Yuk, Menghemat Uang Sambil Menyelamatkan Bumi

Menghemat Uang Sambil Menyelamatkan Bumi

BIBLIOTIKA - Karena masyarakat pada jaman sekarang begitu menyukai bahkan tergila-gila pada segala sesuatu yang instan, maka para produsen pun memanfaatkan kecenderungan itu dengan menciptakan barang-barang yang disebut sebagai ‘barang sekali pakai’. Barang-barang jenis ini bisa berbentuk macam-macam, dan Anda tentu sudah tahu contoh-contohnya.

Di luar negeri saat ini bahkan telah ada ponsel atau telepon genggam yang sekali pakai, dan barang itu pun, cepat atau lambat, pasti akan sampai pula di negara kita ini.

Kalau mau menggunakan skala kemudahan, maka barang-barang yang sekali pakai itu tentu saja begitu praktis, sebagaimana barang-barang yang bersifat instan lainnya. Namun kalau mau menggunakan skala keuntungan, maka barang-barang semacam itu sangat memboroskan uang kita karena meskipun mungkin harganya terkesan murah, namun sesungguhnya akan menjadi lebih mahal karena kita harus membelinya lagi setelah barang sebelumnya terbuang.

Sebenarnya, kalau kita mau lebih cermat, ada cukup banyak barang tertentu yang dapat digunakan secara terus-menerus meskipun kesannya merupakan barang sekali pakai. Spidol, misalnya.

Ada jenis-jenis spidol tertentu yang dapat diisi ulang, sehingga kita tidak perlu membeli spidol baru ketika spidol tersebut isinya sudah habis, dan kita hanya perlu mengisinya kembali. Sabun cair juga banyak yang menyediakan produk yang dapat diisi ulang sehingga kita dapat membeli produk isi ulangnya saja yang harganya jauh lebih murah.

Barang-barang yang menjadi contoh di atas itu hanya sebagian kecil dari barang-barang lain yang juga sesungguhnya dapat diisi ulang, sekaligus juga tersedia produk isi ulangnya.

Biasanya, barang-barang jenis ini terbuat dari bahan plastik. Sehingga, kalau kita mau berhemat dengan melakukan pengisian ulang, kita bukan hanya akan menghemat pengeluaran kita, namun juga akan mengurangi sampah plastik yang selama ini telah menjadi ‘masalah internasional’.

Sebagaimana yang Anda tahu, sampah plastik yang tergolong sebagai sampah non-organik ini telah menjadi masalah dunia yang tak henti-hentinya dipersoalkan dewasa ini. Bayangkan, jika seluruh sampah plastik yang ada di planet ini dikumpulkan dan dijajar sambung-menyambung, maka panjangnya bisa melingkari bumi kita tiga kali!

Karenanya badan-badan internasional terus menghimbau agar produk-produk yang melibatkan plastik juga diciptakan produk isi ulangnya. Selain akan lebih hemat, juga akan mengurangi jumlah sampah plastik.

Jadi, selamatkan kantong Anda, selamatkan bumi kita!

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.