Tips Merawat dan Membersihkan Komputer

Tips Merawat dan Membersihkan Komputer

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, ternyata ada beberapa barang di sekitar kita yang juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan perawatan dan pembersihan komputer. Pernahkah Anda menyadari bahwa kamfer dan juga cairan pemutih (bleach) dapat digunakan untuk menjaga kebersihan dan perawatan komputer Anda? Nah, kalau Anda tertarik, berikut ini ulasannya.

Kamfer dan obat semprot anti serangga

Apakah CPU komputer Anda pernah dijadikan sebagai sarang semut? Sekilas, ini mungkin terdengar konyol, namun ada cukup banyak kasus semacam itu, yakni munculnya banyak semut yang bersarang di dalam CPU komputer, biasanya itu terjadi ketika komputer cukup lama tidak dinyalakan dan ternyata ada remah-remah makanan tertentu di dalamnya. Kadang-kadang pula semut bersarang di daerah monitor, di celah-celah drive seperti CD drive, floppy disk, harddisk, keyboard, bahkan di speaker.

Sekilas, mungkin itu tak terkesan berbahaya. Tetapi, jika keadaan semacam itu dibiarkan dan tidak diatasi, maka semut-semtu yang kecil itu pun akan dapat merusakkan komputer Anda.

Floppy drive atau CD drive atau bahkan harddisk akan dapat menjadi rusak karena para semut ini sangat menyukai membuat lubang pada bahan-bahan yang terbuat dari plastik. Bisa saja nantinya floppy drive komputer menjadi tidak rata, sementara harddisk dalam CPU akan dipenuhi cairan lengket hasil pekerjaan para semut ini.

Apabila hal semacam itu juga kebetulan terjadi pada CPU Anda, maka ada langkah antisipasi atau pencegahan untuk menghindarkan keadaan semacam itu lagi. Anda dapat memasukkan kamfer ke dalam casing CPU. Caranya dapat diletakkan begitu saja atau digantungkan di bagian atasnya. Cara ini akan mencegah semut untuk bersarang di dalam CPU.

Sedangkan obat semprot anti serangga bisa Anda semprotkan pada sisi luar casing, speaker, monitor dan bagian lainnya sehingga semut-semut pun akan menjauh dari komputer Anda.

Cairan pemutih atau bleach

Cairan pemutih ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan penutup hardware yang terbuat dari plastik, semisal casing plastik, speaker, bodi monitor, dan yang lainnya, yang berwarna putih. Caranya cukup mudah. Rendamlah benda yang ingin dibersihkan tersebut di dalam sebuah ember yang berisi air dan pemutih, kemudian tunggulah selama beberapa saat, antara 30 menit sampai satu jam.

Setelah itu, sikatlah dengan menggunakan sikat yang halus atau bisa pula dengan menggunakan sikat gigi atau sikat semir. Cara ini bagus untuk dilakukan pada benda seputar komputer yang sering berubah warna menjadi kekuningan. Tetapi, yang perlu diingat, benda-benda yang telah berusia lama atau tua biasanya tidak akan terlalu berubah meskipun telah dibersihkan dengan cara ini, namun hanya mampu mengurangi kadar warna kekuningannya. Itu artinya Anda memang harus rajin dan teratur melakukan perawatan ini.

Alkohol 70%

Yang dimaksudkan di sini adalah benar-benar alkohol yang berkadar 70%. Karena itu, alkohol dengan kadar yang lebih atau kurang dari 70% tidak dianjurkan. Nah, alkohol 70% ini dapat digunakan untuk beberapa perawatan komputer. Berikut ini uraiannya:

Dapat dimanfaatkan untuk membersihkan layar monitor komputer. Caranya adalah dengan meneteskan pada kain lap yang bersih dan halus, kemudian usapkan secara lembut dan perlahan ke layar monitor.

Bisa dimanfaatkan untuk menggantikan cairan pembersih pada disket cleaner ataupun CD ROM cleaner yang berfungsi untuk membersihkan drive yang kotor oleh debu yang ada di drive CD ROM ataupun floppy disk.

Selain itu, dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan CD. Caranya adalah dengan meneteskannya sedikit pada kain lap yang bersih, lalu usapkan secara lembut dengan cara memutar pada piringan CD yang akan dibersihkan.

Terakhir, alkohol 70% ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tangan yang biasanya berlepotan cairan tinta setelah menyuntikkan tinta printer ke dalam chartridge.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.