Kamus Istilah Ponsel (5)


BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kamus Istilah Ponsel 4). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih lengkap, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Symbian

Suatu kelompok perusahaan yang terdiri dari Sony Ericsson, Nokia dan Psion. Symbian mengkhususkan diri pada pengembangan sistem operasi untuk perangkat ponsel dan PDA (Personal Digital Assistant).

T9

Juga dikenal sebagai predictive text input, suatu fitur yang membuat proses menulis pesan jadi lebih sederhana dan cepat. Hal tersebut dimungkinkan karena program yang disebut T9 ini bisa memperkirakan huruf apa yang akan kita ketikkan berikutnya, berdasarkan pengenalan program terhadap kata.

Talk Time

Talk time adalah jumlah keseluruhan waktu bicara kita melalui ponsel, sebelum baterai perlu diisi kembali (recharged).

Tarif

Suatu jumlah atau nominal yang mengacu pada struktur penentuan harga yang ditawarkan provider jaringan. Biasanya jaringan menawarkan tarif yang bervariasi tergantung kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda. Tarif ini pada umumnya juga termasuk telepon dan SMS gratis dalam jumlah tertentu, serta nilai pulsa permenit untuk tagihan bulanan. Memilih tarif yang sesuai dengan keperluan Anda akan membantu Anda menghemat biaya penggunaan ponsel.

Text Messaging

Suatu kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan pendek atau yang kita kenal dengan SMS. Hampir semua ponsel saat ini memiliki fasilitas tersebut.

Tri-Band

Ponsel dengan jaringan Tri-band bisa dioperasikan pada tiga frekuensi GSM yang berbeda; GSM 900, GSM 1800, dan GSM 1900. Ponsel jenis ini juga bisa digunakan di banyak negara.

UMTS

UMTS adalah singkatan dari Universal Mobile Telephone System atau dikenal juga dengan sebutan 3G.

VGA

Singkatan dari Video Graphics Array, yaitu suatu standar resolusi untuk kamera digital, file gambar dan display monitor perangkat elektronika. VGA terdiri dari 640 x 480 piksel dalam membentuk sebuah foto atau gambar. Ukuran VGA lebih besar dari CIF, QCIF dan juga QVGA, tetapi lebih kecil dari SVGA, XVGA dan megapiksel.

Vibrating Alert

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan fitur vibrating alert (getaran) untuk memberitahu adanya telepon atau SMS yang masuk. Fitur ini memungkinkan orang dapat mengetahui adanya panggilan di ponsel-nya tanpa menimbulkan bunyi yang dapat mengganggu orang lain.

Video Call

Kemampuan untuk melakukan panggilan video dua arah melalui perangkat ponsel, suatu fitur di dalam ponsel 3G untuk dapat melakukan komunikasi dengan lawan bicara secara saling bertatap muka langsung melalui layar ponsel masing-masing secara real time. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan perangkat ponsel yang telah menggunakan fasilitas 3G.

Video Streaming

Suatu fitur untuk menonton tayangan video melalui ponsel atau PDA, tanpa harus menyimpan file di dalam ponsel atau PDA. Hal ini dilakukan melalui jaringan 3G di GSM atau CDMA, atau di jaringan 2,5G pada teknologi CDMA. Layanan yang dapat dilihat melalui fitur ini di antaranya adalah Mobile TV atau Video on Demand.

Voice Dial

Suatu fitur yang tersedia pada beberapa jenis ponsel yang memungkinkan pemiliknya bisa melakukan panggilan telepon hanya dengan menyebutkan nama orang yang akan ditelepon. Begitu nama yang dimaksud diucapkan, secara otomatis ponsel akan menelepon atau melakukan panggilan terhadap orang tersebut.

Voicemail

Kemampuan untuk menerima rekaman pesan suara pada saat ponsel tidak aktif, atau ketika kita tidak mengangkat telepon. Dengan fasilitas ini, orang yang menelepon kita dapat meninggalkan pesan suaranya untuk kita dengarkan apabila ponsel kita sudah aktif kembali—dengan catatan kita mengaktifkan fitur ini di ponsel kita.

VoIP

Merupakan singkatan dari Voice over Internet Protocol, yaitu suatu kemampuan teknologi di dalam mengantarkan suara melalui protokol jaringan internet. Pada jaman dulu, teknologi ini sangat populer di komputer, karena mampu mengantarkan teknologi kemunikasi suara dengan biaya yang relatif murah.

Wallpaper

Dengan adanya fitur wallpaper ini, perangkat ponsel dapat mengubah atau menggonta-ganti gambar di latar belakang layarnya dengan mudah.

WAP

WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol yang memungkinkan pengguna ponsel bisa mengakses layanan informasi melalui perangkat mereka. WAP ini mirip dengan browsing pada sebuah halaman web.

WAP adalah suatu standar terbuka protokol telekomunikasi yang memungkinkan perangkat bergerak semacam ponsel atau PDA untuk dapat mengakses situs internet dengan format teks dan gambar berukuran file kecil, agar pengguna dapat mengaksesnya dengan waktu yang relatif cepat.

Wi-Fi

Kemampuan untuk dapat terhubung ke sebuah jaringan internet wireless (tanpa kabel) berkecepatan tinggi, biasanya terdapat pada ponsel yang canggih.

WiMax

Merupakan teknologi lanjutan dari wifi (wireless fidelity), yaitu suatu teknologi yang bekerja pada platform 802.16 yang memberikan bandwith dengan pita lebar untuk melakukan akses data berkecepatan tinggi. Awalnya teknologi ini merupakan suatu perangkat untuk komputer yang kemudian dikembangkan untuk perangkat bergerak, seperti ponsel dan PDA.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.