Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lain

Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lain

BIBLIOTIKA - Di sekolah, bahasa Inggris bisa dibilang sebagai pelajaran bahasa asing yang wajib dipelajari. Kalau dulu pelajaran bahasa Inggris mulai diberikan pada tingkat SMP atau SMA, maka sekarang bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan semenjak SD. Tetapi bahasa asing yang diajarkan di suatu sekolah terkadang tidak hanya bahasa Inggris saja. Di beberapa sekolah juga terkadang diajarkan bahasa asing lain, semisal bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Prancis dan lain-lain.

Kalau kamu termasuk orang yang mudah belajar bahasa asing, kamu patut bersyukur, karena tidak setiap orang dapat mudah menyerap pelajaran bahasa asing. Tetapi, kalau kamu termasuk orang yang agak kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, tip berikut ini akan banyak membantumu.

Siapkanlah kamus yang lengkap

Ketika mempelajari bahasa asing, modal pertama yang juga utama adalah buku kamus. Bisa dikatakan kalau kamus adalah buku yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang belajar bahasa asing. Hanya saja, karena buku kamus biasanya berukuran besar, tebal dan berat, orang pun jadi malas menggunakan kamus.

Ketika orang merasa malas membuka buku kamus yang tebal, biasanya yang akan digunakannya kemudian adalah kamus elektronik. Pada saat ini memang sudah ada software atau perangkat lunak yang berfungsi sama seperti kamus, yang juga dapat digunakan secara mudah dan praktis di komputer. Orang tinggal mengetikkan suatu kata atau kalimat tertentu dan kemudian akan dimunculkan artinya.

Yang menjadi masalah, kamus elektronik biasanya kurang komprehensif atau kurang lengkap dalam memberikan arti kosakata, sehingga tidak jarang arti yang diberikan malah keliru. Kamus elektronik memang sesuatu yang sangat bermanfaat sekaligus praktis dalam kebutuhan sehari-hari dalam hal penggunaan kata-kata asing, tetapi itu bukanlah alat terbaik dalam menunjang proses pembelajaran ketika kita baru mulai belajar suatu bahasa asing.

Karenanya, kalau kita baru belajar suatu bahasa asing, akan lebih baik jika kita menggunakan buku kamus sebagai pegangan. Sedang kamus elektronik dapat dijadikan sebagai semacam pelengkap yang praktis.

Buatlah kamus pribadi

Sebagaimana yang disebutkan di atas, besarnya ukuran buku kamus sering menjadikan orang merasa segan menggunakannya, atau setidaknya malas membawa-bawanya. Karena pertimbangan semacam itu, orang pun lalu beralih pada kamus berukuran kecil atau pocket dictionary dengan tujuan dapat membawa-bawa kamus itu dengan mudah.

Pilihan atas buku kamus kecil tentu saja bukanlah pilihan keliru, selama buku kamus tersebut disusun dan diterbitkan oleh penerbit yang terpercaya. Nah, untuk melengkapi kamus kecil itu, ada baiknya pula kamu membikin semacam kamus pribadi. Kamus kecil atau pocket dictionary biasanya telah diusahakan hanya menyusun kata-kata yang terkenal—tetapi kata-kata di dalam kamus itu belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu. Karenanya, untuk melengkapinya, kamu perlu memiliki kamus pribadi.

Apa yang dimaksud dengan kamus pribadi? Siapkanlah sebuah buku kecil, kemudian gunakan buku itu untuk mencatat kata-kata baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. Jadi, kalau kamu mendapati suatu kata baru dalam bahasa asing yang tengah kamu pelajari itu, catatlah dalam bukumu. Dengan cara seperti itu, kamus buatanmu itu bukan hanya akan ringkas dan praktis, tetapi juga akan sesuai dengan karakter pembelajaranmu.

Belajarlah dengan banyak media

Ketika mempelajari suatu bahasa asing tertentu, akan sangat membantu kalau kamu melengkapi proses pembelajaranmu dengan media-media yang memungkinkanmu semakin mudah dalam belajar bahasa asing itu. Untuk hal ini, kamu bisa menonton film di VCD atau DVD yang menggunakan bahasa asing tersebut, tanpa melihat teksnya.

