Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat

BIBLIOTIKA - Secara mudah, jerawat bisa ditimbulkan oleh produksi minyak yang berlebihan, sumbatan kelenjar minyak, dan karena faktor bakteri. Selain itu, jerawat juga dapat diturunkan secara genetik (faktor keturunan), faktor hormon pubertas, stres, juga karena mengkonsumsi pil KB.

Meski bukan tergolong masalah berat, tetapi keberadaan jerawat di wajah terasa sangat mengganggu. Lebih dari itu, jerawat tersebut juga kadang terasa sakit jika disentuh, sehingga kita benar-benar tidak nyaman selama berjerawat. Bagaimana mencegah dan mengatasinya? Berikut ini tipnya.

Jika mengacu pada faktor penyebabnya, maka cara mencegah timbulnya jerawat adalah dengan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang mencetuskan timbulnya jerawat. Tetapi karena tentu kita tidak bisa menghindari semua faktor penyebabnya, maka kita pun sulit untuk benar-benar terbebas dari jerawat. Karenanya, apabila sudah berjerawat, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan tidak menambah jerawat yang sudah ada. Caranya adalah dengan mengupayakan agar tidak terjadi iritasi, misalnya karena penggunaan salep atau obat jerawat secara berlebihan.

Selama wajah berjerawat, biasakanlah untuk memasuh wajah setidaknya tiga kali dalam sehari, untuk mempertahankan kadar pH di wajah. Selain itu, jangan terlalu sering menggosok wajah terlalu keras, misalnya dengan handuk atau tisu. Basuhlah wajah Anda dengan lembut, sehingga dapat menekan kemungkinan terjadinya iritasi.

Bersihkan wajah sebanyak dua kali sehari. Pada waktu membersihkan wajah, sebaiknya gunakan cleansing cair (bukan cleansing milk). Kalau Anda menggunakan cleansing milk, encerkan dulu dengan air sebelum menggunakannya.

Apabila terasa akan tumbuh jerawat baru di wajah, kompreslah dengan es batu pada bagian kulit yang timbul jerawat. Cara mengkompresnya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain yang halus dan bersih, kemudian kompreskan selama beberapa menit. Bisa diulang tiga kali dalam sehari.

Banyak-banyaklah mengkonsumsi air. Dalam hal ini, air yang Anda konsumsi bukan untuk menghilangkan jerawat, melainkan untuk membantu kulit Anda tetap sehat dan bebas jerawat.

Perhatikanlah wajah Anda. Apabila ada infeksi, gunakan antibiotik. Kemudian, segera berkonsultasilah dengan dokter, untuk mendapatkan resep obat yang tepat.

Kencangkan atau rapatkan pori-pori yang besar, karena hal itu akan dapat mengurangi produksi minyak yang berlebihan, yang menjadi penyebab jerawat.

Konsumsilah vitamin yang mengandung tembaga, mangan, dan seng, setiap hari, karena merupakan zat efektif dalam perawatan jerawat.

Kurangilah konsumsi gula. Selain itu, waspadai makanan ringan atau snack, camilan seperti kacang-kacangan, dan lain-lain yang mengandung kadar lemak tinggi.

Hindari make up berlebihan, mulai dari penggunaan alas bedak. Gunakan make up berbahan dasar air, dan cukup gunakan bedak tabur saja.

Sebisa mungkin hindari sinar matahari. Gunakan lotion penahan sinar matahari pada waktu berada di luar rumah, khususnya pada waktu siang hari.

Hindari memencet jerawat.

Jangan terlalu sering menyentuh wajah.

Hindari penggunaan strip pembuka pori-pori.

Kurangi stres.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.