Tips Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah

 Tips Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah

BIBLIOTIKA - Setelah mengenali jenis-jenis kulit wajah, maka sekarang kita pun mungkin jadi bertanya-tanya, tergolong yang manakah kulit wajah kita? Meski uraian di atas telah menyebutkan beberapa cirinya, tetapi tentu saja kita tidak bisa yakin atau langsung bisa memastikan kulit wajah kita tergolong yang mana.

Untuk mengidentifikasi kulit wajah secara pasti, tentu saja diperlukan konsultasi dengan dokter kulit atau pakar kecantikan. Namun, ada cara mudah untuk hal tersebut, jika memang Anda ingin mengidentifikasi kulit wajah Anda sendiri. Caranya sebagai berikut.

Ambillah selembar tisu atau kertas make up khusus untuk mengangkat minyak. Tekan-tekanlah tisu tersebut pada titik zona T (daerah hidung dan daerah dahi bagian atas alis mata), lalu perhatikan di bagian mana minyak-minyak wajah Anda berkumpul. Alihkan ke titik-titik lain di wajah Anda, dan perhatikan lagi sisanya.

Lakukan hal tersebut sekitar tiga atau empat jam setelah wajah dibersihkan, dalam suhu ruangan yang normal (tidak dingin dan tidak panas). Setelah itu, perhatikan uraian di bawah ini untuk mengidentifikasi kulit wajah Anda, berdasarkan tanda-tanda minyak yang Anda dapatkan.

Kulit normal

Tidak ada banyak sisa minyak, atau ada sedikit sisa minyak dari wajah pada titik zona T. Apabila kulit Anda normal, kulit wajah Anda akan terasa lembut dan kenyal di seluruh bagian wajah secara merata.

Kulit kering

Sebagaimana pada kulit normal, tisu tidak akan banyak mengandung minyak, tetapi akan ada kulit-kulit yang mengelupas, terasa kencang, dan kering.

Kulit berminyak

Akan terdapat banyak sisa minyak pada tisu atau kertas minyak yang Anda gunakan, tetapi minyak tersebut berasal dari seluruh bagian wajah, daerah zona T, pipi, dagu, dan juga dahi. Cukup mudah untuk mengenali kulit berminyak, karena biasanya jenis kulit ini mempunyai pori-pori besar dan berjerawat.

Kulit kombinasi

Kulit jenis ini berarti anda memiliki kulit berminyak dan kulit kering (bukan normal). Apabila pada kertas minyak atau tisu yang Anda gunakan terdapat banyak minyak di daerah zona T, tetapi Anda juga mendapati sisa kulit Anda mengelupas atau kering dan kencang, maka kulit Anda termasuk jenis kombinasi.

Kulit sensitif

Untuk jenis kulit ini tidak akan banyak meninggalkan sisa minyak, tetapi akan cenderung kering dan terasa kencang, sering berwarna kemerahan, mengelupas, dan sering terasa gatal ketika menggunakan produk perawatan kulit, selain juga rawan berjerawat.

Tambahan: Tips mengenali wajah sehat

Apakah Anda yakin kulit wajah Anda termasuk sehat? Bagaimana cara mengetahui apakah kulit wajah seseorang sehat atau bermasalah?

Ada cara mudah untuk mengenali apakah kulit wajah kita sehat ataukah tidak. Perhatikan empat ciri-ciri berikut. Jika kita memiliki semua ciri yang disebutkan, artinya kulit wajah kita tergolong sehat. Jika tidak, maka artinya ada yang bermasalah pada kulit wajah kita.
  1. Kulit halus dan lembut.
  2. Kenyal dan lembap.
  3. Pori-pori tidak terlalu besar.
  4. Produksi minyak terkontrol. 

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.