Tips bila Benda Asing Masuk Telinga

Tips bila Benda Asing Masuk Telinga

BIBLIOTIKA - Meski kita sudah mati-matian merawat kesehatan telinga, tidak menutup kemungkinan suatu hari ada benda asing memasuki telinga kita. Ketika telinga kemasukan benda asing, sebenarnya tidak ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah. Artinya, penanganan yang diperlukan untuk hal ini hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Ketika ada benda asing masuk ke telinga, sebaiknya jangan mencoba mengorek-ngoreknya. Penanganan yang salah dalam hal ini justru akan membawa akibat yang bisa saja lebih buruk. Sebaiknya segera hubungi dokter spesialis THT.

Di antara benda-benda asing yang biasa masuk ke telinga, berikut ini beberapa di antaranya:

Air

Pada waktu mandi atau berenang, tidak jarang air masuk ke dalam telinga. Selama telinga bersih, maka air yang masuk tersebut akan keluar sendiri secara otomatis. Tetapi jika di dalam telinga terdapat kotoran, maka air akan membuat kotoran tersebut mengembang, sehingga tidak bisa keluar. Jika itu yang terjadi, segera periksakan ke dokter THT untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga.

Semut

Kalau sampai telinga kemasukan semut, maka kemungkinan besar ada yang tidak beres dengan bagian dalam telinga, karena seharusnya telinga memiliki mekanisme sendiri yang dapat menghambat binatang semacam semut untuk tidak masuk ke dalam. Artinya, ketika semut bisa masuk ke dalam telinga, mekanisme tersebut tidak dapat berfungsi. Periksakan pada dokter THT, untuk dilihat apa masalahnya.

Cotton bud

Sebenarnya, secara medis, cotton bud tidak dianjurkan untuk mengorek-ngorek telinga, meski masih cukup banyak orang yang melakukannya. Selain kapasnya bisa tertinggal di dalam telinga, cotton bud juga rentan menusuk selaput gendang jika tidak hati-hati menggunakannya. Apabila kapasnya tertinggal di dalam telinga, segera temui dokter THT, dan jangan mengorek-ngorek sendiri untuk mengeluarkannya.

Benda kecil lain

Selain hal-hal di atas, bisa saja ada benda-benda kecil lain yang masuk ke telinga, semisal manik-manik atau semacamnya. Jika hal semacam itu terjadi, sebaiknya segera hubungi dokter THT. Mereka memiliki alat khusus untuk mengeluarkan benda semacam itu. Jika Anda mencoba mengorek-ngorek untuk mengeluarkannya sendiri, tidak menutup kemungkinan masalahnya malah tambah parah.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.