Tips Bila Terserang Insomnia atau Sulit Tidur

Tips Bila Terserang Insomnia atau Sulit Tidur

BIBLIOTIKA - Insomnia atau penyakit susah tidur dapat menimpa siapa saja tanpa pandang bulu. Apalagi jika seseorang sedang banyak pikiran, stres, gelisah, biasanya insomnia pun segera mudah menyerang.

Tidur merupakan salah satu istirahat yang ideal. Tentu bukan sembarang tidur, tetapi tidur yang nyenyak dan cukup. Tapi bagi yang sudah terjangkit insomnia, perkara tidur nyenyak adalah perkara yang sulit. Meskipun telah lama memejamkan mata dan berbaring di tempat tidur, biasanya mata belum mau terpejam dan terlelap juga. Nah, kalau Anda juga terserang insomnia, perhatikan tips berikut ini agar tidak susah tidur lagi.

Nikmati musik dan air hangat

Musik dan air dapat membimbing Anda ke tempat tidur dengan lelap. Mandi dengan air hangat memberikan rasa santai yang rileks. Akan lebih santai lagi kalau mandi dibarengi dengan alunan musik berirama lembut. Dengan tubuh dibasuh air hangat dan musik yang lembut, badan pun akan menjadi segar dan pikiran yang tegang akan mengendur.

Tidurlah dengan nyaman

Tidur dengan posisi yang nyaman akan membantu tidur nyenyak. Posisi miring ke arah perut dengan kaki menyilang adalah salah satu posisi yang enak untuk tidur. Posisi miring juga baik untuk kaum wanita yang tengah hamil, sehingga posisi tidur akan jadi lebih nyaman.

Jaga kebersihan kamar Anda

Kebersihan dan aroma ruangan dapat mempengaruhi tidur Anda. Bubuhkan sedikit minyak wangi yang mengandung aroma lavender pada tempat tidur Anda. Terapi ini banyak dianjurkan sebagai salah satu cara untuk mengatasi sulit tidur.

Turunkan ketegangan

Jika Anda susah tidur karena pikiran yang stres dengan banyak pikiran ruwet, setel saja radio dengan suara lirih dan dengarkan lagu-lagu dari radio menjelang Anda tidur. Ini bisa menurunkan ketegangan di benak Anda. Siaran radio malam hari biasanya menyajikan lagu pengantar tidur yang mungkin pas buat Anda.

Nikmati pijatan

Pijatan biasanya dapat juga mengantar Anda melepas lelah setelah bekerja berat atau perjalanan jauh. Dengan pijatan, badan akan menjadi pulih kembali. Badan yang segar akan membantu mengatasi sulit tidur. Bila tak ada orang yang bisa dimintai bantuan untuk memijat, Anda bisa membeli peralatan khusus untuk memijat sendiri.

Cobalah minum susu

Minum susu hangat sewaktu mau tidur dapat juga memudahkan Anda tertidur. Meskipun mungkin susu bukanlah mnuman yang pas untuk musim kemarau, tapi susu dapat membantu anda untuk segera terlelap. Tapi ingat, jangan minum susu jika Anda sakit perut.

Tenangkan pikiran

Biasanya pikiran yang kacau-balau bisa mengganggu tidur Anda. Karena itu, cobalah tutup mata Anda dan panjatkanlah doa. Bayangkan suasana yang menyejukkan pikiran Anda. Dengan suasana yang sejuk dan tenang, Anda pun akan merasa tenang dan bisa segera tidur.

Bila cara-cara di atas belum juga berhasil membuat Anda tidur nyenyak atau lelap, cobalah ingat kembali apakah Anda memiliki kebiasaan minum kopi, teh atau minuman lain yang mengandung kafein sebelum tidur.

Sebaiknya, usahakan agar Anda tidak meminum minuman-minuman semacam itu menjelang tidur, karena kafein bisa membuat mata Anda menjadi sulit tertidur. Bila Anda memang harus meminum minuman semacam itu, usahakan meminumnya lima jam sebelum tidur.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.