Tips bila Ingin Facial Sendiri di Rumah

 Tips bila Ingin Facial Sendiri di Rumah

BIBLIOTIKA - Facial diperlukan untuk menjaga serta merawat wajah agar tetap bersih dan bersinar. Karenanya, banyak wanita yang secara rutin mengunjungi salon untuk hal satu ini. Hanya saja, perawatan facial di salon membutuhkan biaya yang tidak sedikit, selain kita kadang tidak punya waktu untuk pergi ke salon. Nah, bisakah kita melakukan perawatan facial sendiri di rumah?

Sebenarnya bisa saja. Kalau Anda ingin melakukan facial sendiri di rumah, Anda hanya perlu menyediakan pembersih wajah, krim untuk pengelupasan (scrub), air hangat dan waslap khusus wajah, masker, dan pelembap.

Setelah semua bahan di atas disediakan, Anda sudah bisa mulai melakukan perawatan facial sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya.

Membersihkan wajah

Membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat semua kotoran, dan ini merupakan langkah awal dalam perawatan facial. Untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi, bersihkan dengan foaming cleanser atau busa pembersih (soap free). Sedang untuk kulit kering, gunakan cream cleanser atau susu pembersih.

Pengelupasan

Dengan menggunakan jari-jari tangan, usapkan krim scrub dengan membentuk gerakan sirkular pada wajah Anda. Konsentrasikan pada area sekitar hidung dan dahi, jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi. Setelah itu, basuh wajah sampai bersih, karena butiran krim scrub cenderung mengeringkan kulit.

Penguapan

Tuangkan air hangat ke dalam baskom berukuran sedang, celupkan waslap khusus untuk wajah, kemudian peraslah dengan lembut. Setelah itu tekan-tekanlah wajah Anda sebanyak 2 sampai 3 kali.

Menggunakan masker

Kalau wajah Anda berminyak, gunakan masker dengan bahan dasar tanah liat. Sedang untuk kulit kering, disarankan menggunakan masker berbentuk hydrating gel atau krim. Kenakan masker selama 10 sampai 20 menit—atau sesuai intruksi yang terdapat pada kemasan—dengan menghindari area sekitar mata. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual di pasaran, Anda juga bisa melakukan facial dengan menggunakan masker buah-buahan atau bahan alami.

Memberikan pelembap

Setelah wajah Anda dibersihkan dari masker, langkah selanjutnya adalah membubuhkan pelembap. Untuk hal ini, sebaiknya hindari pelembap yang mengandung retinol atau asam, karena dapat mengelupas kulit secara berlebihan (over exfoliate).

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.