Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar

Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar

BIBLIOTIKA - Mengantuk itu manusiawi, karena siapapun terkadang mengantuk, baik karena kelelahan ataupun juga karena bosan. Mengantuk bisa terjadi pada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Bahkan ketika menyetir di jalan raya pun orang terkadang juga mengantuk hingga mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan.

Mengapa orang bisa mengantuk? Secara ilmiah, mengantuk terjadi karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam otak. Jadi, secara mudahnya, orang mengantuk karena darah yang mengalir ke otak kurang lancar, sehingga darah tidak menjadi optimal dalam membawa oksigen bagi otak, yang mengakibatkan otak tak lagi bisa “menyala” karena kekurangan oksigen.

Nah, mengantuk juga bisa terjadi ketika seseorang sedang belajar, baik ketika sedang belajar sendiri di rumah ataupun ketika sedang belajar di kelas. Mengantuk yang sesekali terjadi tentu saja bisa dimaklumi. Tetapi jika setiap kali belajar selalu saja mengantuk, hal semacam itu tentu perlu diantisipasi. Ada kalanya pula orang mengantuk ketika sedang belajar, padahal besok pagi dia harus ujian. Bagaimana mengatasi keadaan semacam itu?

Tip berikut ini akan memberikan resep dalam hal mengatasi kantuk selama belajar, sehingga kamu akan selalu merasa segar ketika sedang belajar.

Duduklah dalam posisi tegak

Membaca atau mempelajari buku sambil menyandar, apalagi kalau posisinya hampir seperti orang tiduran, biasanya akan cepat membuat orang mengantuk. Begitu pula ketika orang membaca atau menulis dengan posisi menunduk, atau sangat menunduk, juga akan cepat membuat orang merasa lelah dan mengantuk. Mengapa? Karena ketika posisi tubuh tidak lurus dalam waktu yang cukup lama, maka pembuluh-pembuluh darah yang terhubung ke otak akan mengalami penyempitan sehingga suplai oksigen ke otak akan jadi terhambat.

Ingat, mengantuk disebabkan karena kurangnya suplai oksigen yang dibawa darah ke otak. Karenanya, agar otak selalu dalam keadaan segar dan agar tidak mudah mengantuk adalah dengan cara duduk dalam posisi yang tegak. Dengan cara begitu, maka pembuluh darah akan terus lancar melaksanakan tugasnya dalam menyuplai oksigen ke otak, sehingga otak pun akan terus dalam keadaan segar.

Tentu saja yang dimaksud duduk tegak di sini bukanlah tegak yang kaku, yang malah akan membuat kita cepat lelah. Yang dimaksud di sini, hindarilah posisi yang terlalu membungkuk atau terlalu menyandar dalam waktu yang lama. Sesekali tentu saja boleh membaca buku sambil menyandar, atau sesekali membungkuk ketiga sedang menulis, tetapi setelah itu duduklah kembali dalam posisi yang tegak. Dengan cara begitu, aktivitas belajar pun akan lebih lancar karena kantuk akan jarang datang.

Minumlah air

Ketika rasa kantuk menyerang, kamu bisa mengatasinya dengan mengambil segelas air, dan kemudian minumlah. Rasa haus terkadang tidak terasa ketika kamu sedang asyik belajar, tetapi tubuh yang kekurangan cairan akan membuatmu cepat lelah dan mengantuk. Karenanya, minumlah untuk kembali menyegarkan tubuhmu.

Kamu bisa memilih air minum yang adem, dingin ataupun yang hangat, sesuai selera atau kesukaanmu. Ada orang yang sangat menyukai minum air es, tetapi ada pula yang justru “takut” dengan minuman dingin karena membuatnya terserang pilek. Karenanya, kamu bebas memilih—minum yang dingin atau yang hangat—selama kamu tahu minuman itu akan membantu menyegarkan tubuhmu.

Lakukanlah aktivitas yang lain

Kantuk bisa saja timbul karena rasa bosan. Karenanya, bisa saja orang mengantuk karena perasaan bosan, meski otaknya masih mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Orang terkadang menguap dan merasa mengantuk ketika mendengarkan atau menghadapi sesuatu, tetapi kemudian kantuknya itu akan hilang ketika tak lagi menghadapi sesuatu itu. Mengapa ini bisa terjadi? Rasa bosan itulah jawabannya.

