Tips Mengatasi Komedo

Tips Mengatasi Komedo

BIBLIOTIKA - Selain membuat kulit tampak kusam dan tidak sedap dipandang, bintik hitam komedo juga bisa berkembang menjadi jerawat. Hampir semua orang pernah berurusan dengan komedo, khususnya yang kulitnya berminyak. Pada umumnya, komedo muncul di zona T wajah yang memiliki kelenjar terbanyak, mulai dari hidung, dan menyebar sampai dahi, dagu, dan pipi.

Bintik hitam komedo muncul akibat penyumbatan folikel oleh campuran minyak (sebum), sel-sel kulit mati, rambut-rambut halus, kotoran, dan juga bakteri. Permukaan zat-zat yang menyumbat folikel tersebut bersentuhan dengan udara, dan mengalami oksidasi sehingga berubah warna menjadi hitam. Pada umumnya, folikel terdiri atas kelenjar minyak yang terlalu aktif (sebaceous follicle) yang distimulasi oleh aktivitas hormonal.

Untuk menghindarinya tentu Anda perlu selalu menjaga kebersihan wajah, agar terbebas dari kotoran dan produksi minyak berlebih. Berikut ini tip untuk mengatasi komedo.

Bersihkan wajah secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari semalam, yakni pada waktu pagi dan malam hari. Gunakan cleansing oil untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sampai ke pori-pori. Setelah itu, basuh wajah dengan menggunakan facial wash atau facial gel. Jika tipe kulit Anda berminyak, gunakan clay based cleanser yang bekerja menyerap dan menyingkirkan kelebihan minyak tanpa membuat kulit jadi kering.

Pastikan pula Anda tidak lupa membersihkan area di belakang telinga dan garis rambut, karena area tersebut sering terabaikan dan merupakan tempat potensial munculnya komedo yang menjadi jerawat. Basuhlah wajah sebersih mungkin, dan jangan meninggalkan sisa-sisa pembersih karena akan menumpuk pada kulit.

Tahanlah godaan untuk memencet komedo, atau menariknya keluar menggunakan plester komedo. Karena, kulit hidung sangat lembut dan tipis, sehingga upaya menarik semacam di atas akan bisa memecahkan pembuluh kapiler dan menyebabkan kerusakan kulit. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan produk perawatan wajah yang berfungsi membersihkan dan menyingkirkan penumpukan zat residu pada kulit, daripada memencet komedo setiap hari.

Jika Anda merasa komedo yang muncul bisa berkembang menjadi jerawat, ada baiknya jika Anda mengunjungi terapis kulit untuk membantu menghilangkannya secara cepat dan efektif, tanpa meninggalkan trauma dan kerusakan pada kulit.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.