Tips Sukses Belajar secara Online

Tips Sukses Belajar secara Online

BIBLIOTIKA - Pada saat ini banyak ditawarkan metode belajar secara online, dimana guru (tutor) dan siswa tidak bertemu secara langsung atau tatap muka, melainkan dihubungkan oleh perangkat komputer dan internet. Aktivitas belajar secara online memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aktivitas belajar konvensional (dalam kelas), misalnya keleluasaan waktu dan tempat, serta lebih pribadi.

Namun, meski begitu, aktivitas belajar secara online bisa pula sia-sia jika tidak diikuti secara baik. Kelebihan yang dimilikinya, sebagaimana yang disebutkan di atas, ada kalanya malah menjadi bumerang ketika hal itu tidak dimanfaatkan secara baik, tetapi malah dijadikan sebagai kesempatan untuk malas-malasan. Karenanya, kalau kamu tertarik untuk mengikuti aktivitas belajar secara online, berikut ini tip yang bisa diikuti agar aktivitas belajar tersebut efektif dan berhasil dengan baik.

Manfaatkan konferensi online

Di dalam aktivitas belajar secara online, selalu ada waktu-waktu pertemuan, yang disebut konferensi, secara online. Waktu konferensi ini bisa diumpamakan dengan pertemuan antara guru dan semua murid di dalam kelas. Karenanya, waktu konferensi ini pun biasanya ditetapkan jadwalnya secara pasti, agar semua murid dapat mengikutinya. Berbeda dengan pertemuan di kelas yang murid-muridnya biasanya berasal dari satu lingkungan tertentu, pertemuan dalam konferensi online itu akan mempertemukan murid-murid dari berbagai wilayah berbeda, yang terkadang saling berjauhan.

Kalau kamu mengikuti aktivitas belajar secara online, usahakan untuk selalu rutin mengikuti acara konferensi tersebut, agar selalu tahu topik apa yang sedang dibicarakan atau didiskusikan dalam pertemuan belajar tersebut. Selain itu, mengikuti pertemuan tersebut akan memberimu kesempatan untuk menimba pengalaman dari mereka-mereka yang telah terlebih dulu mengikuti aktivitas belajar secara online. Pendeknya, kamu akan mendapatkan cukup banyak manfaat dari hal tersebut.

Berpartisipasilah secara aktif

Salah satu keuntungan terbesar dari belajar secara online adalah kamu tidak perlu merasa dihantui ketakutan seperti umumnya belajar di dalam kelas. Di sini tidak ada guru yang akan menghukum, juga tidak ada kawan-kawan yang akan mengejek atau menatap dengan pandangan aneh sehingga membuatmu malu. Bahkan mereka tidak akan memperhatikan gerak-gerikmu, sehingga kamu mendapatkan kebebasan serta keleluasaan.

Berbeda dengan aktivitas belajar di dalam kelas yang mengharuskan pertemuan secara langsung, belajar secara online memberikan ruang pribadi yang lebih leluasa. Di dalam aktivitas tersebut, kamu tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan guru ataupun kawan-kawan belajarmu. Karenanya, manfaatkan hal ini dengan membiasakan diri untuk selalu rajin berpartisipasi dalam aktivitas belajar itu.

Hindari bersikap pasif selama kegiatan belajar berlangsung. Cobalah untuk selalu aktif mengambil bagian, entah dalam bentuk rembug gagasan, menyampaikan pandangan dan pendapat, ataupun menanyakan hal-hal yang masih belum kamu pahami. Dengan cara seperti itu, kamu akan dapat menyerap sebanyak mungkin pengetahuan yang kamu butuhkan dalam aktivitas belajar tersebut. Yang lebih menyenangkan, semuanya itu dapat kamu lakukan tanpa khawatir merasa malu, karena guru atau kawan-kawanmu tidak melihatmu secara langsung.

Ikuti semua program dengan serius

Belajar secara online memang memberikan kebebasan serta keleluasaan, dan ini biasanya menjadi godaan untuk main-main atau tidak serius dalam mengikuti aktivitas belajar yang ada. Hindari melakukan hal semacam itu. Sebagaimana proses belajar di kelas, kesuksesan dari aktivitas belajar secara online juga ditentukan dari tingkat keseriusan dan kesungguhanmu dalam belajar. Usahakan untuk mengikuti semua program belajar yang ditawarkan dalam kegiatan belajar tersebut, dan lakukanlah dengan sungguh-sungguh.

