Tips dan Teknik Membersihkan Lantai dan Sofa

 Tips dan Teknik Membersihkan Lantai dan Sofa

BIBLIOTIKA - Merawat serta menjaga kebersihan rumah atau gedung mempunyai teknik tersendiri. Apalagi jenis bahan pendukung atau perabotan tersebut kadangkala dibuat dari bahan tertentu yang sulit dibersihkan. Dengan mengetahui teknik membersihkannya, masalah yang semula dianggap besar itu menjadi lebih mudah.

Secara umum, lantai merupakan bagian terbesar dari sebuah rumah.  Sedangkan sofa, karpet, atau barang-barang furniture akan menjadi awet jika dibersihkan secara rutin.

Nah, berikut ini adalah teknik untuk membersihkan lantai dan sofa atau karpet untuk rumah Anda.

Untuk membersihkan lantai:

Untuk lantai berjenis keramik yang menggunakan granit, cara membersihkannya harus dipoles dengan HCl atau air asam yang derajat keasamannya (PH) tidak lebih dari tujuh.

Selanjutnya dipel dengan forward (semacam pembersih lantai), kemudian dibilas dengan air sampai netral lagi.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya memakai bahan penghisap debu. Dengan begitu debu akan hilang, karena menempel atau terhisap oleh bahan itu.

Namun untuk jenis lantai tertentu di luar keramik dan granit harus di-coating. Sedangkan kalau lantai marmer harus dikristalisasi, sehingga lantai tetap mengilat.

Untuk jenis lantai kayu, cara membersihkannya yang paling utama tidak boleh dengan air karena dapat merusak bahan material. Proses pembersihannya menggunakan lap kering yang diteruskan dengan polesan menggunakan murphys oil. Setelah itu di-coating dengan traffic liquid, lalu dilakukan penyemiran secara menyeluruh dengan bahan tertentu.

Untuk membersihkan sofa atau karpet:

Untuk sofa, cara pembersihannya serupa dengan karpet. Namun dalam prakteknya ada pencucian kering dan basah, tergantung tingkat kesulitan peralatan tersebut.

Mula-mula sofa atau karpet dibersihkan dengan alat penghisap debu.

Kemudian diberikan bahan kimia hingga masuk ke pori serat kain atau karpet dengan menggunakan matic machine.

Perlu diperhatikan juga pada sofa yang tidak terlalu kotor, artinya jika di dalam gedung dan ruangan ber-AC, cara penyuciannya tidak dengan air karena dapat merusak bahan.

Untuk sofa yang terkena banjir, sebaiknya dilakukan pencucian basah.

Untuk menjaga agar sofa tetap awet, jangan dijemur yang langsung terkena matahari, tetapi menggunakan mesin pengering.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.