Yang Harus Dilakukan Setelah Wawancara Kerja

Yang Harus Dilakukan Setelah Wawancara Kerja

BIBLIOTIKA - Wawancara kerja atau tes interviu bukanlah akhir segalanya, begitu pula bukan berarti bahwa perjuangan kita dalam mencari dan meraih suatu pekerjaan sudah usai. Memang, dipanggil untuk mengikuti tes interviu atau wawancara dengan pihak perusahaan sudah menunjukkan bahwa kita memiliki kualifikasi yang telah mereka pertimbangkan, yang mereka anggap layak untuk dpanggil dalam wawancara.

Karena, sebagaimana yang kita tahu, tidak semua pelamar kerja dalam suatu perusahaan akan dipanggil wawancara; hanya para pelamar yang memenuhi kualifikasi dan syarat tertentu yang mereka tetapkan saja yang akan diundang untuk sesi khusus ini.

Namun, sekali lagi, selesainya acara interviu atau wawancara bukanlah akhir dari perjuangan kita. Ketika acara wawancara telah usai, biasanya kita akan diberi janji untuk dihubungi oleh pihak perusahaan dalam waktu dekat (bisa dalam hitungan hari, minggu atau bulan). Tetapi tidak jarang janji seperti itu tidak diberikan, dalam arti; pihak perusahaan tidak menjanjikan kapan akan menghubungi kita kembali.

Jika perusahaan menjanjikan akan menghubungi kita, katakan bahwa kita akan menunggunya dengan senang hati. Namun jika seusai acara wawancara itu pihak perusahaan tidak memberikan janji mengenai kapan akan menghubungi kita, sebaiknya mintalah nomor telepon yang dapat dihubungi (di perusahaan itu), dan siapa yang sekiranya dapat dihubungi apabila kita ingin menanyakan hasil dari tes wawancara tersebut.

Nah, apa yang harus kita lakukan apabila setelah wawancara kita tak pernah lagi mendapatkan informasi atau panggilan dari pihak perusahaan?

Langkah yang bijak adalah dengan menunggunya selama dalam waktu yang setidaknya cukup untuk mulai menanyakannya. Tunggulah selama kurang lebih 2 (dua) minggu setelah acara wawancara itu, dan apabila pihak perusahaan tetap belum juga menghubungi, cobalah menelepon ke perusahaan itu dan minta bertemu dengan divisi HRD-nya, atau dengan orang yang telah mewawancarai kita, atau petugas yang telah direkomendasikan ketika kita menanyakannya pada usai wawancara itu.

Jangan merasa ragu atau takut untuk melakukan hal ini, karena tentu saja kita punya hak untuk menanyakan hal tersebut. Pihak perusahaan pun tentunya akan maklum jika kita menanyakan hal itu. Lebih dari itu, menanyakan kabar kepastian dan kelanjutan proses lamaran kita dalam waktu dua minggu atau lebih setelah acara wawancara adalah sesuatu yang etis dan cukup sopan.

Nah, ketika menerima pertanyaan menyangkut hasil wawancara tersebut, biasanya pihak perusahaan akan memiliki beberapa jawaban.

Jawaban pertama biasanya kurang lebih seperti ini, “Kami telah menyimpan hasil tes Anda dalam database perusahaan kami, dan sewaktu-waktu diperlukan, kami akan menghubungi Anda.”

Jika jawaban yang kita peroleh seperti itu (atau kurang lebihnya seperti itu), maka itu berarti bahwa untuk saat ini pihak perusahaan belum bisa memanggil (mempekerjakan) kita. Mungkin ada orang lain / pelamar lain yang lebih baik dan lebih berkualifikasi dibanding kita. Itu adalah jawaban penolakan yang disampaikan secara halus.

Namun jangan buru-buru berkecil hati. Bisa saja jawaban itu merupakan indikasi bahwa mereka memang menyimpan database kita, dan apabila sewaktu-waktu mereka membutuhkan seorang pekerja / karyawan baru, dan membutuhkan seseorang dengan kualifikasi yang kita miliki, mereka pun akan memanggil kita.

Yang jelas, pihak perusahaan telah mengenal kita (melalui surat lamaran sampai sesi wawancara), dan mereka telah tahu betul bagaimana kualitas serta potensi yang kita miliki. Ini cukup dijadikan dasar bagi kita untuk percaya bahwa mereka akan memanggil kita jika mereka membutuhkan.

Jadi, jika kita menghadapi jawaban semacam itu, langkah yang bijak adalah tetap berbesar hati, tetap menaruh harapan pada perusahaan tersebut, namun jangan berhenti. Sekarang, cobalah mengirimkan surat lamaran lain ke perusahaan lain yang mungkin saja cocok dengan kualifikasi yang kita miliki.

Nah, jawaban kedua yang mungkin diberikan oleh pihak perusahaan ketika kita meneleponnya adalah kira-kira seperti ini, “Anda memang memiliki kualifikasi yang kami butuhkan, dan kami akan memanggil Anda pada tanggal...”

Ini adalah jawaban yang memberikan kepastian, dan kemungkinan besar kita akan diterima bekerja di perusahaan tersebut. Mungkin saja pihak perusahaan belum sempat menghubungi kita karena ada hal-hal lain atau kepentingan lain yang masih mereka urusi. Tapi yang jelas, dengan jawaban yang pasti semacam itu, kita bisa menunggu kabar selanjutnya atau panggilan kerja dari mereka.

Sekedar catatan tambahan; masing-masing perusahaan memiliki waktu yang berlainan dalam menentukan dan memproses hasil tes wawancara dengan para pelamar kerja di tempatnya. Ada yang membutuhkan waktu cepat, ada pula yang sampai membutuhkan waktu cukup lama (sampai berbulan-bulan). Di sini kita memerlukan kesabaran dan pengertian dalam menghadapi ritme kerja yang berbeda semacam itu.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.