Kamus Istilah Ponsel (1)

Kamus Istilah Ponsel

BIBLIOTIKA - Meskipun ponsel atau handphone sudah menjadi barang umum yang digunakan masyarakat dari berbagai kalangan, namun tidak jarang istilah-istilah dalam ponsel masih membingungkan masyarakat kebanyakan. Hal ini wajar saja, karena ponsel berasal dari luar negeri, maka istilah-istilah yang melekat di seputar ponsel pun menggunakan istilah asing atau luar negeri.

Indonesia sendiri sebenarnya telah ‘mengindonesiakan’ istilah handphone, karena handphone memiliki makna asing (telepon genggam). Istilah Indonesia untuk handphone adalah ponsel (telepon seluler), tetapi istilah ini sepertinya masih jarang digunakan masyarakat, sehingga istilah handphone tetap yang lebih populer dan lebih biasa digunakan.

Berikut ini adalah daftar istilah yang terdapat di seputar ponsel dan aksesorisnya, lengkap dengan arti atau maknanya. Jika Anda menemukan suatu istilah menyangkut ponsel yang mungkin selama ini masih membingungkan Anda, daftar berikut ini mungkin dapat mengurangi kebingungan Anda.

1G

Ini adalah sebutan bagi generasi pertama dari teknologi komunikasi yang masih bersifat analog. Pada setiap channel di dalam teknologi 1G dipisahkan untuk frekuensi pengirim dan penerima yang bertujuan untuk mencegah interferensi antara satu dengan yang lain.

Ada beberapa standar dari teknologi 1G, seperti AMPS, NMT, TACS, JTACS dan lain-lain. Namun di antara semuanya itu, yang paling populer adalah AMPS, yang kemudian berkembang menjadi CDMA untuk generasi kedua. Layanan pada generasi 1G hanya berupa suara.

2G

Ini merupakan generasi kedua dari teknologi jaringan seluler. Teknologi komunkasi jenis 2G ini sudah mulai memakai teknologi digital yang melakukan perubahan atau konversi dari suara menjadi informasi biner (1 dan 0) dan melakukan kompresi data. Kompresi ini berguna untuk dapat melayani panggilan tiga sampai sepuluh telepon digital seperti pada space ruang di dalam panggilan analog.

2G ini juga dianggap sebagai standar teknologi 3G yaitu GSM, CDMA dan TDMA. Sedangkan layanan pada generasi 2G sudah berupa suara dan data terbatas, seperti SMS dan akses internet.

2,5G

Dikenal juga dengan istilah Second Generation Enhanched, yaitu suatu standar yang berada di antara 2G dan 3G. 2G ini merupakan fitur utama dari teknologi GSM seperti GPRS, HSCSD dan EDGE, voice mail, faksimili, mengirim dan menerima e-mail, serta juga akses situs internet.

Sedangkan fitur untuk CDMA ada yang lebih lengkap lagi, yaitu dengan kemampuan video streaming untuk menonton televisi, download file-file video, serta juga tampilan video arus lalu-lintas secara real time.

3G

Disebut juga sebagai third generation, ini merupakan teknologi yang menambah kemampuan di dalam layanan akses ke situs web, video interaktif, dengan kualitas suara yang jernih, hingga teknologi kamera video yang diintegrasikan ke dalam handphone. Jenis-jenis teknologi 3G diantaranya; W-CDMA (UMTS), CDMA2000 1x-ev, TDS-CDMA dan TD-CDMA.

3,5G

Di atas 3G, inilah teknologi seluler yang memberikan tambahan kemampuan teknologi di dalam kecepatan akses data. Di GSM, jenis teknologi ini bernama HSDPA yang menawarkan akses data berkecepatan tinggi hingga 14,4 mbps atau 5 mhz, dan HSUPA yang mampu melakukan transfer data berkecepatan hingga 5,8 mbps. Sedangkan di CDMA bernama Ev-Do, yang menawarkan kecepatan hingga 3,1 mbps atau 1,25 mhz.

ADSL

Merupakan singkatan dari Asymentric Digital Subscriber Line, yaitu suatu teknologi akses internet berkecepatan tinggi dengan memanfaatkan jaringan kabel serat optik.

Airtime

Durasi atau lamanya waktu panggilan telepon yang dihitung sejak saat seseorang melakukan panggilan (terhubung) hingga saat menutup telepon (memutuskan sambungan / hubungan).

AMPS

Merupakan singkatan dari Advanced Mobile Phone Service, yaitu suatu sistem telepon seluler analog yang dialokasikan pada band 800 MHz. Di dalam operasinya, AMPS ini menggunakan sepasang frekuensi. Satu untuk mengirim, dan satu lagi untuk menerima, yang berfungsi mencegah interferensi antara satu dengan yang lainnya.

Battery/Baterai

Alat penyuplai daya bagi ponsel yang dapat diisi (charge) ulang. Nickel Metal Hydride (NiMH), jenis yang digunakan dalam baterai ponsel, memiliki berat yang sangat ringan namun memiliki kapasitas besar dan bisa diisi ulang (recharged) dalam waktu yang relatif singkat.

Battery Status/Battery Charge Display

Keterangan atau indikasi di layar ponsel yang menunjukkan jumlah energi baterai yang tersisa di ponsel.

BIT

Bit merupakan kependekan dari binary digit, yaitu suatu unit yang paling kecil dari informasi digital pada bidang elektronika di dalam melakukan proses optis informasi, storage atau sistem transmisi.

Bluetooth

Bluetooth adalah suatu sarana atau media teknologi data nirkabel pada piranti elektronika untuk menghubungkan suatu piranti elektronika dengan satu atau sejumlah piranti elektronika yang lain, yang memungkinkan transmisi data tanpa kabel (wireless) di antara peralatan-peralatan seperti ponsel, komputer atau PDA.

Nama bluetooth ini diambil dari nama raja Denmark jaman dahulu, Harald Bluetooth. Bluetooth memungkinkan kita mengirim dan berbagi data dengan peralatan lainnya meski dalam jarak yang cukup jauh, rata-rata mampu mencapai sepuluh meter. Saat ini bahkan telah ada teknologi bluetooth yang mampu mencapai jarak hingga tiga ratus meter.

Baca lanjutannya: Kamus Istilah Ponsel (2)

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.