Yang Perlu Anda Tahu Seputar Interior Rumah

 Yang Perlu Anda Tahu Seputar Interior Rumah

BIBLIOTIKA - Dalam soal menata rumah, tidak semua orang yakin mempunyai kemampuan. Bahkan untuk hal-hal kecil pun kadang perlu bantuan seorang ahli. Tetapi, bila Anda ingin mencoba melakukan penataan interior rumah Anda, Anda bisa mencermati hal-hal berikut ini:

Perluas wawasan dan apresiasi dengan rajin mengunjungi toko atau show room furniture.

Bacalah buku atau majalah khusus interior.

Kunjungi pameran seni, mulai seni lukis, patung, grafis, dan lain-lain.

Lakukan eksperimen kecil di rumah, yang berkaitan dengan tata letak furniture yang ada, semisal dengan melakukan sedikit perubahan.

Asah kepekaan terhadap ukuran atau proporsi ruang terhadap isinya dengan cara mencermati secara lebih detail.

Sekali-sekali ikuti seminar-seminar kecil yang diadakan kalangan tertentu dengan tema desain interior.

Beranikan diri untuk melakukan diskusi kecil atau berbagi pendapat dengan kalangan terdekat terhadap pandangan umum mengenai komposisi warna, bahan, ukuran dan lain-lain menyangkut interior rumah.

Tips alternatif untuk padu padan interior

Jika Anda ingin menata interior rumah dengan nyaman, konsep hitam-putih bisa dijadikan salah satu pilihan alternatif. Berikut ini tips tentang beberapa cara dan hal yang bisa dipertimbangkan:

Untuk dinding, bisa digunakan cat warna putih agar kesan kontras dapat terpantul dengan perlengkapan yang mayoritas hitam.

Materi besi merupakan perlengkapan yang disarankan agar nuansa hitam putih makin kentara.

Untuk mengurangi kadar karat yang mungkin timbul pada besi, bisa berkonsultasi dengan rumah mode atau produsen perlengkapan besi. Tanyakan besi-besi apa aja yang tahan karat.

Untuk menghindari karat, Anda juga bisa melakukan sendiri. Lakukan pengecatan berulang pada bahan dari besi. Dengan begitu, pori-pori besi akan tertutup rapat dan oksidasi dengan udara tidak terjadi.

Perhatikan sambungan besi, apakah tampak kuat atau tidak.

Perlengkapan rumah warna hitam bisa ditempatkan di ruangan sempit atau luas.

Untuk menambah kesan manis nuansa hitam putih, bisa ditambahkan pernak-pernik berwarna kuning dengan gaya minimalis.

Tips seputar pencahayaan ruangan rumah

Pencahayaan akan memberikan sentuhan akhir dalam penataan interior. Pencahayaan ruangan tidak hanya menerangi pada malam hari, tetapi juga mempengaruhi suasana ruang; dramatis serta emosional.

Untuk menghasilkan efek pencahayaan, Anda dapat menggunakan dimmer switch (tombol pengatur) untuk lampu di tengah plafon guna mengatur agar cahaya lampu memancar terang (bersifat hangat) atau lembut (redup), lampu sorot pada dinding atau lukisan serta downlight untuk sudut atau area tertentu.

Selain itu, pilihlah desain serta materi lampu yang sesuai sebagai elemen interior pada ruangan Anda untuk menyesuaikan dengan gaya penataan interior secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tips ini untuk pencahayaan ruangan Anda:

Tentukan fungsi lampu sesuai kebutuhan ruangan seperti lampu baca, pilih yang memancarkan sinar ke arah bawah. Hindari penerapan lampu untuk keseluruhan ruang, tetapkan penggunaan untuk penerangan setempat, sesuaikan ukuran kekuatan pencahayaannya (watt) selain untuk menghemat energi.

Gunakan lampu pijar, untuk menghadirkan kesan hangat pada ruangan.

Pilihlah desain lampu yang sesuai dengan gaya penataan interior ruangan Anda.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.