Ciri-ciri Perempuan yang Patut Dijadikan Istri

 Ciri-ciri Perempuan yang Patut Dijadikan Istri

BIBLIOTIKA - Bingung menentukan perempuan seperti apa yang sekiranya layak dijadikan istri atau pendamping hidup? Ternyata, masalah semacam itu telah dipikirkan oleh leluhur kita semenjak berpuluh-puluh tahun yang lampau. Buktinya, sebuah literatur yang kemudian dikenal sebagai ‘Serat Centhini’ menguraikan model atau tipe-tipe perempuan tertentu yang dianggap layak dijadikan sebagai pendamping hidup. Ini semacam panduan bagi para bujangan yang tengah kebingungan dalam menentukan pilihan.

Nah, berikut ini adalah ciri-cirinya…

Perempuan yang ramah

Tentu saja setiap orang menyukai sosok yang ramah, khususnya kaum lelaki menyukai sosok perempuan yang ramah. Namun, ternyata keramahan seorang perempuan juga menyimpan sesuatu yang lain, yakni sifat sabar yang mendalam.

Jika yang diinginkan untuk dijadikan istri adalah sosok yang penyabar, maka perempuan yang ramah adalah pilihan yang tepat.

Perempuan yang pandai bicara

Ini adalah tipe perempuan intelektual. Biasanya memiliki sorot mata yang tajam yang menyiratkan kepercayaan dirinya yang tinggi. Dia tahu bagaimana menyenangkan lawan bicaranya, terutama pasangan hidupnya. Dia juga tahu bagaimana cara mengambil hati kekasihnya, dan sangat cocok jika diajak berdiskusi. Dia bisa mencairkan suasana yang kaku, memanaskan suasana yang dingin, serta menggairahkan suasana yang letih.

Perempuan yang wajahnya bersinar

Dalam Serat Centhini, perempuan yang wajahnya bersinar ini disebut ‘sengoh’ atau ‘bercahaya’. Perempuan yang wajahnya bersinar ini adalah sosok perempuan yang memiliki kemampuan dalam mengendalikan emosinya.

Biasanya dia memiliki wajah yang cantik, enak dipandang, dan dia pun tahu bagaimana cara menyenangkan suaminya. Dia juga biasanya pintar memasak, dan suka dengan urusan dapur dan rumah tangga.

Perempuan yang suka berpikir

Ini adalah sosok perempuan yang disebut sebagai sosok ‘jatmiko’ oleh Serat Centhini, yaitu sosok perempuan yang menyukai keheningan dan menyenangi kejernihan berpikir. Perempuan tipe ini adalah sosok yang biasanya memancarkan kewibawaan karena kedalaman intelektualnya yang dipadu dengan sesuatu yang bersifat ‘inner’ di dalam dirinya.

Inilah tipe perempuan yang biasanya membuat lelaki menjadi merasa kecil hati, karena berbeda dengan perempuan pada umumnya, ini adalah sosok perempuan yang begitu tenang dan tidak emosional.

Kalau Anda adalah sosok lelaki yang kuat dan membutuhkan pendamping yang sama kuatnya, maka tipe perempuan ini adalah pilihan yang tepat.

Perempuan yang menyenangkan

Tentu saja siapapun menyukai sosok perempuan yang menyenangkan. Namun yang dimaksud di sini adalah sosok perempuan yang bukan hanya menyenangkan secara umum, namun juga menyenangkan secara khusus, yakni untuk suaminya.

Tipe perempuan inilah yang membuat seorang suami betah di rumah dan sosok perempuan seperti inilah yang tahu bagaimana menjadikan rumah tangga sebagai surga dunia.

Perempuan yang menyenangkan juga biasanya memiliki hal-hal yang jarang dimiliki oleh tipe-tipe perempuan lain, semisal ia suka memberikan kejutan-kejutan indah untuk suaminya, menunjukkan sesuatu yang menggembirakan, ataupun merayakan keberhasilan suaminya yang sekecil apapun.

Perempuan yang subur

Biasanya perempuan yang subur diidentikkan dengan sosok perempuan yang gemuk atau berbadan bongsor. Itu identifikasi yang tidak keliru karena memang itulah maksudnya.

Sosok perempuan yang subur ini biasanya sangat murah hati, pandai membahagiakan suaminya, baik dalam kesusahan maupun dalam kegembiraan. Perempuan tipe ini juga diyakini sebagai perempuan pembawa keberkahan atau kemakmuran dalam rumah tangga. Lebih dari itu, perempuan yang subur atau bongsor adalah sosok yang penyayang.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.