Menyiasati Rumah Mungil agar Tampil Menawan

Menyiasati Rumah Mungil agar Tampil Menawan

BIBLIOTIKA - Masih mengharapkan rumah besar sementara baru punya rumah yang kecil? Jangan kecewa dulu sebab rumah besar dan kecil perbedaannya hanya pada pengaturannya. Rumah kecil harus sedikit ekstra untuk memikirkan agar hasilnya sesuai harapan. Maka seringkali dijumpai rumah yang berukuran kecil mengharuskan penghuninya memutar otak dalam menata ruangan dan perabotannya.

Agar rumah mungil bisa lebih indah, efisien, dan terkesan lapang, cobalah beberapa saran berikut:

Pilihlah warna yang tepat

Meski warna putih dan terang dipercaya memberi kesan lebar pada ruangan yang sempit, warna-warna gelap pun bisa sama efektifnya dengan warna putih. Warna-warna gelap pun mampu menciptakan kekosongan yang sama dengan warna putih, karena warna-warna ini akan membuat mata ‘melupakan’ kesan sempit ruangan.

Ciptakanlah satu fokus

Tempatkan satu perabotan atau benda, seperti tempat tidur berkaki besar, atau karpet, untuk dijadikan fokus dari ruangan. Warna, bahan, atau tema dari benda-benda tadi juga bisa menjadi inspirasi bagi penataan ruang-ruang lain.

Pilihlah perabot yang ramping

Pilihlah meubel yang berkaki ramping atau menggantung. Kesan tinggi akan membuat benda-benda berukuran besar tidak terlihat mempersempit ruangan. Sofa berkaki pendek yang diletakkan di lantai akan tampak lebih besar dan membuat ruangan berkesan penuh.

Hematlah perabot

Menempatkan sedikit perabot besar lebih bagus daripada meubel kecil-kecil dalam jumlah banyak. Meubel kecil akan membuat ruangan tampak begitu ramai dan penuh.

Ciptakanlah kesan tinggi

Ciptakan kesan ruangan lebih tinggi dengan penggunaan garis-garis vertikal dan perabot yang tinggi. Dengan begitu, ruang akan tampak lebih luas dan lega. Garis vertikal pada tirai, jendela yang tinggi, langit-langit berwarna putih, atau penggunaan lukisan gulung akan ‘memaksa’ mata berhenti untuk menikmatinya. Dengan begitu, kesan sempit akan terlupakan.

Pilihlah perabot multiguna

Pertama, tentukan fungsi masing-masing ruangan. Setelah itu, pilih perabotan yang multi guna. Misalnya, sofa yang sekaligus bisa digelar menjadi tempat tidur akan lebih bagus daripada menempatkan sofa dan tempat tidur di ruang tengah.

Gunakan lemari penyimpanan

Sering sekali buku atau majalah berserakan di atas meja usai dibaca. Untuk menghindari hal itu, buatlah satu tempat penyimpanan khusus. Misalnya, satu sisi dinding ruang keluarga diletakkan lemari-lemari khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Buatlah dinding pemisah ruangan

Semua rumah, baik besar maupun kecil, pasti terbagi menjadi beberapa ruangan yang dipisahkan dengan dinding. Nah, coba singkirkan semua dinding, kecuali untuk kamar mandi dan kamar tidur. Ini akan membuat mata kita berkelana dari satu ujung ruangan ke ujung yang lain dan memberi kesan lapang.

Gunakanlah tekstur yang kontras

Pergunakan warna-warna yang kontras, misalnya dinding warna merah hati dipadu dengan tembok berpola garis-garis. Ini akan menciptakan kesan hangat dan nyaman. Selain itu, perhatian kita akan tersedot untuk menikmati warna-warna dan tekstur tersebut, sehingga kesan sempit menjadi hilang.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.