Tips Mengusir Rasa Kantuk

Tips Mengusir Rasa Kantuk

BIBLIOTIKA - Mengantuk adalah tanda bahwa kita perlu beristirahat atau tidur. Tapi, kadang-kadang ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan yang penting dan mendesak untuk segera diselesaikan, kita pun ingin bisa tidak mengantuk agar pekerjaan kita tidak terganggu. Nah, berikut ini adalah tips yang tentunya dibutuhkan untuk saat-saat semacam itu.

Minumlah air putih

Maksudnya, minumlah air putih yang adem, dan bukannya yang dingin. Dengan minum air putih, energi kita atau tubuh kita yang saat itu kekurangan air jadi tambah semangat. Khasiat air putih cukup banyak, dan salah satunya adalah bisa membantu kita mengusir rasa ngantuk.

Minumlah air hangat

Ini bagi yang tidak suka air putih. Biasanya banyak orang yang memilih kopi panas untuk keperluan semacam ini. Namun ingat, terlalu banyak minum kopi memang kurang baik untuk kesehatan, khususnya untuk syaraf dan ginjal. Pengaruhnya, kita jadi ketagihan kopi karena syaraf terbiasa didoping dengan pengaruh kafein.

Yang lebih penting lagi untuk diperhatikan seputar kopi adalah, unsur kafein yang terdapat pada kopi perlahan namun pasti bisa meracuni ginjal. Sebagai gantinya, mungkin kita bisa minum susu yang hangat, teh hangat, jahe hangat atau yang lainnya. Mengusir ngantuk memang perlu, tapi menjaga kesehatan jauh lebih perlu, bukan?

Olah raga kecil

Kalau sudah minum air putih atau minuman hangat ternyata kantuk belum juga mau pergi, kita perlu berhenti dulu dari kegiatan atau pekerjaan kita dan menggunakan waktu berhenti itu untuk olahraga kecil-kecilan seperti push up, sith up atau lari-lari kecil di tempat sambil menggerakkan tangan dan kaki. Pokoknya tubuh harus banyak digerakkan. Bisa jadi rasa kantuk yang menyerang itu karena tubuh yang kurang banyak bergerak.

Tegakkanlah kepala

Jangan mengerjakan pekerjaan sambil tiduran atau dengan posisi kepala menempel di atas meja, karena posisi semacam itu justru sering memicu rasa ngantuk.

Gunakan pijatan khusus

Pijitlah bagian di antara ibu jari dan jari telunjuk. Pijatan pada tempat itu bisa membantu menyingkirkan rasa kantuk.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.