Tips agar Kamar Tidur Tenang dan Nyaman

Tips agar Kamar Tidur Tenang dan Nyaman

BIBLIOTIKA - Ruangan tidur atau kamar tidur adalah ruang yang khusus disiapkan untuk beristirahat, sehingga ketika bangun tidur di pagi hari badan akan terasa segar dan siap kembali untuk melakukan kegiatan. Karena itu, sesederhana apapun desainnya, sebuah kamar tidur tidak bisa ditata secara sembarangan.

Salah satu hal yang patut diingat dalam menata kamar tidur adalah tidak menempatkan banyak barang di kamar tidur. Kalaupun barang-barang tersebut harus berada di dalam kamar, maka simpanlah di dalam lemari atau di dalam laci.

Aturlah kamar tidur sedemikian rupa sehingga sirkulasi udara dalam kamar tetap terjaga dengan baik. Jangan pernah menyatukan ruang kerja dengan kamar tidur, sebab bisa menjadikan Anda tidak dapat tidur nyenyak semalaman karena membayangkan terus pekerjaan yang belum selesai.

Pilihlah tempat tidur yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kamar. Kalau Anda menyukai desain yang minimalis, maka minimalis adalah sesuatu yang bagus untuk tujuan keindahan.

Apabila penataan kamar tidur sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah memilih tempat tidur yang aman dan nyaman. Di antaranya, tempat tidur dapat dipilih yang bernuansa klasik jenis sleigh bed dengan foot board yang bisa dipakai apabila kamar tidur berukuran cukup luas.

Untuk kamar tidur yang berukuran kecil atau mungil, pilihan sleigh bed yang berbentuk ramping tanpa foot board dapat digunakan. Sedangkan jenis four poster bed hanya indah digunakan untuk kamar tidur yang memiliki langit-langit tinggi.

Berikut ini adalah tips-tips tambahan dalam penataan kamar tidur agar indah, aman sekaligus nyaman:

Buatlah kamar tidur Anda hangat dan menarik dengan menggunakan bahan-bahan tekstil seperti bulu domba, kain sutera dan wool yang lembut sebagai seprai tempat tidur.

Seprai dari bahan flanel juga merupakan bahan yang sempurna bagi kasur ketika udara sedang dingin, tetapi jika Anda ingin tetap hangat dan menarik, tambahkanlah selimut yang hangat.

Anda juga dapat membeli bahan sintetik apabila Anda alergi terhadap bahan yang terbuat dari bulu.

Apabila kamar Anda berlantai keras, pasanglah karpet yang lembut dari bahan beludru untuk menghangatkan telapak kaki ketika musim dingin di malam hari.

Posisi tidur memiliki dampak yang besar terhadap energi Anda. Ini akan dapat pula mempengaruhi kesehatan, jiwa dan kehidupan Anda.

Apabila Anda dapat memindahkan posisi tempat tidur, tambahkanlah lilin merah di dekat kasur Anda yang menghadap ke pintu dan jendela. Menurut fengshui, warna merah akan menghambat energi yang negatif.

Cobalah untuk mengatur lampu kamar tidur Anda menjadi warna kuning atau emas untuk menciptakan kesan bersinar. Anda bisa pula menambahkan pengatur kontras sinar untuk mengatur ketajaman cahaya.

Cara yang paling sederhana untuk menciptakan efek bercahaya adalah dengan menggunakan lilin pada wadah kecil yang ditaruh di atas meja baca Anda.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.