Tips Menggunakan Handphone Ketika Rapat atau Seminar

 Tips Menggunakan Handphone Ketika Rapat atau Seminar

BIBLIOTIKA - Seminar, simposium, rapat, lokakarya atau semacamnya adalah kegiatan serius yang memerlukan konsentrasi tinggi. Karena itu, acara-acara seperti itu selalu diupayakan agar tidak terganggu oleh dering handphone.

Namun, ada kalanya peserta rapat atau seminar tidak bisa mematikan handphone-nya ketika berseminar karena sedang menunggu kabar atau informasi tertentu, atau sudah terikat janji untuk berbicara dengan seseorang. Untuk itu, berikut tips menggunakan handphone dalam sebuah rapat atau seminar:

Sebaiknya, matikan handphone ketika mengikuti rapat atau seminar, supaya tidak mengganggu orang lain dan Anda sendiri juga tidak terganggu.

Sebelum mematikan handphone, voice mail (pesan suara) yang ada sebaiknya diganti dengan yang baru. Informasikan kepada relasi, bahwa handphone Anda tersebut hanya mati sampai pukul 12.00 WIB (atau jam berapapun setelah rapat atau seminar selesai), sehingga mereka bisa menghubungi Anda kembali atau meninggalkan pesan.

Pada saat break atau setelah rapat atau seminar usai, cek mailbox handphone Anda, siapa tahu ada pesan penting yang masuk.

Jika Anda sedang menunggu telepon penting yang tidak dapat ditangguhkan, sebaiknya dering telepon diganti dengan menu getar agar tidak mengganggu peserta yang lain.

Letakkan handphone yang sudah diganti dengan menu getar itu pada saku Anda, sehingga jika ada telepon yang masuk Anda dapat merasakannya.

Sebaiknya, hindari menggunakan handsfree di dalam ruangan rapat atau seminar supaya tidak menjadi perhatian peserta lain.

Bila telepon bergetar, teliti nomor yang tertera di layar handphone. Jika nomor yang masuk tidak dikenal, lebih baik didiamkan saja atau matikan. Tetapi, jika yang masuk adalah nomor yang ditunggu-tunggu, silakan dijawab.

Untuk menjawab telepon tersebut, Anda bisa keluar dari ruangan rapat atau seminar, dan baru menjawab setelah jauh dari peserta lain. Atau Anda dapat mematikan telepon tersebut dan menghubungi balik si penelepon pada saat break rapat atau setelah seminar usai.

Bila memungkinkan, sebaiknya panggilan telepon tersebut Anda jawab dengan SMS. Karena itu, sebelum mengikuti rapat atau seminar sebaiknya Anda sudah menyiapkan pesan yang siap dikirim, sehingga tidak mengganggu peserta yang lain.

Kalau Anda mempunyai asisten atau sekretaris, Anda bisa menitipkan handphone Anda pada asisten atau sekretaris Anda.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.