Tips agar Fitnes Memberikan Hasil

 Tips agar Fitnes Memberikan Hasil

BIBLIOTIKA - Hasil diperoleh, sebagian karena adanya upaya kerja, sebagian lagi karena adanya tujuan yang pasti. Begitu pula dengan aktivitas olahraga atau fitnes yang kita lakukan. Kadang-kadang orang jadi malas meneruskan aktivitas olahraganya, karena merasa tidak mendapatkan hasil apa-apa selain hanya kelelahan.

Berikut ini adalah tip agar fitnes atau latihan olahraga yang kita lakukan benar-benar memberikan hasil sebagaimana yang kita inginkan.

Rancanglah tujuan yang realistis dan nyata. Artinya, lakukan fitnes dengan tujuan yang pasti, sekaligus dapat diraih. Misalnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, buatlah tujuan itu spesifik sekaligus realistis. Misalnya, katakan pada diri sendiri, bahwa Anda ingin dapat mengurangi berat 5 kilogram hingga 30 November mendatang. Dengan adanya rencana yang spesifik sekaligus realistis semacam itu, maka aktivitas Anda akan lebih terarah.

Lakukan pemanasan yang cukup, dan pendinginan yang memadai. Pemanasan selama 5 sampai 10 menit sebelum melakukan latihan ini akan membantu menaikkan suhu tubuh Anda, dan pendinginan dengan melakukan perenggangan pada keseluruhan tubuh akan membantu meningkatkan fleksibilitas serta mengurangi sakit pada otot di hari berikutnya.

Ukurlah setiap peningkatan yang telah Anda capai, dan lakukan secara rutin. Hal ini penting, karena Anda tidak akan dapat mengukur seberapa berat badan Anda turun atau berkurang apabila Anda tidak mengukurnya sejak permulaan. Dengan adanya ukuran pasti yang dapat dilihat, Anda akan termotivasi. Jika ternyata berat Anda sudah mulai berkurang, Anda akan makin giat. Jika belum, maka Anda pun akan dapat meningkatkan latihan.

Tingkatkan latihan jika memungkinkan. Semua hal yang kita lakukan berkali-kali biasanya akan meningkat dengan sendirinya. Karenanya, jika aktivitas olahraga yang Anda lakukan mulai terasa “biasa-biasa saja”, maka artinya itu tanda bahwa Anda mulai bisa meningkatkan latihan. Peningkatan latihan akan membuat Anda semakin merasa termotivasi, sekaligus akan mempercepat tujuan Anda dalam aktivitas itu.

Jangan lupakan istirahat. Dengan adanya aktivitas olahraga yang cukup berat, maka tubuh Anda akan menuntut lebih banyak waktu untuk beristirahat. Karenanya, usahakan untuk dapat tidur secara teratur, setidaknya 8 jam setiap malam. Selain itu, istirahatkan pula otot Anda secara teratur, misalnya dengan libur latihan antara 1 sampai 2 hari dalam seminggu. Ini akan memberikan refresing pada tubuh dan pikiran Anda.

Konsumsilah makanan dengan layak, untuk mengimbangi latihan rutin yang Anda lakukan. Nutrisi dan makanan yang sehat akan membantu Anda menjaga vitalitas selama menjalankan latihan.

Jangan bosan memotivasi diri. Setiap kali merasa lelah sehabis latihan, dan Anda mungkin berpikir besok sebaiknya tidak latihan lagi, ingat-ingatlah kembali tujuan Anda, dan terus nyalakan semangat agar tidak berhenti di tengah jalan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.