Tips Menanggulangi Bau Mulut tak Sedap

Tips Menanggulangi Bau Mulut tak Sedap

BIBLIOTIKA - Bau mulut tak sedap sering mengganggu penampilan, bahkan sering membuat seseorang menjadi minder. Mulut yang mengeluarkan bau tak sedap biasanya memiliki banyak penyebab. Agar tidak berlarut-larut, sebaiknya segera telusuri penyebabnya agar rasa percaya diri Anda tak lagi terganggu.

Biang keladi bau mulut ini dalam istilah kedokteran diberi nama halitosis. Menurut para ahli, 90 persen bau mulut biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi. Kondisi ini bisa semakin parah dengan adanya kerusakan pada mahkota gigi atau tambalan gigi yang lepas.

Bermacam-macam kelainan dari organ tubuh lainnya, seperti:
  1. Berlebihnya jumlah mikroorganisme dalam rongga mulut karena sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi.
  2. Gangguan hormon, terutama terjadi pada wanita saat menstruasi karena kadar estrogen yang tinggi menurunkan daya tahan periodontal (bagian gusi yang menyangga gigi). Ini juga terjadi saat wanita sedang hamil.
  3. Adanya gangguan pada tukak lambung.
  4. Terganggunya saluran pernapasan karena infeksi sinus atau sedang flu.
  5. Sedikitnya produksi air liur karena sedang berpuasa sehingga bakteri menjadi lebih aktif di dalam mulut.

Ada banyak solusi untuk mengatasi bau mulut, berikut ini beberapa di antaranya:

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengkonsultasikan kondisi ini pada dokter gigi Anda. Hal ini untuk memastikan penyebab bau mulut tersebut.

Lakukan perawatan sendiri, terutama di daerah rongga mulut. Menggosok gigi secara teratur dua kali sehari, seperti anjuran dokter. Idealnya menggosok gigi dapat dilakukan setiap selesai makan, karena itu saat bangun pagi, lebih baik berkumur sebelum makan dan sikatlah gigi saat selesai sarapan.

Pemakaian obat kumur dapat membantu mengurangi penderitaan Anda, terutama saat Anda sedang berpuasa. Tetapi sebaiknya teliti sebelum membeli karena tidak semua obat kumur benar-benar mengandung zat yang dapat membunuh bakteri.

Usahakan minum banyak air putih agar tenggorokan tidak kering dan membantu mencuci bakteri yang berlebihan.

Membersihkan lidah pada saat menyikat gigi juga dapat membantu karena permukaan lidah yang kasar bisa menjadi tempat persembunyian bakteri.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.