Tips agar Sukses Lolos Tes CPNS

 Kiat Sukses Lolos Tes CPNS

BIBLIOTIKA - Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) diadakan dengan tujuan untuk menjaring dan menemukan orang-orang yang memang layak dan memiliki kualifikasi untuk memenuhi lowongan pegawai negeri yang membuka lowongan. Sebagai contoh, kalau Departemen Agama yang membutuhkan pegawai baru, maka tes itu pun diadakan dengan tujuan untuk mencari orang-orang yang memang layak untuk masuk sebagai pegawai di Departemen Agama.

Karenanya, salah satu unsur penting untuk dapat sukses dalam tes CPNS adalah memilih departemen yang sekiranya paling dapat dipenuhi oleh kualifikasi yang kita miliki. Seperti contoh di atas, Departemen Agama tentunya menginginkan orang-orang yang memiliki ijazah pendidikan agama. Karenanya, mereka akan lebih memfokuskan pada orang-orang yang memiliki kualifikasi itu. Artinya pula, Anda harus menyesuaikan diri antara kualifikasi Anda dengan departemen yang Anda tuju.

Nah, pada waktu menghadapi ujian di hari H, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kemungkinan sukses Anda lolos CPNS semakin besar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan itu antara lain:

Yakinkanlah diri Anda kalau Anda telah benar-benar siap dalam menghadapi ujian hari itu. Artinya, Anda memang telah benar-benar belajar materi yang sekiranya akan muncul dalam tes. Jika Anda sampai di tempat tes dengan perasaan yang yakin, maka keyakinan itu akan membantu menumbuhkan kepercayaan diri Anda pada waktu Anda menjawab soal-soal tes. Sebaliknya, jika Anda ragu-ragu, maka keraguan itu pun akan menghambat ujian Anda.

Persiapkan dan sediakanlah alat tulis yang cukup. Dalam arti, jangan sampai Anda kelabakan di tengah tes hanya gara-gara bolpoin Anda habis, atau pensil Anda patah. Karenanya, sediakanlah dan persiapkan alat tulis yang memadai. Siapkan setidaknya dua buah bolpoin, sebatang pensil dan rautannya, dan yakinkan kalau bolpoin serta pensil itu memang masih layak digunakan.

Kalau memang diijinkan membawa kalkulator, maka yakinkanlah diri Anda kalau kalkulator itu memang dapat lancar digunakan, artinya tidak akan kehabisan baterai di tengah jalan. Kalau pun Anda ragu-ragu, Anda bisa menyediakan baterai cadangan. Selain itu, bawalah jam atau kenakan arloji, agar Anda bisa selalu memantau waktu selama mengerjakan soal ujian. Jangan sampai Anda kehabisan waktu hanya gara-gara Anda tidak tahu jam berapa waktu itu.

Usahakan untuk datang di tempat tes lebih awal dari waktu yang dijadwalkan, paling tidak tiga puluh menit sebelum waktu ujian. Ini akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk ‘menghela napas’ dan mempersiapkan diri secara lebih baik agar tidak gugup. Kalau Anda datang pada waktu jam tes masuk, maka Anda akan mudah gugup. Lebih parah lagi kalau Anda terlambat datang melebihi jadwal waktu tes yang ditentukan.

Jika tempat duduk di ruangan tes dapat dipilih secara bebas, sebaiknya pilihlah tempat duduk yang benar-benar membuat Anda nyaman. Kebanyakan orang biasanya memilih tempat duduk yang paling belakang. Tapi Anda tidak perlu ikut-ikutan jika Anda lebih merasa nyaman jika duduk di tempat paling depan. Selain itu, Anda harus yakin dapat mendengar intruksi atau arahan yang akan disampaikan oleh pengawas tes dari tempat duduk Anda.

Pada waktu pengawas tes memberikan intruksi dan pengarahan, dengarkan baik-baik dan saksama. Jika ada yang memang perlu ditanyakan, jangan ragu untuk menanyakannya. Lebih baik memberanikan diri untuk bertanya daripada Anda keliru mengerjakan soal tes gara-gara Anda bingung tapi malu menanyakannya.

