Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Televisi

 Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Televisi

BIBLIOTIKA - Jika dibandingkan dengan membaca, sebenarnya aktivitas menonton televisi lebih ringan bagi mata, karena peregangan yang terjadi pada mata tidak sekuat ketika kita membaca. Tetapi menyaksikan televisi hingga cukup lama akan membuat mata jadi lelah, apalagi jika kita menonton dengan posisi atau ruangan yang tidak cukup baik.

Berikut ini tip yang dapat Anda lakukan, agar mata senantiasa terjaga kesehatannya, dan Anda akan tetap dapat menikmati acara favorit di televisi.

Usahakan pencahayaan yang memadai di ruangan tempat Anda menonton televisi. Pencahayaan yang memadai adalah pencahayaan yang tidak terlalu terang, juga tidak terlalu gelap. Cahaya yang terlalu terang akan mengurangi kontras di layar, dan mengaburkan pandangan. Sementara cahaya yang terlalu gelap akan mengakibatkan kontras layar televisi jadi berlebihan, dan membuat mata kita bekerja terlalu keras, sehingga mata cepat kelelahan.

Hindarkan menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan pada televisi, semisal lampu yang berhadap-hadapan dengan layar televisi, karena ini akan membuat mata Anda silau. Selain itu, akan lebih baik jika warna benda di sekitar televisi memiliki corak yang netral.

Aturlah posisi televisi dengan baik, sehingga aktivitas menonton tidak akan membuat lelah. Posisi televisi sebaiknya sejajar dengan mata, sehingga ketika menonton tidak harus membungkuk atau mendongak.

Perhatikan jarak ketika menonton televisi. Jarak antara mata dengan televisi yang ideal adalah lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar akan terlihat jelas, dan tidak mengganggu mata. Jika Anda sering (merasa perlu) menonton dalam jarak dekat karena kurangnya penglihatan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan mata. Myopia atau rabun jauh dapat menyerang pada anak yang sering menonton televisi dalam jarak dekat.

Jika dokter menyarankan agar Anda mengenakan kacamata, sebaiknya gunakan kacamata tersebut ketika menonton televisi.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.