Tips Merawat Perabot Kayu

 Tips Merawat Perabot Kayu

BIBLIOTIKA - Perabotan rumah dari kayu susah-susah gampang perawatannya. Kalau tidak cermat merawatnya, perabotan menjadi tampak kusam dan kayu menjadi cepat lapuk. Untuk menghindarinya, ada baiknya mempertimbangkan tips berikut ini:

Semir sepatu dalam bentuk padat bisa digunakan untuk menutupi goresan-goresan kecil pada perabotan. Sementara semir sepatu dalam bentuk botol yang dioleskan pada permukaan bisa menutupi noda-noda di atasnya.

Jejak bundar akibat ditinggalkan gelas atau cangkir di meja? Gosoklah secara perlahan dengan penggosok berpermukaan kasar (misal ampelas) atau kertas. Kemudian gosok dengan campuran abu rokok dan minyak goreng.

Untuk membuat perabotan tampak baru, bersihkan dengan sabun lembut (sabun tangan) yang sudah dicampur dengan air.

Hindari menggunakan pembersih yang mengandung bahan amoniak.

Menggosok perabotan seminggu sekali dengan pelapis furniture yang berkualitas akan membantu melindungi perabotan dari kerusakan.

Jangan gunakan pelapis perabotan yang mengandung alkohol atau silikon.

Untuk melindungi permukaan meja makan, gunakan tutup meja kalau sedang tidak digunakan. Tutup meja tidak mahal dan bisa dipesan sesuai ukuran.

Saat menyajikan piring atau peralatan makan panas, gunakan tatakan kain.

Hindarkan perabotan dari sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa membuat kayu menjadi kering.

Untuk mencegah noda lingkaran yang ditimbulkan oleh gelas, gunakan tatakan beroda yang mudah dipindah-pindahkan. Tatakan beroda yang paling baik adalah yang terbuat dari kayu karena bisa menyerap air yang menetes / mengembun dari gelas. Tatakan dari metal cenderung ‘berkeringat’ dan bahan kimia yang terdapat di plastik bisa saja menimbulkan reaksi kimia.

Noda air yang mengering biasanya sulit dihilangkan. Untuk menghilangkannya, bubuhkan mayonaise biasa ke kain lembut, lalu gosokkan pada noda air tersebut. Cara ini biasanya mujarab.

Goresan-goresan kecil bisa ditutupi atau disamarkan dengan produk penutup goresan. Oleskan saja produk pada kain lembut dan gosok secara perlahan-lahan di atas goresan itu.

Gunakan campuran minyak lemon dan minyak zaitun (perbandingannya 1 : 3) untuk menggosok perabotan kayu.

Untuk menghilangkan noda berwarna putih, gosokkan dengan kain bekas yang dibubuhi dengan campuran pasta gigi dan baking soda (perbandingannya 50 : 50). Bersihkan daerah yang terkena noda dengan kain lain.

Untuk menghilangkan aroma rokok yang melekat di perabotan, tempatkan penyegar udara di dalam perabotan, dan kayu akan menyerap aroma penyegar itu.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.