Tips Sederhana agar Belanja Lebih Hemat

Tips Sederhana agar Belanja Lebih Hemat

BIBLIOTIKA - Anda mungkin sudah menjadi pelanggan pada suatu tempat belanja tertentu; entah warung, toko ataupun supermarket. Anda berbelanja di tempat-tempat itu untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari semisal beras, gula, teh, sabun, pasta gigi, dan semacamnya. Apakah Anda yakin bahwa tempat belanja Anda adalah yang termurah?

Saya sendiri tidak pernah yakin akan hal itu. Dulu saya pernah menjadi pelanggan sebuah toko yang berada tak jauh dari rumah saya. Karena toko ini cukup besar, saya pikir kalau harga-harganya lebih murah dibanding toko-toko lainnya yang mungkin lebih kecil. Namun asumsi saya keliru.

Suatu hari, ketika saya tengah butuh belanja sesuatu, toko ini tutup dan saya pun terpaksa pergi ke toko lain yang juga tak terlalu jauh dari rumah saya. Di sana saya mendapati bahwa ternyata harga-harga barangnya lebih murah dibanding toko langganan saya. Tetapi saya tak berani berasumsi lagi kalau toko inilah yang termurah, karena bisa saja ternyata ada toko lain yang memberikan harga lebih murah.

Memang, selisih harga yang saya sebut ‘lebih murah’ di sini hanya berkisar ratusan rupiah. Namun, tahukah Anda, sebuah toko kecil bisa menjadi besar dan makin banyak memiliki pelanggan karena memberikan harga yang lebih murah sebesar ratusan rupiah itu, dan sebuah toko yang besar bisa saja menjadi bangkrut dan tutup karena kehilangan pelanggan hanya karena mengenakan harga yang ratusan rupiah lebih mahal.

Sebagaimana berartinya harga ratusan rupiah itu bagi keberlangsungan hidup sebuah toko, begitu pula halnya dengan kita kalau saja kita menabung atau mengumpulkan sisa ratusan rupiah itu, bukan?

Karenanya, cari dan temukan tempat berbelanja yang memberikan harga yang lebih murah. Barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari biasanya memiliki mutu dan kualitas yang sama, karena biasanya berbentuk barang-barang dari pabrik atau barang-barang jadi yang telah memiliki merek tertentu. Sabun merek A, misalnya, tentu saja memiliki kualitas yang sama dimana pun sabun itu dijual, tak peduli harganya lebih murah ataupun lebih mahal.

Namun, Anda tak perlu mencari toko atau tempat belanja yang sampai terlalu jauh dari rumah Anda. Karena, sebagaimana yang disinggung di atas, selisih harganya biasanya hanya berkisar ratusan rupiah. Kalau memang di ujung komplek rumah Anda sudah ada toko yang memberikan harga yang wajar, Anda tidak perlu menempuh jarak sampai lima kilometer hanya untuk membeli sabun!

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.