Kamus Istilah Ponsel (4)

Kamus Istilah Ponsel
BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kamus Istilah Ponsel 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih lengkap, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

MMS

MMS merupakan singkatan dari Multimedia Messaging Service (layanan pengiriman pesan multimedia). Dengan fitur ini, kita dapat mengirim data dalam bentuk teks, suara, gambar dan bahkan video di dalam sebuah pesan. Berbagai bentuk data itu bisa dikirim secara terpisah, atau bahkan digabung menjadi satu. Hal itu dimungkinkan karena adanya fitur MMS ini.

MP3 Player

Suatu aplikasi software pada jenis ponsel yang difungsikan untuk mendengarkan musik atau audio berformat MP3. Software ini tidak hanya terdapat di perangkat ponsel, tetapi juga digunakan secara luas di perangkat komputer atau laptop.

Network Provider

Perusahaan yang mengoperasikan layanan jaringan yang memungkinkan perangkat ponsel dapat digunakan untuk bertelepon atau berkomunikasi atau bertukar data jarak jauh. Di Indonesia, saat ini ada beberapa buah perusahaan layanan jaringan ini; Indosat, Exelcomindo, Telkomsel, dan lain-lain.

Optical Zoom

Tak jauh beda dengan digital zoom, fitur ini juga berfungsi untuk membesarkan gambar, hanya saja proses kerjanya dilakukan oleh lensa. Optical zoom biasanya dianggap sebagai zoom jenis kedua yang terdapat pada kamera ponsel.

Phonebook

Phonebook atau buku telepon berfungsi untuk menyimpan daftar nama dan nomor telepon. Fitur ini biasanya sudah ada dalam setiap perangkat ponsel, karena dapat dibilang sebagai fitur penting. Hanya saja, ponsel jaman sekarang biasanya menyediakan phonebook yang lebih besar dibanding ponsel jaman dulu.

PIN

PIN atau personal identification number merupakan nomor dengan empat digit yang berfungsi sebagai kode keamanan untuk perangkat ponsel. Kode PIN ini bisa digunakan untuk mencegah penggunaan ponsel oleh orang-orang yang tidak dikehendaki, atau untuk tujuan lainnya. Kode ini juga bisa diubah kapan saja oleh si pemilik ponsel.

Polyphonic

Suatu jenis ringtone ponsel yang bisa memperdengarkan lebih dari satu nada pada saat yang bersamaan (stereo).

Predictive Text

Fitur predictive text berfungsi untuk membuat proses penulisan pesan di ponsel menjadi lebih mudah dan sederhana karena bisa memprediksi huruf yang akan kita tulis berdasarkan pengenalan program terhadap kata-kata. Hanya saja saat ini belum ada predictive text versi bahasa Indonesia, sehingga para pengguna ponsel di Indonesia masih jarang yang mengenal fitur ini.

PUK

PUK adalah singkatan dari personal unblocking key atau kunci untuk membuka blokir nomor PIN. Jika kita secara berturut-turut (tiga kali) salah dalam memasukkan kode PIN pada ponsel, maka ponsel tersebut akan diblokir oleh provider jaringan. Untuk membuka blokir tersebut diperlukan PUK yang biasanya terdiri dari delapan digit.

Push E-Mail

Suatu layanan dari operator seluler yang memungkinkan pengguna ponsel atau PDA untuk dapat menerima pesan email dari server mail system operator tersebut, seperti halnya kalau menerima SMS.

Quad Band

Berbeda dengan ponsel kebanyakan yang dual band, ponsel dengan quad band bisa dioperasikan pada 4 frekuensi, sehingga ponsel tersebut bisa dipakai di lebih banyak negara.

Real Time

Suatu istilah untuk transmisi pemrosesan data, dimana data secara interaktif melakukan respon input secara cepat sehingga tidak terkesan terlihat jeda.

Roaming

Suatu kemampuan untuk membuat dan menerima panggilan pada ponsel ketika kita berada di luar wilayah cakupan jaringan tempat kita terdaftar. Dengan fasilitas roaming ini pula, kita bahkan bisa menggunakan ponsel di luar negeri jika memang ada ‘roaming agreements’ atau perjanjian seputar roaming antara provider jaringan yang kita gunakan dengan provider jaringan di luar negeri.

SAR

SAR adalah singkatan dari Specific Absorption Rate, yakni suatu unit pengukuran yang dirancang untuk mengetahui jumlah suatu frekuensi radio yang terserap oleh tubuh manusia pada saat menggunakan ponsel.

SIM Card

SIM card atau kartu SIM, merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module, atau modul identitas pelanggan. SIM card merupakan kartu kecil yang disisipkan ke dalam perangkat ponsel dan digunakan jaringan telepon untuk mengidentifikasi perangkat yang digunakan. SIM card juga bisa menyimpan data seperti pesan berupa tulisan dan buku telepon.

Smartphone

Smartphone adalah ponsel yang menggabungkan fitur ponsel dan PDA (Personal Digital Assistant). Smartphone ini sekarang banyak digunakan masyarakat, meski belum meluas seperti ponsel biasa.

SMS

SMS adalah singkatan dari Short Message Service (Layanan Pesan Singkat) yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan berupa tulisan singkat. Pada jaman dulu, pengiriman teks melalui SMS biasanya dibatasi hanya pada 160 karakter. Namun pada masa sekarang, orang bisa mengirimkan teks dalam jumlah yang banyak, selama perangkat ponsel yang digunakannya memungkinkan untuk hal itu.

Speaker Phone

Pengeras suara pada ponsel yang memungkinkan kita bisa mendengarkan percakapan tanpa harus mendekatkan receiver ponsel ke telinga. Tidak semua ponsel dilengkapi dengan sarana ini, tetapi kebanyakan ponsel memilikinya.

Standby Time

Suatu rentang waktu yang dimiliki baterai ponsel sejak saat dicharge atau diisi penuh hingga habis dalam keadaan standby (tidak digunakan).

Streaming

Kemampuan untuk menikmati sajian audio atau video di ponsel secara live atau langsung, tanpa harus mendownload terlebih dahulu.

Baca lanjutannya: Kamus Istilah Ponsel (5)

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.