Tips Menikmati Tidur yang Sedikit

 Tips Menikmati Tidur yang Sedikit

BIBLIOTIKA - Orang-orang sibuk umumnya memiliki waktu tidur yang sangat sedikit. Sebagian besar waktu istirahat digunakan untuk membereskan pekerjaan. Lumrah saja jika sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Marita McCape, psikolog dari Deakin University di Melbourne menunjukkan bahwa orang-orang yang berkarier rata-rata hanya memiliki waktu tidur antara 4 sampai 5 jam sehari. Padahal, waktu istirahat yang paling baik bagi tubuh adalah sekitar 6 sampai 8 jam sehari.

Waktu tidur yang sedikit itu sebenarnya bukan hambatan untuk tampil bugar dan prima guna menghadapi aktivitas keesokan hari. Yang penting bagaimana memanfaatkan waktu yang sedikit itu. Nah, berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa digunakan untuk menikmati waktu tidur yang sangat sedikit itu.

Pejamkan mata rapat-rapat, jangan pikirkan apa-apa

Lepaskan pikiran dan beban pekerjaan yang menumpuk dan yang menunggu Anda esok hari. Jangan membaca agar mata Anda mengantuk, karena akan memaksa Anda untuk berkonsentrasi. Gunakan waktu sepanjang malam sebagai saat untuk memulihkan tubuh.

‘Curilah’ waktu di sela-sela jam kerja

Jika Anda tak yakin bisa tidur nyenyak di rumah, ‘curilah’ waktu barang sejenak di tempat kerja. Pejamkan mata dan biarkan tubuh menjadi rileks. Jika Anda benar-benar terlelap dalam waktu lima belas menit hingga setengah jam saja, tubuh Anda akan merasa lebih santai.

Gunakan waktu luang untuk tidur siang

Jika punya waktu luang di akhir pekan, manfaatkan saja untuk tidur siang. Tidur siang untuk membayar kekurangan waktu tidur menjadi penting agar tubuh Anda mencapai keseimbangan metabolisme dan mengisitrahatkan fungsi-fungsi otot. Jika anak Anda biasa tidur siang di saat libur, ikutilah dia. Mulailah dengan mendongeng atau membacakan cerita. Biasanya Anda juga akan mulai tertidur.

Jauhi kafein

Jika waktu tidur Anda sangat sedikit, kurangi asupan kafein (teh, kopi ataupun cokelat) dan alkohol. Setidaknya, beberapa jam sebelum tidur. Sebaliknya, pilihlah susu hangat yang akan membantu mempercepat rasa ngantuk.

Lakukan latihan kecil

Meski ada pendapat yang menyebut olahraga dapat membuat tubuh menjadi terjaga dan justru segar-bugar, latihan kecil memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kadar gula darah. Ini akan mendorong meningkatnya adrenalin dalam tubuh. Meski tubuh segar, Anda akan merasa siap untuk tidur. Ingat, badan yang sangat lelah dan pegal justru akan membuat Anda tak bisa tidur.

Hindari karbohidrat, pilihlah protein

Makan makanan berat sebelum tidur akan membuat Anda terjaga dalam waktu lama karena karbohidrat membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Sebaliknya, pilihlah protein karena mengandung asam amino L-trytophan, yang akan diubah otak menjadi serotonin, zat kimia yang membuat orang jadi mengantuk.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.