Tips Sukses Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN)

Tips Sukses Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN)

BIBLIOTIKA - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UMPTN/SMPTN adalah ujian masuk ke perguruan tinggi negeri. Diadakannya UMPTN/SMPTN adalah karena jumlah kursi yang tersedia dan jumlah peminatnya tidak seimbang, sehingga harus dilakukan seleksi untuk mendapatkan yang terbaik. Dalam proses seleksi itulah kemudian diadakan UMPTN/SMPTN, untuk menyaring calon-calon mahasiswa yang dianggap terbaik.

Menghadapi UMPTN/SMPTN bisa saja membuat kita jadi deg-degan atau tidak percaya diri. Ketika mengikuti UMPTN/SMPTN, bisa saja kita bersaing dengan ribuan orang lain yang juga sama-sama menginginkan masuk ke suatu perguruan tinggi. Biasanya, makin favorit fakultas atau perguruan tingginya, semakin besar pula tingkat persaingannya karena semakin banyak yang menginginkannya.

Pada tahun 2007, misalnya, fakultas kedokteran di UGM diperebutkan oleh 13.000 (tiga belas ribu) peserta UMPTN/SMPTN, padahal kursi yang tersedia di fakultas itu hanya ada 100 (seratus) saja. Perbandingan semacam ini tentunya sangat besar dan persaingan pun jadi semakin ketat.

Karenanya, diperlukan tips dan trik tersendiri agar kita bisa lebih memiliki kans atau kemungkinan untuk berhasil dan sukses dalam UMPTN/SMPTN agar dapat masuk ke fakultas atau perguruan tinggi favorit yang kita inginkan.

Buatlah jadwal belajar yang teratur

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, tingkat persaingan dalam UMPTN/SMPTN bisa sangat ketat. Karenanya, masing-masing orang yang ikut dalam UMPTN/SMPTN pastilah sangat ketat pula dalam belajarnya, dengan tujuan agar bisa lolos dan masuk dalam ujian tersebut. Karenanya pula, tidak ada jalan lain bagi kita untuk juga ikut belajar dengan sama baik dan sama giatnya. Dan dalam proses itu, kita perlu membuat jadwal belajar yang baik dan teratur.

Tetapi, membuat jadwal belajar yang baik saja tidak cukup. Yang lebih penting dari jadwal yang baik adalah mematuhinya dengan sama baiknya. Karena, apa gunanya memiliki jadwal yang baik kalau kita tak mampu memenuhi jadwal tersebut.

Dengan jadwal yang baik dan proses belajar yang juga baik, maka kita bisa berharap dapat mengikuti UMPTN/SMPTN dengan sama baiknya pula, dan sukses menjadi salah satu yang lulus.

Ikutilah bimbingan belajar yang mendukung

Ada beberapa lembaga bimbingan belajar yang secara khusus memberikan bimbingan atau try out yang memfokuskan diri pada proses belajar dalam menghadapi UMPTN/SMPTN. Kita bisa masuk ke lembaga bimbingan belajar semacam itu untuk mendapatkan bimbingan, pelatihan serta proses pembelajaran yang lebih baik dalam upaya untuk sukses dalam UMPTN/SMPTN.

Dengan mengikuti bimbingan belajar semacam itu, kita akan lebih terarah, karena lembaga bimbingan belajar itu pastinya akan lebih tahu dalam hal bagaimana menyiapkan anak didiknya dalam menghadapi UMPTN/SMPTN—khususnya lembaga-lembaga bimbingan belajar yang memang profesional.

Karenanya, kalau kita bisa menemukan suatu lembaga bimbingan belajar yang baik dan profesional semacam itu, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya. Sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk itu pastilah akan tertebus jika kita berhasil lolos UMPTN/SMPTN dan mauk ke fakultas atau perguruan tinggi yang kita inginkan.

Pelajari soal-soal UMPTN / SMPTN

Soal-soal UMPTN/SMPTN tahun lalu dapat kita gunakan sebagai materi untuk belajar dalam menghadap UMPTN/SMPTN tahun ini. Karena, meski mungkin isi soalnya berbeda, soal-soal yang ada di tahun lalu bisa saja tak jauh beda secara esensinya dengan soal-soal di tahun ini. Perkembangan atau perbedaan yang terjadi bisa saja hanya pada susunan kata atau gramatikanya, namun tidak pada isi atau esensinya.

Karenanya, langkah yang bagus untuk dapat menghadapi ujian UMPTN/SMPTN tahun ini adalah mempelajari soal-soal UMPTN/SMPTN tahun lalu. Dengan cara ini, setidaknya kita akan tahu dan memiliki pegangan dalam memperkirakan soal-soal seperti apa saja yang sekiranya akan keluar pada UMPTN/SMPTN tahun ini yang akan kita hadapi.

Rajin-rajinlah mengumpulkan materi soal

Pada saat ini, internet menyediakan apa saja yang kita butuhkan, termasuk berkas-berkas soal UMPTN/SMPTN yang pernah diujikan. Karenanya, jangan malas untuk mencarinya. Dapatkan soal-soal UMPTN/SMPTN sebanyak-banyaknya.

Jika kita bisa mendapatkan soal-soal UMPTN/SMPTN tahun lalu, itu bagus. Namun mendapatkan soal-soal UMPTN/SMPTN di tahun-tahun yang telah cukup lama juga dapat dijadikan sebagai bahan-bahan belajar yang menguntungkan. Intinya, semakin banyak persiapan yang telah kita lakukan, semakin siap pula kita dalam menghadapi UMPTN/SMPTN yang akan kita jalani.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.