Kamus Istilah Ponsel (2)

  Kamus Istilah Ponsel

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kamus Istilah Ponsel 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih lengkap, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

BPS

Merupakan kependekan dari Bit per Second, yaitu suatu kecepatan transmisi modem di dalam sebuah piranti elektronika yang diukur di dalam baud atau bps. Bps dikenal sebagai jumlah bit yang dikirimkan oleh sebuah modem pada setiap detiknya.

Byte

Byte merupakan unit informasi paling kecil di dalam sistem komputer dalam menempatkan file di media simpan atau memori. Byte sendiri berisi delapan bit yang mewakili informasi secara garis besar atau setara dengan sebuah karakter pada mesin ketik, dimana sebuah karakter tunggal tersebut dibuat oleh kombinasi delapan bit.

Call Barring

Salah satu fitur di ponsel yang memungkinkan seseorang bisa melakukan blok pada panggilan masuk dan panggilan keluar.

Call Divert

Fitur di ponsel yang digunakan untuk tujuan mengalihkan panggilan dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Call Hold

Suatu fitur di ponsel yang memungkinkan kita dapat menerima panggilan telepon lain, meski pada waktu bersamaan masih menerima telepon. Dengan fitur ini, kita tidak perlu menutup hubungan telepon sebelumnya, karena Call Hold hanya menutup sambungan sementara.

Caller Identification

Fitur yang menampilkan nomor dari orang yang menelepon kita. Ketika seseorang menghubungi ponsel kita, maka di layar akan memperlihatkan sederet nomor atau sebuah nama. Hal itu dimungkinkan karena adanya fitur ini.

Call Timer

Suatu fitur di ponsel yang berfungsi untuk mencatat durasi pembicaraan sehingga si pengguna ponsel dapat selalu memantau dan mengetahui biaya penggunaan teleponnya.

CDMA

Singkatan dari Code-Division Multi Access, yaitu suatu teknologi seluler digital yang menggunakan teknik penyebaran spektrum. Percakapan individual akan di-encode atau disandikan dengan pengaturan digital. CDMA telah ada semenjak tahun 1995 dan kemudian dikembangkan oleh Qualcomm Inc. Pada saat ini, teknologi CDMA juga telah banyak digunakan pada perangkat ponsel, bersamaan dengan teknologi GSM.

Coverage

Daerah yang tercakup oleh sinyal dari suatu operator. Untuk bisa menelepon dari ponsel, harus ada sinyal dari jaringan penyedia layanan yang digunakan oleh ponsel tersebut.

Cakupan wilayah yang terjangkau oleh jaringan itulah yang disebut Coverage. Biasanya penyedia layanan jaringan ponsel akan menyediakan peta cakupan (coverage map) yang menunjukkan di wilayah mana saja yang dapat digunakan untuk menelepon lewat layanan mereka.

Data Cable/Kabel Data

Suatu sarana berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan ponsel dengan peralatan lain seperti komputer, misalnya, sehingga kita bisa mentransfer file (foto, gambar, dokumen, video, dan lainnya).

Data Card

Sebuah kartu data yang disisipkan pada ponsel. Dengan media inilah kita kemudian bisa mengakses internet lewat ponsel. Media kartu data ini telah memungkinkan orang dapat mengakses internet dengan mudah, meski dalam perjalanan.

Data Connectivity

Konektivitas data yang mengacu kepada kemampuan ponsel untuk dapat dihubungkan dengan peralatan lain seperti komputer atau ponsel yang lain. Konektivitas data biasanya dicapai melalui protokol tanpa kabel atau wireless, seperti bluetooth, atau bisa juga melalui kabel data.

Digital

Pada jaman dulu, ponsel menggunakan teknologi analog sehingga kualitas suaranya buruk dan keamanannya juga lemah. Pada saat ini semua ponsel sudah menggunakan sinyal digital sehingga menghasilkan kualitas panggilan dan keamanan yang lebih tinggi. Dengan teknologi digital ini pula yang memungkinkan ponsel bisa digunakan untuk rangkaian aplikasi yang lebih luas seperti akses internet.

Digital Zoom

Istilah ini sering terdapat pada ponsel yang dilengkapi dengan kamera, dan cara kerja dari digital zoom adalah membesarkan bagian gambar yang dipilih dengan melakukan manipulasi secara digital. Fitur ini kurang lebih mirip dengan cara kerja software gambar yang bisa mengubah ukuran gambar dan memperbesarnya.

Document Viewers

Fitur yang digunakan untuk melihat dan membaca dokumen, biasanya terdapat pada jenis ponsel yang tergolong canggih. Dengan fitur ini, pemakai ponsel bisa membuka dokumen dari berbagai aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Access atau juga Adobe Acrobat. Fitur ini memungkinkan orang mempelajari dokumen dengan mudah, dimana saja dan kapan saja.

Dual Band

Istilah yang digunakan untuk menyebut suatu kemampuan jenis ponsel tertentu yang beroperasi pada dua frekuensi yang berbeda, misalnya 900 MHz dan 1800 MHz.

EDGE

EDGE adalah singkatan dari Enhanced Data for Global Evolution, yaitu suatu metode transmisi data yang dua sampai tiga kali lebih cepat dari GPRS sehingga dapat melakukan transfer data 3G. Seperti juga GPRS, biaya penggunaan EDGE ditentukan berdasarkan jumlah mega bytes yang didownload, dan bukan dihitung dari waktu koneksinya. Penggunaan EDGE sangat bagus untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth besar, seperti video streaming dan mendownload musik.

EGPRS

Enhandced General Packet Radio System atau dikenal juga dengan sebutan Enhanced Data Rates for GSM Evolution. EGPRS atau EDGE ini merupakan teknologi kelanjutan dari teknologi GPRS dengan penambahan pada kecepatan maksimum hingga mencapai 100 kbps.

GPS

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, yaitu suatu sistem navigasi satelit yang dapat menunjukkan suatu lokasi secara tepat untuk penggunanya. Tidak setiap ponsel dilengkapi dengan media GPS ini, tetapi GPS dapat digunakan pula secara terpisah (tidak melalui ponsel). Media ini sangat bermanfaat bagi orang yang suka beraktivitas di alam bebas, atau suka bepergian, atau yang banyak menghabiskan waktu di jalanan.

Baca lanjutannya: Kamus Istilah Ponsel (3)

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.