Tips agar Kulit Kencang dan Terawat

Tips agar Kulit Kencang dan Terawat

BIBLIOTIKA - Tiga kunci penting dalam membentuk kulit yang kencang dan tampak terawat adalah memanfaatkan pelembap, olahraga, dan asupan nutrisi.

Pelembap dirancang untuk mencegah dehidrasi kulit. Pelembap biasanya berbentuk krim, dengan kekentalan yang bervariasi—dari ringan sampai kental, tergantung pada kandungan minyak dan gliserin di dalamnya.

Pelembap tubuh, atau yang sering pula disebut body lotion, mengandung bahan-bahan pelembap yang berfungsi mencegah air menguap dari kulit, dengan jalan membuat lapisan tipis di permukaan kulit. Gliserin, misalnya, merupakan bahan standar yang digunakan produk body lotion selama ini, yang memiliki fungsi untuk mengikat air. Gliserin juga terbukti aman untuk kulit.

Bahan lain yang terdapat pada produk body lotion adalah emulsi. Pelembap yang mengandung water in oil emulsion, biasanya lebih berminyak, sehingga lebih disukai karena mudah menyerap ke dalam kulit, dan bisa memberikan efek mendinginkan.

Meski dalam hal ini pelembap atau body lotion mengandung bahan-bahan kimia, tetapi orang menyukainya karena di dalamnya terdapat pewangi, juga bahan untuk mencegah kontaminasi mikroba dan bahan aktif lain yang bermanfaat, semisal pencerah kulit, dan tabir surya.

Karenanya, untuk menjaga agar kulit senantiasa kencang dan terawat, pelembap dapat dimanfaatkan.

Tetapi, meski begitu, kosmetik semahal dan sebagus apa pun tidak akan bisa menutupi kulit yang kusam. Karenanya, imbangi perawatan kulit dengan berolahraga secara rutin. Berolahraga tidak hanya menjadikan tubuh bugar dan sehat, tetapi juga memperbaiki sirkulasi darah ke jaringan tubuh. Apabila sirkulasi darah bagus, maka kulit pun akan cukup mendapat nutrisi.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat-berat. Anda bisa jogging, misalnya, sekitar satu jam, dua kali seminggu, atau bisa pula mengikuti senam aerobik. Jika ingin lebih fokus, Anda bisa bergabung dengan pusat kebugaran.

Kemudian, hal lain yang juga penting dalam menjaga kulit yang kencang adalah pemenuhan nutrisi dari dalam, melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C, dan E, yang sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A memiliki fungsi untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan vitamin C dan E memiliki fungsi penting sebagai antioksidan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.