Tips Kesehatan dan Kecantikan Mata

  Tips Kesehatan dan Kecantikan Mata

BIBLIOTIKA - Mata yang cantik dan indah saja tidak cukup, karena apa artinya jika mata Anda sakit. Karenanya, kita tidak saja perlu merawat kecantikan dan keindahannya, tetapi juga kesehatannya. Nah, dalam hal perawatan kesehatan dan kecantikan mata, berikut ini adalah hal-hal yang disarankan dan yang dilarang dalam perawatan mata.

Hal-hal yang disarankan:

Celupkan selembar kapas bersih pada susu yang dingin, kemudian tempelkan pada mata yang tertutup. Setelah itu rilekslah sepenuhnya. Diamkan selama 10 menit. Hal ini akan membantu otot-otot mata Anda rileks setelah lelah bekerja di depan layar komputer seharian.

Parutlah kentang (sekaligus dengan kulitnya), kemudian tempelkan pada mata Anda yang tertutup, setelah itu rilekslah sepenuhnya. Diamkan selama 20 menit. Hal ini akan menjaga otot mata Anda tetap kencang, sehingga mencegah kerutan.

Ambillah seiris mentimun, lalu letakkan pada mata Anda yang tertutup. Hal ini akan berguna untuk menghindari terbentuknya lingkaran hitam di sekitar mata.

Basuhlah mata dengan air dingin. Hal ini berguna untuk membuat rasa sejuk di sekitar kulit mata Anda.

Berilah pijatan ringan di kulit sekitar mata, gerakkan jari naik-turun dengan lembut. Hal ini akan membantu mata Anda rileks setelah merasa lelah.

Hal-hal yang dilarang:

Menggunakan lensa kontak atau soft lens dalam waktu lama atau sepanjang malam. Hal ini akan membuat mata terasa lelah, dan memberikan ketegangan yang tidak perlu pada kulit mata.

Membasuh wajah dengan air secara kasar dan terburu-buru. Jika Anda melakukan hal ini karena merasa ada debu yang masuk ke mata, maka hal ini dapat membuat partikel debu kecil di mata Anda melukai atau membuat alergi, yang dapat menyebabkan luka pada kornea atau membuat pedih kulit mata Anda.

Menggunakan saputangan untuk mengelap mata. Sebaiknya, jika bermaksud menyeka mata yang terasa kotor, gunakan tisu saja. Selain lebih higienis, tisu juga lebih baik untuk kulit yang sensitif.

Menonton televisi dalam jarak terlalu dekat. Jarak minimum yang ideal adalah 4,5 meter dari televisi, atau lima kali dari diameter layar.

Menggunakan krim make up untuk mata, atau eyeshadow berbentuk tabur. Penggunaan bahan di atas dapat masuk ke mata, sehingga bisa menyebabkan iritasi di bagian otot mata dan kulit di dekat mata.

Menggunakan maskara yang usianya lebih dari setahun, atau sudah kadaluwarsa. Hal ini akan membuat kulit mata Anda menjadi lemah.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.