Ciri-ciri Perempuan yang Mudah Dicerai Suami (2)

Ciri-ciri Perempuan yang Mudah Dicerai Suami

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Ciri-ciri Perempuan yang Mudah Dicerai Suami 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Dia memiliki sifat yang sangat buruk

Memiliki sifat yang sangat buruk, atau memiliki banyak sifat buruk—ini setali tiga uang. Sebagai manusia biasa, perempuan tentu saja memiliki kelebihan sekaligus kekurangan sebagaimana kaum lelaki pada umumnya. Dan kehidupan berumahtangga pun menjadi arena pembelajaran untuk dapat menghargai kelebihan sekaligus berjiwa besar untuk menerima kekurangan atau bahkan keburukan dari pasangannya.

Namun, jika kita harus hidup bersama satu atap terus-menerus dengan seseorang yang memiliki sifat sangat buruk atau memiliki banyak sifat buruk, tentu saja kita tidak bisa hidup dengan nyaman, bukan?

Barangkali seorang perempuan masih bisa hidup dengan tenang dan nyaman kalau suaminya adalah sesosok lelaki kasar yang kadang berbuat kasar. Namun jika kekasaran itu hanya muncul sewaktu-waktu ketika ia sedang banyak masalah, sedang bad mood atau sedang tertekan oleh suatu beban pikiran tertentu, dan sifat kasarnya itu hilang kalau keadaan telah menjadi normal kembali, dimana sehari-harinya si suami menunjukkan sikap yang baik dan lembut, maka sang perempuan tentu bisa memaklumi; karena setiap orang memang kadang begitu.

Tetapi jika setiap saat, setiap waktu dan setiap hari si suami terus-menerus berbuat kasar dan menyakitinya, tak peduli dia tengah senang atau sedang susah, tak peduli dia sedang banyak pekerjaan atau sedang menganggur, masihkah sang istri merasa nyaman dan tenang?

Begitu pula halnya dengan seorang lelaki, seorang suami. Kalau sewaktu-waktu istrinya menunjukkan wataknya yang buruk atau tabiatnya yang jelek, dan itu hanya muncul sewaktu-waktu, tentu saja sang suami masih dapat memaklumi dan memberikan toleransi. Tetapi jika setiap hari dan setiap waktu tabiat jelek itu menjadi tontonan sehari-hari, masihkah seorang lelaki betah hidup dengan perempuan seperti itu…?

Jadi, sifat buruk atau tabiat yang kurang baik pada diri seorang perempuan adalah sesuatu yang wajar, sebagaimana wajarnya jika itu terjadi pada seorang lelaki. Namun sifat buruk yang bertumpuk-tumpuk adalah salah satu ciri perempuan yang mudah diceraikan suami.

Dia sangat suka mengeluh

Berbeda dengan sifat buruk lainnya, sifat suka mengeluh merupakan sifat buruk atau tabiat yang jelek yang bisa dikatakan ringan namun berbahaya. Seumpama racun, keluhan itu seperti racun yang bekerja secara perlahan dan diam-diam hingga kemudian menjadi dosis yang mematikan.

Seorang perempuan mungkin masih bisa bersabar ketika suaminya mengeluhkan masakannya sewaktu-waktu atau mengeluhkan kebersihan rumah sewaktu-waktu. Tetapi jika keluhan itu terus-menerus terdengar setiap hari, padahal dia telah berusaha menyajikan masakan terbaik yang ia bisa dan telah membereskan rumah sekuat yang ia mampu, lama-lama dia pun akan frustrasi.

Begitu pula halnya dengan lelaki. Penghasilan yang tak bisa memberikan hidup yang berkelimpahan mungkin mendatangkan keluhan dari istri sewaktu-waktu yang menginginkan sesuatu namun belum juga terwujud karena tidak adanya uang yang tersisa. Itu tentu bisa dimaklumi dan dimengerti. Namun jika keluhan itu terjadi terus-menerus dan lama-lama keluhan itu merembet pada hal-hal lain hingga terkesan segalanya dikeluhkan dan tak pernah disyukuri, maka sesabar apapun lelaki dia juga akan frustrasi.

Dalam kultur kehidupan rumahtangga yang menempatkan suami sebagai pihak yang bekerja di luar rumah dan istri bekerja di dalam rumah, maka kultur itu pun seakan menempatkan pihak suami sebagai ‘pemberi’ dan pihak istri yang ‘diberi’. Meskipun secara tak langsung sepasang suami-istri bekerja dengan taraf yang sama beratnya (tergantung bagaimana cara kita mengukurnya), namun seringkali perasaan suami lebih mudah terluka jika mendengar keluhan istrinya menyangkut sesuatu yang dapat diberikannya.

Mengeluh adalah salah satu sifat yang manusiawi, terlepas dari apakah itu perempuan ataukah lelaki. Namun perempuan yang suka mengeluh, hobi mengeluhkan segala sesuatu dan terkesan tak dapat mensyukuri apa yang telah diterima dan dimilikinya, adalah salah satu ciri perempuan yang mudah diceraikan oleh suaminya.

Baca lanjutannya: Ciri-ciri Perempuan yang Mudah Dicerai Suami (3)

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.