Akan lebih bagus kalau kegiatan belajar melalui online yang kamu lakukan tersebut telah diketahui oleh orang tua atau keluargamu, sehingga mereka dapat memberikan dukungan yang diperlukan, atau setidaknya mengingatkanmu apabila kamu mulai malas-malasan.

Selain itu, keberadaan ruang belajar tersendiri juga akan membuatmu semakin berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar tersebut. Jika memungkinkan, ambillah satu ruang tersendiri di rumah yang secara khusus digunakan untuk aktivitas itu, sehingga kegiatanmu belajar tidak terganggu oleh aktivitas lain yang sedang terjadi di rumah. Atau, bisa pula kamu gunakan kamar tidurmu untuk belajar. Pindahkan saja komputer ke kamar, dan nikmatilah aktivitas belajar secara online di kamarmu yang tenang.

Lakukan hubungan dengan teman-teman

Seperti yang telah disinggung di atas, aktivitas belajar secara online akan mempertemukan banyak orang dari berbagai wilayah yang terkadang berjauhan. Bahkan tidak jarang ada murid-murid yang berasal dari negara yang berbeda. Manfaatkan hal itu dengan berhubungan dan berkomunikasi dengan mereka, entah lewat chatting atau email. Kamu bisa mendiskusikan banyak hal menyangkut pelajaran yang diterima bersama kawan-kawanmu.

Komunikasi antar siswa dalam kegiatan belajar secara online tidak hanya akan menambah kawan baru yang memiliki aktivitas yang sama, melainkan juga akan memberimu banyak pengalaman baru. Masing-masing orang biasanya memiliki cara belajar efektif yang berbeda, dan kamu bisa menimba pengalaman dari mereka.

Pastikan log on setiap hari

Dalam satu minggu, usahakan untuk mengikuti pertemuan atau konferensi setidaknya lima atau enam kali. Tidak jauh beda dengan aktivitas belajar di kelas secara langsung, membolos dari pertemuan akan membuatmu jadi “tidak nyambung” atau ketinggalan dengan materi pelajaran yang diajarkan.

Dengan rajin mengikuti konferensi, kamu akan selalu dapat mengikuti perkembangan pelajaran yang kamu ikuti, mendapatkan komentar balik atas semua gagasan atau pandangan yang pernah kamu berikan ke forum, baik dari sesama siswa ataupun dari tutor atau instruktur online.

Sebaliknya, malas mengikuti konferensi akan membuatmu ketinggalan. Semakin banyak kamu membolos, semakin banyak pula yang tidak kamu ketahui, dan pada akhirnya kamu bisa saja tertinggal jauh dari kawan-kawanmu.

Bicaralah bila kamu punya masalah

Aktivitas belajar secara online tidak mempertemukanmu secara langsung dengan tutor atau instrukturmu, karenanya dia pun tidak bisa melihatmu. Untuk itu, kamu harus aktif dan bicara secara terbuka apabila punya masalah yang berhubungan dengan materi yang sedang dibahas dalam konferensi.

Tanpa bicara dan berupaya untuk menyampaikan masalah yang kamu hadapi, intruksturmu tidak akan tahu apakah kamu punya kesulitan dalam memahami materi pelajaran, atau bahkan apakah kamu keliru dalam memahaminya.

Tetap santun dan hargai orang lain

Tidak adanya pertemuan secara langsung bukan berarti kamu bisa bebas berlaku tidak sopan. Meskipun aktivitas belajar secara online tidak dilakukan secara tatap muka, namun kamu tetap perlu menjaga etika dan sopan-santun.

Yang perlu diingat dalam hal ini adalah, meski kamu berhubungan melalui komputer dan internet, namun kamu tetap berurusan dengan manusia, dengan orang lain. Kalau kamu bersikap dan menghadapi mereka dengan santun, mereka pun akan memperlakukanmu dengan sikap yang sama.

Namun apabila kamu bersikap seenaknya, teman-teman belajarmu akan menjaga jarak atau menutup diri darimu, dan instrukturmu bahkan bisa jadi menutup akses informasi penting hanya gara-gara jengkel dengan kelakuanmu.

Praktekkan yang telah kamu pelajari

Bisa jadi ini merupakan tip yang paling penting di antara semua tip yang telah disebutkan di atas. Agar aktivitas belajar secara online jadi efektif dan berhasil dengan baik, kamu perlu mempraktekkan semua yang telah kamu pelajari dalam kegiatan belajar tersebut. Karena tak ada gunanya menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya kalau kemudian hasilnya tidak dimanfaatkan dengan baik.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.