Tips Mengatasi Aneka Problem Mata

Tips Mengatasi Aneka Problem Mata

BIBLIOTIKA - Mata adalah jendela hati, begitu yang sering dikatakan orang. Melalui mata, orang dapat menilai diri kita—seperti apakah kepribadian serta kehidupan kita. Karenanya, merawat mata agar tampak sehat, indah, dan menawan, sangat diperlukan—bukan hanya untuk tujuan kecantikan, tetapi juga agar orang lain nyaman saat menatap kita.

Berikut ini adalah masalah-masalah yang biasa menyerang mata, dan tip untuk mengatasinya.

Kantung mata

Untuk mengatasi kantung mata (baggy eye), lakukanlah pijatan lembut pada daerah yang berkantung, dengan menggunakan jari tengah, dari ujung dalam ke arah ujung pinggir mata, dengan gerakan membulat. Untuk perawatan sehari-hari, gunakan tabir surya.

Lingkaran hitam

Lingkaran hitam atau dark circle terjadi karena kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu, sehingga pembuluh darahnya membesar. Ketika hal itu terjadi, maka tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut, untuk mengurangi dampak negatif dari polusi.

Untuk mengatasinya, cara yang paling mudah adalah dengan cukup beristirahat. Setelah tubuh mampu mengatasi problem itu secara otomatis, maka lingkaran hitam itu pun akan hilang.

Kerut halus

Kerutan halus pada daerah sekitar mata disebabkan karena dehidrasi kulit, penuaan dini, atau penuaan biologis. Kerut dalam di pinggir mata terjadi akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin, serta otot muka.

Untuk mengatasinya, gunakan masker dan krim khusus mata, agar kerut halus tersebut berkurang, atau tidak datang sebelum waktunya.

Jerawat batu

Munculnya jerawat batu di sekitar mata biasanya disebabkan karena tidak membersihkan make up dengan pembersih mata yang tepat. Sisa-sisa make up yang tidak terhapus secara sempurna itu kemudian masuk ke dalam pori-pori, yang kemudian menyebabkan jerawat.

Untuk mengatasinya, selalu gunakan eye make up remover untuk mencegah munculnya jerawat batu, serta rajin mengenakan masker khusus mata.

Mata letih

Mata yang letih atau kuyu biasanya disebabkan karena terlalu lelah bekerja, semisal terlalu lama membaca di ruangan yang redup, terlalu lama berada di depan televisi atau layar komputer, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, ambil sebongkah es kecil, bungkus dengan kain yang halus dan bersih, kemudian usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan dapat mengembalikan kelancaran peredaran darah di sekitar mata, sehingga mata akan segar kembali.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.