Tips Meningkatkan Performa Komputer

Tips Meningkatkan Performa Komputer

BIBLIOTIKA - Ketika kita memutuskan untuk membeli komputer baru, biasanya faktor pendorongnya adalah untuk mendapatkan komputer yang lebih cepat, sehingga kinerjanya bisa lebih maksimal.

Kalau memang itu yang kita inginkan, maka sebelum membeli komputer baru, sebaiknya kita mengetahui dulu apa yang menjadi penghambat (bottleneck) pada komputer lama kita. Apakah prosesornya cepat, tapi harddisknya kecil dan lambat? Atau RAM-nya terlalu kecil sehingga pertukaran data menjadi lambat?

Kalau begitu, tak ada salahnya untuk menunda pembelian komputer baru demi penghematan, tapi cukup meng-upgrade dan mengganti piranti lama yang menyebabkan komputer kita jadi lambat terhadap program-program software baru. Tapi, jika komponen komputer yang diganti terlalu banyak, dan keuangan di saku memang tidak mencukupi, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pembelian komputer baru.

Berikut ini adalah beberapa pedoman perlu tidaknya meng-upgrade atau mengganti piranti komputer Anda:

Memori

Bagi kebanyakan pengguna komputer, memori 128 MB sudah cukup. Tapi, umumnya direkomendasikan komputer dengan memori sampai 256 MB. Dan, jika Anda banyak bekerja dengan grafik, tambahlah memori sampai 256 MB atau kalau ada duit lebih, bisa membeli sampai 512 MB.

Tapi, kita harus tahu dulu tipe memori yang akan kita beli. Samakan dengan tipe memori yang sudah ada di komputer. Misalnya komputer Anda sudah punya memori merek A. Untuk penambahan memori, disarankan untuk membeli merek yang sama. Bila Anda membeli memori dengan merek B, dikhawatirkan salah satunya nanti tidak bekerja sehingga justru akan memperlambat komputer.

Harddisk

Ada dua alasan untuk meng-upgrade harddisk. Harddisk Anda terlalu lambat atau kapasitasnya terlalu kecil. Jika kecepatan putarnya hanya 5400 rpm (putaran permenit) atau lebih lambat dan ruang kosong harddisk telah habis terpakai, rasanya inilah waktu untuk mengganti harddisk.

Anda bisa membeli harddisk yang baru untuk mempercepat kinerja komputer Anda. Cara pemasangannya mudah. Tinggal memindah jumper dari master slave, kemudian install drive plus kabel dan hardware-nya.

Jika ingin mengganti harddisk atau ingin memindah isi harddisk yang lama ke yang baru, tinggal pasang harddisk baru tadi sebagai slave, kemudian kloning saja isinya dengan software macam Norton Ghost dari Symantec. Lalu cabut drive lama, set lagi jumper pada drive baru ke bagian master dan pindah drive baru tadi ke slot lama.

Kartu video

Jika komputer itu selain untuk mengetik juga digunakan untuk bermain game, maka Anda memerlukan kartu video yang bagus. Kartu video yang cuma 32 MB, perlu diganti ke 64 MB. Kalau ingin yang lebih asyik lagi, bisa ditambahkan sampai ke 128 MB atau lebih, kalau uang di saku Anda memang berlebih.

Kartu suara

Kalau ingin suara yang dihasilkan bisa lebih bagus, jangan mengandalkan kartu suara atau sound card apa adanya yang datang bersama komputer saat kita membelinya. Gantilah dengan kartu suara baru yang lebih baik demi kepuasan saat menggunakan game di komputer atau mendengarkan musik sembari mengetik.

Motherboard

Semua boleh digenjot. Semua boleh di-upgrade. Namun, performa akhir akan berpulang kepada CPU (Central Processing Unit). Kalau ingin meng-upgrade CPU, maka ada dua pilihan. Ganti saja semua motherboard atau ganti saja prosesor lama.

Mayoritas komputer yang ada sekarang biasanya memakai motherboard jenis ATX. Itu jenis standar yang memungkinkan banyak pemanufaktur memproduksi motherboard yang cocok dengan casing buatan pemanufaktur komputer lain.

Kalau ingin mengganti prosesor, tentukan prosesor yang ingin dibeli, kemudian pastikan (khusus untuk komputer lama ini) motherboardnya dapat mensupport prosesor tadi.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.