Kamus Istilah Ponsel (3)

 Kamus Istilah Ponsel

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kamus Istilah Ponsel 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih lengkap, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

GPRS

Merupakan singkatan dari General Packet Radio Service, yaitu suatu perbaikan di dalam teknologi GSM dan menjadi generasi 2,5 dari GSM, yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data melalui jaringan ponsel. Teknologi ini memungkinkan akses data dengan kecepatan rata-rata hingga tiga puluh sampai empat puluh kbps dan memiliki dukungan pada bandwith range yang lebar sehingga lebih efisien di dalam penggunaan bandwith yang terbatas dan dapat melakukan pengiriman data secara lebih cepat. Dengan GPRS ini, para pengguna ponsel dapat mengakses Internet, mengirim email, menggunakan pesan-pesan multimedia, dan sebagainya.

GSM

GSM adalah singkatan dari Global System for Mobile Communication, yaitu suatu standar komunikasi digital yang dirancang untuk menggantikan sistem analog, suatu teknologi jaringan seluler generasi kedua atau 2G dengan menggunakan narrowband TDMA yang memungkinkan delapan panggilan secara simultan pada sebuah frekuensi.

GSM diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991 dan kemudian menjadi pelopor sistem teknologi seluler digital. Pada saat ini, GSM telah digunakan oleh mayoritas jaringan ponsel di seluruh dunia.

GSM 900

Suatu jaringan ponsel yang beroperasi pada frekuensi GSM 900 MHz. Di Inggris, misalnya, jaringan ini digunakan oleh perusahaan Vodafone dan O2.

GSM 1800

Suatu jaringan ponsel yang beroperasi pada frekuensi GSM 1800 MHz. Di Inggris, jaringan ini digunakan oleh perusahaan Orange dan T-Mobile.

HSCD

Kependekan dari High-Speed Ciruit-Switched Data, yaitu suatu perbaikan dari CSD. Ini merupakan teknologi alternatif bagi para pengguna ponsel untuk dapat melakukan akses internet atau data secara nirkabel dengan kecepatan rata-rata 38,4 kbps.

IMEI

Merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI adalah nomor identitas unik yang diberikan untuk setiap ponsel, mirip dengan plat nomor mobil. Dengan sarana menggunakan IMEI, operator jaringan dapat memblokir sebuah ponsel tertentu, misalnya karena permintaan seorang pelanggan yang ponsel-nya hilang atau dicuri.

Infrared

Dikenal pula dengan sebutan infra merah, ini merupakan teknologi koneksi data dengan memanfaatkan sinar infra merah sebagai pengganti transmisi kabel data. Tidak seperti bluetooth, transmisi data melalui infra merah melalui titik ke titik atau point to point yang membutuhkan port untuk bisa dilalui jalurnya.

Infrared atau infra merah adalah fitur atau media yang memungkinkan konektivitas data tanpa kabel di antara ponsel, atau dengan peralatan lain seperti laptop dan komputer. Untuk memungkinkan hal itu, port infrared di kedua alat yang dihubungkan tersebut harus disesuaikan sebelum transfer dilakukan.

Internet Browser

Software yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah internet. Pada saat ini sebagian besar ponsel telah dilengkapi dengan browser internet untuk keperluan tersebut.

ITU

Merupakan singkatan dari International Telecommunication Union, yaitu suatu badan dunia yang mengurusi regulasi di dalam industri telekomunikasi. Kantor ITU berpusat di Jenewa, Swiss.

Java

Suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan program-program kecil bisa diinstal dan dijalankan di perangkat ponsel. Program-program kecil ini sering disebut sebagai midlet dan bisa didownload secara gratis ataupun berbayar di internet. Sebagian besar ponsel pada masa kini telah dilengkapi dengan Java ini.

Kbps

Merupakan kependekan dari kilobyte per second. Ini biasanya dipakai dalam mengukur kecepatan suatu proses transfer data. Satu kbps sama dengan 1000 bit per detik.

Komputer MCIA

Personal Computer Memory Card International Association atau disebut juga sebagai komputer card, yaitu suatu peralatan seukuran kartu kredit yang digunakan di laptop atau di komputer untuk membaca beberapa media, seperti media simpan data atau faksimili, modem dan juga GPS.

Media Player

Media Player adalah suatu program software yang diinstal pada perangkat ponsel, yang fungsinya untuk memutar audio-video, sehingga penggunanya dapat mendengarkan audio atau menonton video.

Megapixel

Megapixel atau megapiksel, memiliki arti satu juta piksel, yang berarti resolusi dari sebuah kamera digital atau kamera ponsel untuk membentuk sebuah gambar (foto). Semakin tinggi tingkat piksel sebuah kamera, maka semakin padat pula piksel yang membentuk foto, sehingga tampilannya pun menjadi lebih halus, dan tidak terlihat pecah-pecah.

Megapixel Camera

Kamera megapiksel adalah suatu kamera yang ditanamkan dalam perangkat ponsel, sehingga ponsel juga dapat difungsikan sebagai kamera. Kamera megapixel ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi. Semakin tinggi tingkat megapixelnya, semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkannya.

Memory Card

Memory card atau kartu memori digunakan untuk menyimpan data tertentu, semisal gambar, video, musik atau dokumen lain di ponsel. Kapasitas masing-masing kartu memori berbeda, dan semakin besar kapasitasnya maka semakin banyak pula yang dapat disimpan di dalamnya. Pada jenis-jenis ponsel tertentu telah disediakan slot untuk menambah kapasitas memori ini, sehingga kartu memorinya pun menjadi semakin besar.

Baca lanjutannya: Kamus Istilah Ponsel (4)

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.