Tips Tampil Menarik Saat Difoto

Tips Tampil Menarik Saat Difoto

BIBLIOTIKA - Foto adalah sarana penting untuk berbagai urusan, dari urusan pembuatan KTP, lamaran pekerjaan, sampai pengurusan paspor. Selain itu, foto juga dijadikan sarana untuk mengabadikan moment-moment istimewa, semisal acara wisuda, liburan, sampai resepsi perkawinan.

Hanya saja, tidak setiap orang tampak menarik ketika difoto. Ada orang yang aslinya sangat menarik, tetapi terlihat sangat kaku ketika tampak di lembar foto. Kadang pula sebaliknya.

Nah, berikut ini adalah tip khusus untuk acara satu ini, agar foto-foto Anda bisa tampak menarik, luwes, tidak kaku, dan tentu saja cantik.

Pada waktu berhadapan dengan lensa kamera, alihkan pikiran Anda dari kamera, agar hasil foto Anda nantinya tidak kaku. Faktor terbesar yang sering membuat foto jadi tampak kaku adalah karena si objek foto terlalu fokus dan menatap kamera.

Foto bersama orang lain, entah teman atau keluarga, akan memungkinkan Anda lebih luwes. Tetapi, kalau Anda berfoto seorang diri, usahakan untuk mengalihkan tangan pada suatu benda, entah memegang gelas atau lainnya, yang penting jangan biarkan kedua tangan Anda berada pada sisi badan Anda.

Apabila Anda memiliki wajah yang asimetris, misalnya sebelah mata lebih besar dari mata lainnya, sebaiknya Anda berpose dengan sedikit memutar kepala ke samping, sehingga kamera hanya menangkap 2/3 wajah Anda. Pose ini juga memiliki efek merampingkan tampilan, karena angle foto diambil secara horisontal, bukan vertikal.

Jika Anda harus menatap ke depan (misal foto untuk tujuan formal—seperti untuk keperluan pembuatan KTP dan semacamnya), yang artinya Anda harus menatap ke arah kamera, usahakan agar Anda tidak memfokuskan mata kepada kamera tersebut, tetapi alihkan pada titik di atas lensa kamera. Atau bisa pula Anda menatap ke titik di belakang lensa, misal bahu si fotografer. Cara ini Akan membuat Anda tampak lebih rileks.

Ada orang yang aslinya murah senyum, tapi berubah jadi sebaliknya ketika tampil di foto. Hal ini seringnya terjadi karena orang tersebut tegang, sehingga tidak bisa tampil natural. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminta teman atau fotografer untuk mengucapkan lelucon sambil Anda difoto, atau Anda bisa memikirkan hal-hal lucu sambil difoto, agar senyum Anda dapat mengembang secara natural.

Pada saat ini, mata yang tampak merah di foto dapat diatasi dengan komputer. Tetapi jika Anda benar-benar ingin foto Anda tidak menampilkan mata yang merah, usahakan agar ruangan tempat pemotretan benar-benar terang. Munculnya mata yang merah di foto biasanya terjadi karena ruangan pemotretan remang-remang atau kurang cahaya.

Jika Anda tidak tahu harus berpose seperti apa, Anda bisa meminta saran fotografer. Jika Anda melakukannya di studio, mereka juga biasanya telah menyediakan make up yang akan membantu tampilan agar Anda semakin terlihat menarik di foto.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.