Panduan Menata Ruangan yang Mungil

Panduan Menata Ruangan yang Mungil

BIBLIOTIKA - Menata ruangan yang kecil atau mungil terkadang memang serba salah, setidaknya lebih sulit dibanding kalau menata ruangan yang berukuran besar atau luas. Dengan ruangan yang kecil, maka benda-benda yang dapat dimasukkan ke dalamnya pun tentunya harus benar-benar dipertimbangkan agar ruangan nantinya dapat terlihat serasi dan indah meskipun berukuran mungil.

Berikut ini adalah panduan dalam menata ruangan yang kecil, dan langkah-langkah menjadikan ruangan mungil tetap indah sekaligus nyaman.

Jangan takut untuk menempatkan perabot atau furniture yang berukuran besar di ruangan yang kecil. Penggunaan beberapa perabot yang berukuran besar di ruang dengan area terbatas terkadang malah membuat ruangan tampil secara lebih bergaya.

Misalnya, menempatkan lukisan yang berukuran besar di salah satu dinding ruangan yang kecil dapat dimanfaatkan untuk menjadi fokus penataan ruangan secara keseluruhan. Dengan begitu, menempatkan perabot berukuran besar di ruang kecil tidak selalu berarti membuat penataan menjadi berantakan.

Jangan jadikan rumah berantakan dengan perabot. Perabot yang berlebihan di dalam ruangan, betapapun bagusnya, belum tentu membuat penataan ruang menjadi lebih indah. Kadangkala, dengan sedikit perabot, rumah malah terasa menjadi lebih menawan dan menyenangkan. Jadi, pilihlah perabot yang benar-benar penting untuk ditempatkan di dalam ruangan, agar penataan ruang menjadi indah.

Jangan terlalu banyak menggunakan bentuk pola. Penataan ruang dengan pola, kadang memang memberikan aksen yang lebih indah, tetapi terlalu banyak bentuk pola juga dapat membuat ruangan terlihat semrawut atau kacau. Jadi, bentuk yang polos mungkin akan lebih baik untuk penataan ruangan yang mungil.

Jangan melupakan atap. Ini adalah dinding kelima di dalam ruangan. Karenanya, cobalah untuk memberikan sentuhan pada atap, misalnya, dengan menutupinya dengan warna yang senada dengan konsep warna dinding atau bahkan rak yang ada di ruangan.

Jangan hilangkan detail arsitektur. Detail itu bukan hanya akan mempertegas bentuk, tetapi juga akan memberikan nuansa yang lebih indah pada ruangan. Ini adalah cara yang paling mudah untuk membuat penataan ruangan mungil menjadi sempurna.

Jangan asal beli furniture. Upayakan ketika Anda membeli furniture, Anda juga sudah membayangkan bahwa barang furniture tersebut memang cocok dengan gaya penataan yang akan Anda terapkan di ruangan mungil di rumah Anda. Dengan begitu, barang furniture yang akan Anda beli tidak menjadi sia-sia, dan ruangan pun tentu akan terlihat lebih indah penataannya.

Jangan lupakan jendela. Jendela adalah bagian yang tak terpisahkan dari penataan ruangan. Jadi berikanlah sedikit sentuhan pada jendela, misalnya, dengan melengkapinya dengan gorden yang selaras dengan gaya penataan ruangan.

Jangan sia-siakan ruangan yang sekecil apapun ukurannya. Cobalah untuk menambahkan rak kecil untuk tempat sepatu, payung dan sebagainya. Hal itu mungkin akan membuat ruangan terasa makin bergaya.

Jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak bisa melakukan apa-apa di dalam ruangan yang kecil. Ruang kecil tidak berarti membatasi Anda dalam membuat penataan yang sempurna. Cobalah buat rencana atau sketsa penataan sebelum Anda benar-benar memulainya. Dengan begitu, Anda pun akan dapat menemukan jawaban yang tepat untuk menata ruangan mungil Anda.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.