Kamu juga bisa menguji pendengaranmu dengan mendengarkan musik-musik dari bahasa itu, lalu ujilah kemampuanmu dengan mencoba menuliskan teks liriknya. Setelah itu, lihat apakah kata-kata yang kamu tuliskan itu benar ataukah tidak dengan cara mencocokkannya.

Selain itu, kamu juga bisa memperkaya pembelajaranmu dengan cara membaca buku-buku atau koran-koran dalam bahasa asing tersebut. Kalau kamu merasa kesulitan mendapatkan itu, kamu bisa mencarinya di internet. Ada banyak situs yang menyediakan buku atau koran berbahasa asing tertentu yang dapat kamu unduh (download) secara gratis untuk kemudian kamu pelajari di layar komputermu.

Banyaklah berlatih menggunakannya

Unsur dasar dari tercapainya kesuksesan dalam hal apapun adalah rajin berlatih. Latihan yang dilakukan secara terus-menerus akan membuat seseorang akan menjadi semakin mahir dalam sesuatu yang tengah dipelajarinya. Begitu pula ketika kamu sedang dalam proses belajar suatu bahasa asing, kamu akan lebih mudah menguasainya jika kamu rajin berlatih menggunakannya.

Sering-seringlah menggunakan bahasa asing yang tengah kamu pelajari itu di berbagai kesempatan. Hal ini bagus dilakukan, bukan hanya untuk melatih lidahmu fasih mengucapkannya, tetapi juga untuk membiasakanmu berbicara dengan bahasa itu.

Karena kita hidup di negara yang menggunakan bahasa Indonesia, tentunya agak sulit untuk menemukan komunitas atau lingkungan yang menggunakan bahasa asing. Tetapi hal itu mudah diatasi jika kamu dan teman-temanmu yang sama-sama belajar bahasa asing itu sama-sama bersepakat untuk menggunakan bahasa itu dalam percakapan sehari-hari.

Buat saja perjanjian dengan teman-temanmu untuk bercakap-cakap menggunakan bahasa itu pada hari-hari tertentu, misalnya pada hari ketika ada pelajaran bahasa asing itu di kelas. Dari sejak kamu sampai di sekolah hingga akan pulang meninggalkan sekolah, gunakan bahasa asing itu sebagai bahasa percakapan di antara kalian. Dengan cara begitu, kemahiran berbahasa asing pun akan dapat meningkat dengan cepat.

Di Indonesia sendiri juga ada beberapa pondok pesantren yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari di antara para santrinya. Ada yang menggunakan bahasa Arab, atau juga bahasa Inggris. Karena adanya tuntutan semacam itu, mau tak mau santri-santri di pondok itu pun menjadi mahir dalam berbahasa asing. Nah, tentunya tidak keliru kalau kita juga mencontoh cara mereka.

Berpikirlah dalam bahasa itu

Ini bisa dibilang sebagai tip tersulit, tetapi ini merupakan tip yang akan membawamu pada kemahiran dalam suatu bahasa yang sedang kamu pelajari. Yakni berpikirlah dalam bahasa itu. Jika kamu sedang belajar bahasa Arab, misalnya, lengkapi pembelajaranmu dengan kamus Arab-Arab. Begitu pula ketika kamu belajar bahasa Prancis, gunakan pula kamus Prancis-Prancis.

Jika pada tahap awal kamu menggunakan kamus yang menggunakan arti bahasa Indonesia, sekaranglah saatnya kamu juga menggunakan kamus yang menggunakan bahasa yang sama dalam menjelaskan artinya. Sekali lagi, proses ini memang akan sedikit sulit, tetapi cara ini biasanya akan sangat mendorongmu untuk terus melatih diri hingga mahir dalam bahasa itu.

Para pakar bahasa asing meyakini bahwa apabila seseorang telah sampai pada tahap ini (mampu belajar dengan kamus bahasa asing dengan arti dari bahasa asing yang sama), berarti dia telah berhasil 80 persen. 20 persen sisanya tinggal latihan pengucapan dan pembiasaan diri melakukannya.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.