Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

BIBLIOTIKA - Dalam studi yang dilakukan AOA (American Optometric Association) disebutkan bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan layar monitor komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Gangguan yang biasa timbul biasanya berupa kelelahan mata, mata kering, dan pandangan menjadi kabur.

Selain hal-hal di atas, aktivitas menatap layar monitor komputer juga dapat menyebabkan gangguan sakit kepala, sakit leher, dan bahu pegal. Karenanya, kalau Anda biasa bekerja sehari-hari di depan komputer, Anda perlu melindungi dan merawat kesehatan mata Anda dari radiasi yang dipancarkannya. Berikut ini tip yang bisa Anda lakukan.

Jika memungkinkan, pilihlah layar monitor LCD (Liquid Crystal Display), karena monitor jenis ini lebih rendah tingkat radiasinya dibandingkan monitor yang menggunakan tabung (CRT).

Gunakan pelindung layar (screen protector) pada monitor Anda, untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.

Aturlah jarak pandangan mata dengan layar monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor adalah 45 sentimeter.

Sesuaikan posisi layar monitor dengan mata. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena bisa menyebabkan sakit pada leher. Selain itu, monitor yang terlalu tinggi dari pandangan mata akan mengganggu pasokan udara yang disuplai ke otak. Idealnya, layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.

Aturlah pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata. Tingkat brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sementara pencahayaan yang terlalu buram akan membuat mata jadi cepat lelah. Karenanya, cobalah sesuaikan tingkat brightness dan kekontrasan pada monitor, sehingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Selain itu, sesuaikan pula tingkat resolusi dengan karakter di monitor, agar dokumen yang ada mudah dibaca.

Biasakan untuk mengistirahatkan mata sejenak setelah beberapa jam memelototi layar monitor. Luangkan waktu beberapa menit untuk mengendurkan dan memberikan kesempatan mata Anda untuk beristirahat. Hal ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Anda bisa menyegarkan mata Anda kembali dengan memandang ke luar jendela kantor, atau melihat tanaman hijau di depan rumah.

Selama bekerja di depan monitor, usahakan untuk sering mengedipkan mata, agar terhindar dari mata kering. Jarang mengedipkan mata, khususnya lagi ketika berhadapan dengan monitor, akan menjadikan mata kering. Dengan sering-sering mengedipkan mata selama bekerja, maka mata akan memproduksi air mata yang kemudian akan menyebar ke seluruh permukaan kornea, untuk menjaga agar mata tetap lembap dan jernih.

Jika memungkinkan, kenakanlah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Pada saat ini, beberapa perusahaan telah mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya berfungsi untuk membaca. Kacamata yang ditujukan khusus untuk menjaga kesehatan mata ini telah beredar di pasaran.

Perbanyak mengkonsumsi vitamin A, agar kesehatan mata selalu terjaga, dan selalu dalam kondisi baik.

Jika Anda merasakan mata mengalami gangguan, sebaiknya periksakan ke dokter mata agar cepat memperoleh penanganan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.