tulang.
  5. Mempunyai masalah pernapasan.
  6. Anda seorang keturunan penderita stroke.
  7. Sering mempunyai masalah dengan otot-otot di sekujur tubuh.
  8. Memiliki kandungan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

Apabila Anda tidak punya masalah dengan kesehatan, Anda bisa melakukan latihan di atas setiap hari sampai minimal seminggu, sebelum memulai kegiatan fitnes. Selain itu, imbangi dengan asupan vitamin dan makanan yang berkualitas, dengan melakukan kontrol dan konsultasi dengan dokter Anda.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.