Tips agar Rumah Bebas dari Debu

Tips agar Rumah Bebas dari Debu

BIBLIOTIKA - Rumah yang sehat tentu saja penghuninya sehat pula. Terutama bagi yang menderita alergi debu, rumah yang sehat sangatlah diperlukan, yakni rumah yang ekstra bersih dan benar-benar bebas dari debu. Sedikit saja terdapat debu, penderita alergi ini biasanya langsung terserang batuk, bersin, hidung mampat dan sesak napas.

Berikut ini adalah kiat-kiat untuk mewujudkan rumah yang sehat, yang bebas dari debu. Kiat-kiat ini amat bermanfaat jika Anda atau salah satu dari anggota keluarga Anda ada yang menderita alergi debu:

Sebaiknya jangan membentangkan karpet di dalam rumah. Debu dan kuman dengan mudah menempel dan menumpuk di karpet, dan ini bisa mengundang (kekambuhan) penyakit.

Pilihlah perabot yang bebas debu. Sebaiknya memilih kursi, meja, dan lemari yang tidak terbuat dari ukiran kayu, karena lekukannya dapat menjadi sarang debu dan sulit dibersihkan.

Batasi hiasan dan ornamen-ornamen pada dinding. Hiasan dinding berpotensi menjadi sarang debu karena jarang dan sulit dibersihkan. Untuk itu sebaiknya dibatasi atau dikurangi.

Hindari pemakaian kelambu dan gorden yang tebal, terutama dalam kamar tidur. Kelambu dan gorden yang tebal memungkinkan bersarangnya debu.

Jauhkan dari benda-benda berbahan bulu. Boneka atau jenis mainan yang terbuat dari bulu binatang, wol, atau bahan selimut. Benda-benda ini merupakan sumber debu yang dapat memicu penyakit.

Hindari kapuk. Hindari menggunakan bantal dan kasur yang terbuat dari kapuk. Selain debu mudah menempel di sana, serat kapuk yang beterbangan juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Bila tetap ingin menggunakan bahan kapuk, bungkuslah bantal dan kasur kapuk dengan plastik. Dengan begitu debu dan serat kapuk yang berasal dari bantal dan kasur tidak sampai beterbangan kemana-mana.

Bila di rumah ada penderita alergi debu, jangan membersihkan lantai rumah dengan sapu. Penggunaan sapu justru membuat debu beterbangan ke seluruh rumah. Sebaiknya langsung saja membersihkan lantai dengan pel basah untuk mengangkat kotoran kasar. Kemudian ulangi dua atau tiga kali sampai lantai menjadi bersih.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.