Karenanya, bisa saja kamu mengantuk selagi belajar, karena munculnya rasa bosan di dalam dirimu. Ketika mempelajari sesuatu yang mengasyikkan, mungkin kamu tahan belajar hingga tiga atau empat jam. Tetapi ketika mempelajari sesuatu yang sulit, atau yang tidak kamu sukai, kamu jadi merasa cepat lelah dan mengantuk padahal baru belajar satu jam.

Untuk mengatasi hal semacam itu, kamu bisa menyelingi aktivitas belajarmu dengan melakukan hal lain, semisal beristirahat sejenak sambil mendengarkan musik, untuk kemudian mulai belajar lagi setelah otakmu segar kembali.

Bergeraklah

Kalau kamu sudah belajar dengan khusyuk selama tiga jam, misalnya, bisa saja tubuhmu menjadi kaku karena kurang bergerak. Duduk selama berjam-jam tentu akan membuat badan menjadi pegal dan aliran darah menjadi kurang lancar. Ketika hal semacam itu terjadi, rasa kantuk pun biasanya akan mudah menyerang.

Karenanya, bergeraklah setelah kamu merasa cukup lama belajar. Letakkanlah buku sejenak, kemudian lakukanlah sesuatu yang memungkinkan tubuhmu bergerak.

Terkadang kamu menghadapi saat-saat “genting” seperti ini; besok pagi kamu akan ujian, dan sekarang kamu harus belajar. Tetapi kamu terus-menerus merasa mengantuk. Bagaimana mengatasinya? Kalau tip-tip di atas sudah kamu lakukan tetapi kamu tetap saja merasa mengantuk, maka menggerakkan tubuh adalah tip yang biasanya akan mengalahkan rasa kantuk itu. Untuk hal ini, kamu bisa saja meloncat-loncat atau lari-lari di tempat.

Ketika tubuhmu bergerak dengan aktif, semisal lari-lari di tempat dalam waktu cukup lama, maka jantung akan berdenyut secara lebih cepat dan memompa darah dengan lebih lancar. Ketika hal itu terjadi, bisa dipastikan rasa kantuk pun akan segera hilang.

Basuhlah wajah dengan air

Bisa dibilang kalau ini adalah tip yang sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu kala, tetapi belum kadaluwarsa. Mencuci muka dengan air selalu bisa digunakan untuk mengusir rasa kantuk. Orang yang biasa bangun tengah malam untuk sholat tahajjud, misalnya, selalu merasakan bahwa kantuknya seketika lenyap setelah membasuhkan air di wajahnya.

Karenanya, kalau selagi belajar kamu tiba-tiba merasakan kantuk datang menyerang, segeralah pergi ke kamar mandi atau wastafel, kemudian basuhlah wajahmu dengan air. Setelah itu, kamu pun akan merasakan kantuk menjadi hilang, dan digantikan oleh rasa segar.

Istirahatlah sejenak

Lalu bagaimana kalau semua tip di atas sudah kamu lakukan tetapi rasa kantuk tetap saja muncul dan tak mau hilang? Kalau memang itu yang terjadi, maka berarti tubuhmu memang sudah harus diistirahatkan. Tubuh manusia bukanlah mesin yang tak mengenal lelah. Setelah melakukan atau mengerjakan sesuatu yang relatif berat, apalagi jika dalam waktu lama, tubuh pun akan menuntut haknya untuk beristirahat.

Kalau kamu sudah khusyuk belajar selama berjam-jam tanpa henti, tentu saja wajar kalau tubuhmu kemudian merasa capek yang ditunjukkannya dalam bentuk kantuk yang datang. Karenanya, akan lebih efektif kalau kamu menyelingi aktivitas belajarmu dengan istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan belajar lagi, daripada kamu terus-menerus belajar dalam waktu lama tanpa istirahat.

Berdasarkan banyak penelitian yang selama ini telah dilakukan, istirahat yang singkat tetapi rutin jauh lebih efektif dalam hal meningkatkan kesegaran tubuh, dibanding dengan istirahat dalam waktu lama karena kelelahan. Jadi, lebih baik mengistirahatkan tubuh walaupun sejenak, daripada kamu dipaksa beristirahat oleh tubuhmu karena sudah terlalu lelah.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.