Berdoalah sebelum mengerjakan tes, agar Anda mendapatkan kekuatan batin dalam mengerjakannya. Berdoa adalah sikap positif, yang akan membantu Anda untuk membangun pikiran yang positif pula.

Akan lebih bagus kalau Anda mengerjakan soal-soal yang menurut Anda mudah terlebih dahulu, agar semua soal yang dapat Anda kuasai telah selesai dijawab sebelum Anda memikirkan soal-soal yang menurut Anda sulit. Tes CPNS biasanya dibatasi dengan waktu. Artinya, meski Anda belum selesai mengerjakan semua tes yang tersedia, Anda harus tetap mengumpulkan kertas jawaban Anda jika waktunya sudah habis. Karenanya, jika Anda membuang-buang waktu untuk mengerjakan soal yang sulit dahulu, maka waktu Anda akan habis sebelum Anda sempat mengerjakan soal-soal yang lebih mudah.

Bersikaplah yang positif selama mengerjakan soal tes dan selama waktu tes berlangsung. Hindari menunjukkan hal-hal yang mencurigakan, semisal menengok ke suatu arah terus-menerus, atau tertawa dan saling berbisik dengan orang di sebelah, dan lain-lain. Kadang-kadang, ada soal tes yang terkesan aneh, yang memancing kita untuk membicarakannya dengan orang lain (sesama peserta tes). Tetapi usahakan sebaiknya diam saja dan kerjakan saja tes itu.

Berkonsentrasilah dalam mengerjakan soal tes. Semakin Anda berkonsentrasi, semakin besar kemungkinan Anda untuk dapat mengerjakan soal-soal itu. Ingat, Anda telah belajar dengan baik sebelum tes tersebut, karenanya yang diperlukan sekarang adalah berkonsentrasi dan memusatkan pikiran, agar semua yang telah Anda pelajari dapat Anda gunakan untuk mengerjakan soal-soal tes itu. Tak perlu terpancing dengan gurauan atau suara-suara tertentu dari peserta tes lain. Tugas penting Anda adalah mengerjakan soal-soal tes dengan sebaik-baiknya.

Hindari berbuat curang semisal mencontek, melakukan hal-hal yang terlarang, ataupun mencuri-curi waktu ujian (ketika jam tes telah habis). Karenanya, kerjakanlah soal-soal tes begitu waktunya tiba, dan konsentrasilah pada kertas tes itu dan kerjakan dengan baik, sehingga Anda tidak kehabisan waktu. Dan setelah waktu yang telah ditentukan telah habis, maka berhentilah dan kumpulkan kertas jawaban tes tersebut.

Selama tes berlangsung, jangan melakukan hal-hal yang negatif, seperti mengacau di ruangan, membuat keributan, terang-terangan melakukan kesalahan semisal mencontek, dan semacamnya. Karena hal-hal semacam itu hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Meski pada akhirnya hasil tes Anda mungkin bagus, tetapi sikap Anda yang negatif selama tes akan membuat Anda terdepak dari kemungkinan diterima. 

Setelah selesai mengerjakan tes dan telah keluar dari ruangan tes, tidak perlu membuang-buang waktu membahas tes yang baru saja berlangsung. Pada umumnya, orang-orang yang mengikuti tes CPNS akan ramai-ramai membicarakan soal tes tersebut begitu waktu tes sudah selesai dan mereka berkumpul di luar.

Sebenarnya, hal itu sama sekali tidak berguna. Pertama, bagaimana pun juga tes itu sudah terjadi. Karenanya, jika kemudian dari hasil pembicaraan itu diketahui bahwa ternyata jawaban Anda berbeda dari kebanyakan orang lainnya, maka Anda akan jadi ragu-ragu atau was-was. Sebaiknya langsung pulang saja setelah tes usai, atau tidak usah membicarakan hal itu, agar Anda tetap dalam pikiran yang mantap dan positif.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.