Tips Perawatan untuk Kulit Sensitif

 Tip Perawatan untuk Kulit Sensitif

BIBLIOTIKA - Problem yang biasa dialami kulit sensitif adalah rentan mengalami iritasi. Ketika terjadi iritasi, kulit pun jadi terasa gatal-gatal atau serasa terbakar, dan pada siang hari akan terlihat kemerah-merahan. Karenanya, kulit sensitif membutuhkan perawatan yang hati-hati, karena kekeliruan dalam hal ini dapat membawa dampak yang negatif.

Berikut ini tip yang perlu Anda perhatikan jika kulit wajah Anda termasuk jenis sensitif.

Apabila membeli produk perawatan kulit, carilah yang memiliki label “for sensitive skin”. Selain itu, ada baiknya jika Anda juga mencari produk perawatan yang mengandung bahan tumbuhan antiinflammatory yang menenangkan, seperti chamomile atau aloe, agar kulit tetap terjaga.

Sepulang dari bepergian dan perlu membersihkan make up, sebaiknya bersihkan make up dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung sabun (soap free), atau pembersih make up (make up remover) yang lembut. Pada waktu membersihkan wajah, gunakan air, tisu, atau make up remover wipe (tisu pembersih khusus make up yang telah dibasahi). Hindari menggunakan waslap karena terlalu kasar, dan jangan gunakan air dingin atau air hangat, karena suhu ekstrim dapat mengiritasi kulit sensitif secara cepat.

Hindari menggunakan scrub yang berbahan bulir-bulir. Khusus jika kulit Anda tergolong sangat sensitif, Anda mungkin perlu meninggalkan scrub sama sekali. Apabila kulit Anda berminyak, sebaiknya menggunakan ingredient salicylic acid untuk membuka sumbatan pori, karena ingredient lebih lembut untuk kulit sensitif daripada scrub.

Gunakan penyegar yang tidak mengandung alkohol, karena kandungan alkohol dalam produk tersebut akan memicu reaksi pada kulit sensitif. Sebaiknya Anda memilih penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.

Gunakanlah produk kosmetika secara hati-hati, dan jangan mencoba produk-produk baru secara sekaligus. Apabila Anda tidak yakin bagaimana reaksi kulit Anda terhadap suatu produk, sebaiknya lakukan tes kulit terlebih dulu, dengan cara mengunakannya pada sebagian kecil kulit Anda. Tunggu sampai 24 jam untuk melihat apakah kulit Anda bereaksi negatif atau tidak.

Pilihlah sunblock dan pelembap yang mengandung anti sinar matahari. Agar wajah Anda terlindung dari sinar ultraviolet matahari, sebaiknya gunakan sunblock yang mengandung zinc atau titanium dioxide, karena bahan tersebut tidak diserap ke dalam kulit.

Hentikan penggunaan produk kosmetika yang mengiritasi kulit Anda. Untuk menandainya, produk semacam itu biasanya akan terasa menyengat atau menjadikan wajah Anda memerah.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.