Yang Perlu Anda Tahu Seputar 3G (Third Generation)

Yang Perlu Anda Tahu Seputar 3G (Third Generation)

BIBLIOTIKA - Pada saat ini, hampir bisa dikatakan bahwa tidak ada teknologi yang paling menjanjikan selain teknologi seluler. Teknologi yang sangat mendukung kegiatan berkomunikasi tanpa kabel ini bisa diaplikaskan secara luas; sebagai sarana berkomunikasi secara pribadi dalam bentuk handphone atau telepon genggam, televisi, komputer, hingga akses komunikasi di dalam mobil yang masing-masing dapat terintegrasi.

Dengan handphone yang kita miliki, misalnya, kita dapat melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari bertelepon sambil melihat wajah masing-masing melalui layar handphone, membaca berita atau artikel dari internet, hingga melakukan teleconference atau konferensi jarak jauh.

Teknologi itu kini terus dikembangkan. Apabila pada saat ini orang hanya bisa melihat skor pertandingan dalam bentuk teks yang statis dan tanpa grafis, maka pada saatnya nanti skor pertandingan itu dapat dilihat secara lebih hidup. Akan ada grafik yang bergerak-gerak dengan latar belakang cuplikan pertandingan, dan lainnya.

Apabila saat ini kita hanya dapat melihat informasi cuaca dengan grafik yang seadanya, maka beberapa tahun lagi informasi mengenai cuaca tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk peta. Kita tinggal mengklik wilayah mana di dunia ini yang akan turun hujan atau sedang panas, dengan grafik hidup seperti gambar video.

Pada saat ini, dengan infrastruktur yang telah ada, kualitas pengiriman data yang digunakan untuk gelombang handphone baru sekitar 9,6 kbps dan modem internet hanya mampu menyajikan kecepatan pengiriman data sebesar 56 kbps.

Dalam bahasa yang sederhana, dengan kemampuan sebesar itu, untuk mengirim suara saja masih sering tersendat-sendat sehingga tidak mampu untuk mengirim gambar dan grafis dengan data yang besar. Apabila dipaksakan untuk mengirim gambar visual, maka gambar dan grafis yang ditampilkannya menjadi kurang jelas dan bahkan tampilannya bisa timbul tenggelam.

Grafis dan gambar hidup menjadi kunci bagi teknologi masa depan, khususnya ketika teknologi yang telah ada belum sanggup mendukungnya. Untuk dapat memperoleh gambar yang hidup seperti untuk video streaming, dibutuhkan kecepatan pengiriman data minimal 100 kilo bit per-second (kbps) dan hal itu akan terwujud secara meluas di dunia dengan melalui teknologi yang disebut sebagai generasi ketiga atau 3G.

Teknologi yang mutakhir ini menjanjikan kualitas pengiriman data yang jauh lebih baik, minimal 144 kbps. Itu tentunya sangat cukup untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik.

Untuk itu, teknologi GSM (Global Standard for Mobile Communications) akan dikembangkan menjadi W-CDMA (Wideband Code Division Miltiple Access). Untuk wilayah Amerika, jaringan CDMA (Code Division Multiple Access) seperti yang dioperasikan Sprint dan GTE, akan melirik WCDMA.

Sistem ini dianggap paling cocok untuk Amerika, karena infrastruktur yang tersedia telah mendukung untuk itu. Sedangkan sistem TDMA (Time Division Multiple Access) yang digunakan oleh AT&T dan Southwestern Bell, akan menggunakan teknologi baru EDGE (Enhanched Data Rates for Global Evolution).

Seiring dengan diluncurkannya teknologi 3G, sejumlah perusahaan juga mengembangkan teknologi jaringan baru yang berbasis teknologi sebelumnya. Teknologi baru itu adalah EDGE, 1XRTT dan GPRS. Ketiga jenis teknologi ini sama-sama menjanjikan kecepatan yang lebih baik dibandingkan teknologi generasi kedua, tetapi memang belum sehebat teknologi generasi ketiga. Karena itu, ketiga teknologi itu disebut sebagai teknologi generasi 2,5 atau 2,5G.

1XRTT (Stands for 1st eXpansion Radio Telephone Technology) merupakan teknologi lanjutan dari CDMA. Teknologi ini akan diaplikasi secara penuh dan akan meningkatkan pengiriman data hingga 144 kbps dengan menggunakan saluran DSL. Spesifikasi itu menunjukkan bahwa teknologi ini mampu meningkatkan kecepatan hingga sepuluh kali lipat dibanding teknologi yang pada waktu sebelumnya digunakan oleh masyarakat di dunia.

Setingkat di bawahnya, adalah GPRS. Teknologi ini merupakan evolusi dari sistem GSM yang sedang dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia. Teknologi yang satu ini menjanjikan pengiriman data dengan tingkat kecepatan hingga 100 kbps.

Sedangkan EDGE (Enhanced Data Rates for Global Evolution) adalah teknologi yang paling menjanjikan. Teknologi yang satu ini menjanjikan kecepatan pengiriman data hingga mendekati 384 kbps. Teknologi ini merupakan evolusi dari TDMA yang digunakan oleh AT&T dan Singular.

Dengan teknologi ini, kemampuan browsing internet pun menjadi jauh meningkat. Pada saat teknologi ini diluncurkan, pada umumnya internet sebagian besar browsernya menggunakan versi 3.1 yang menjadi standar untuk pengiriman teks WML.

Grafik juga sudah dapat ditransmisikan melalui jalur internet. Versi 4.1 akan memungkinkan untuk penggunaan grafik dan pada masa yang akan datang akan lebih meningkat lagi penggunaannya, seperti video streaming, program animasi dan sound stereo.

Teknologi masa depan itu juga akan meningkatkan kemampuan pelayanan informasi. Pelayanan cuaca otomatis, misalnya, dapat terintegrasi dengan peta dan gambar hidup lain, sehingga tampilannya lebih atraktif.

Skor lomba yang semula hanya berupa teks, misalnya, pada masanya nanti akan berupa cuplikan video. Begitu pula dengan situasi kemacetan kota, data finansial dan lain sebagainya, dapat ditampilkan seperti gambar video dan sangat mungkin diakses dari handphone.

Kemampuan teknologi 2G hanya bisa digunakan untuk mengakses internet secara terbatas melalui WAP. Berbagai fasilitas yang dapat digunakan pada teknologi 2G masih terbatas pada teks, bahkan komunikasi WAP yang dianggap paling modern pada waktu itu pun masih tersendat-sendat.

Akses WAP akan menjadi lebih baik apabila menggunakan teknologi GPRS ataupun HSCD. Sebab, teknologi tersebut dapat meningkatkan kecepatan sampai 50 kbps. Teknologi itu juga memungkinkan dikirimkannya attachment pada e-mail dan gambar-gambar diam.

Dan WAP akan lebih sempurna lagi dengan penggunaan teknologi 3G, yang pada fase pertamanya dapat mendapat kecepatan hingga 2 Mbps (2000 kbps). Hasilnya, selain proses download menjadi semakin cepat, juga sudah memungkinkan dilakukannya pertukaran data video dengan kualitas yang lebih baik.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.