Lima Kiat agar Bangun Pagi

Lima Kiat agar Bangun Pagi

BIBLIOTIKA - Banyak yang belum bisa membiasakan diri untuk bangun pagi. Padahal, manfaat bangun pagi itu banyak sekali. Selain bisa menikmati keindahan alam, kita juga bisa memanfaatkan sinar matahari untuk kesehatan. Anda yang biasa suka begadang biasanya susah untuk bisa bangun pagi. Tapi jika kebetulan Anda butuh bangun pagi, simak saja tips yang berikut ini.

Berdoalah dan niatlah untuk bangun pagi

Segala sesuatu itu sebenarnya tergantung pada niat. Sebelum tidur berdoa kepada Tuhan, setelah itu rebahkanlah tubuh dengan posisi senyaman mungkin. Tenangkan pikiran. Barulah setelah itu memulai niat Anda untuk bisa bangun pagi. Tekadkan niat untuk bangun pada jam berapa besok pagi, dan apabila besok Anda telah terbangun sesuai waktu yang diniatkan, jangan tidur lagi.

Pasanglah jam weker

Kalau memang sudah terbiasa susah untuk bisa bangun pagi, Anda bisa menggunakan jam weker untuk membantu Anda bangun pagi. Setel jam weker itu pada jam yang Anda inginkan, dan jam itu pun otomatis akan berdering membangunkan Anda pada waktu yang telah disetel. Tapi ingat, bila Anda sudah terbangun, segera turun dari tempat tidur, karena jika tidak, biasanya Anda hanya akan mematikan jam weker itu untuk meneruskan tidur Anda.

Buatlah jadwal

Ingat-ingatlah bahwa kita bisa melakukan banyak hal di pagi hari dan kita bisa menjalani hari dengan lebih panjang dibanding jika kita bangun tidur saat hari telah beranjak siang karena telat bangun tidur.

Karena itu, alangkah lebih baik jika Anda menuliskan jadwal kegiatan harian Anda pada selembar kertas, lalu pasanglah kertas itu di dinding kamar yang bisa Anda lihat selalu dari tempat Anda tidur. Camkan selalu bahwa Anda bisa melakukan semua itu besok pagi. Dengan cara ini, Anda pun akan selalu terpacu untuk bisa bangun pagi.

Optimislah

Setiap kali meniatkan untuk bisa bangun pagi, Anda harus yakin dengan sepenuh optimisme bahwa Anda memang akan bisa bangun pagi. Kalau kata-kata ‘Aku pasti bisa’ sudah tertanam dalam-dalam di dalam diri Anda, yakinlah besok Anda bisa bangun pagi. Dan biasanya keyakinan itu akan terbukti.

Minta bantuan orang lain

Ini mungkin alternatif terakhir, kalau memang Anda sudah tak bisa dibangunkan oleh jam weker atau dengan cara-cara yang lain. Bilang saja pada orang di rumah Anda yang biasa bangun pagi, meminta mereka untuk membangunkan Anda pagi-pagi. Mungkin bantuan dari orang lain untuk membangunkan Anda ini dibutuhkan selama waktu tertentu, dan begitu terbiasa, Anda pun akan menjadi terbiasa untuk bangun pagi sendiri.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.