Syarat-syarat Menjadi PNS

Syarat-syarat Menjadi PNS

BIBLIOTIKA - Sebagaimana pekerjaan atau profesi lainnya, seseorang juga harus memenuhi persyaratan tertentu untuk dapat menjadi PNS. Seperti yang kita tahu, segala bentuk lowongan pekerjaan selalu mempersyaratkan hal-hal tertentu, semisal tingkat pendidikan, kualifikasi, tingkat usia, dan lain-lain.

Nah, begitu pula dengan PNS. Pada umumnya, syarat-syarat atau kualifikasi yang perlu dipenuhi untuk menjadi PNS adalah dua macam, yaitu syarat administratif, dan lolos ujian atau tes tertulis.

Syarat administratif adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi pada waktu mendaftar menjadi PNS. Apabila syarat-syarat itu terpenuhi, maka sang pelamar tersebut nantinya dapat mengikuti ujian seleksi dalam bentuk tertulis (tes CPNS).

Untuk syarat administratif ini, masing-masing departemen biasanya memiliki persyaratan administratif yang berbeda-beda. Tetapi, meski begitu, ada beberapa syarat administratif tertentu yang bisa dibilang hampir sama pada semua departemen. Karenanya, hal-hal berikut ini adalah persyaratan yang harus Anda persiapkan ketika akan melamar menjadi PNS.
  1. Telah berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun. (Catatan: Khusus untuk Calon Hakim batas minimal usianya adalah 25 tahun).
  2. Fotokopi KTP.
  3. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae.
  4. Pas foto berukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar.
  5. Fotokopi surat keterangan kelakuan baik (SKKB) dari Polri yang telah dilegalisasi.
  6. Fotokopi surat kesehatan yang telah dilegalisasi.
  7. Fotokopi kartu pencari kerja dari dinas tenaga kerja setempat yang telah dilegalisasi.
  8. Surat lamaran permohonan menjadi CPNS yang ditujukan kepada menteri, sesuai dengan bidang atau departemen yang dituju.
  9. Memiliki ijazah dan transkrip nilai, sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.