Tips agar Tetap Segar meski Berpuasa

Tips agar Tetap Segar meski Berpuasa

BIBLIOTIKA - Kalau sedang berpuasa, biasanya tubuh jadi mudah lemas dan kuyu. Wajah juga terkadang menjadi sedikit pucat. Aktivitas keseharian pun terkadang tidak bisa dijalani secara prima karena tubuh yang kekurangan energi. Badan mudah capek, dan inginnya hanya santai dan bermalas-malasan.

Nah, sebenarnya, semua keluhan itu bisa diatasi dengan kiat-kiat khusus yang dapat menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh kita selama berpuasa. Simak beberapa tips yang berikut ini.

Pilihlah menu makanan yang tepat

Agar maag tidak menyerang perut, hindarilah makanan yang bisa membuat lambung jadi kacau dan menghasilkan gas, seperti kacang-kacangan. Kalau Anda memang sudah terbiasa memakan makanan jenis itu, minimal dikurangi porsinya. Selain itu, hindari juga kopi.

Konsumsilah buah-buah segar

Biasanya, bulan puasa datang bertepatan dengan musim hujan. Ini tentunya harus membuat kita pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh. Agar daya tahan tubuh tidak merosot karena puasa dan karena cuaca yang berubah, konsumsilah buah-buah segar pas buka puasa. Jeruk bisa menjadi salah satu pilihan. Selain bisa mengganti cairan tubuh yang berkurang karena puasa, jeruk juga bagus untuk menangkal flu.

Perhatikan menu makan sahur

Terkadang, makanan yang kita masukkan dalam tubuh ketika makan sahur tidak mampu membuat kita bertahan lama. Baru setengah hari berpuasa, tubuh sudah merasakan lapar.  Itu biasanya terjadi karena makanan yang ada di dalam tubuh lebih cepat terserap sari-sarinya. Untuk mengatasi hal semacam itu, sebaiknya menu untuk makan sahur adalah makanan yang mengandung banyak kalori dan protein, semacam telur, daging atau ikan laut.

Tetaplah banyak minum air putih

Dalam hari-hari biasa, kita sudah terbiasa mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tetapi tentunya kebiasaan itu tidak bisa dilakukan bila hari puasa. Untuk mengatasi hal itu, biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air saat berbuka puasa, semisal sayur berkuah atau buah-buahan segar. Meski kadar air yang masuk ke dalam tubuh tidak sebanyak saat kita mengkonsumsi air seperti biasanya, tetapi paling tidak itu bisa mencegah sembelit.

Tidur teratur dalam jumlah cukup

Agar kondisi tekanan darah dalam tubuh tetap normal, biasakanlah untuk tidur secara teratur. Apalagi tidur di bulan puasa juga termasuk ibadah, kan? Daripada untuk jalan-jalan atau untuk melakukan hal-hal yang tidak jelas manfaatnya, gunakan saja waktu setelah sholat subuh untuk tidur. Meski hanya sebentar, namun itu bisa membantu kesegaran tubuh kita.

Tetap rileks dan santai

Selama berpuasa, biasakanlah untuk berpikir positif. (Itu juga termasuk dari ajaran agama, kan?). Buang jauh-jauh prasangka buruk dan iri hati. Selain bisa mengurangi kadar pahala puasa, terlalu banyak berpikir yang negatif juga bisa membuat kondisi tubuh jadi menurun.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.