Tips Mengantisipasi Soal Ujian

Tips Mengantisipasi Soal Ujian

BIBLIOTIKA - Menghadapi ujian, baik ujian insidental ataupun ujian reguler, pastilah sesuatu yang ‘biasa’ bagi para pelajar ataupun mahasiswa. Ujian adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan atau dilepaskan dari proses belajar di sekolah atau di kampus. Ujian akan dianggap sebagai sarana untuk mengetahui sejauh mana seseorang (murid atau mahasiswa) dalam mencerna, memahami dan menguasai suatu materi.

Nah, belajar dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tentunya akan menjadi semakin efektif apabila kita dapat memprediksikan apa saja materi yang akan keluar dalam ujian nantinya. Dengan adanya prediksi semacam itu, maka setidaknya kita akan lebih terarah dalam belajar, sekaligus dapat lebih memfokuskan pikiran pada suatu materi tertentu agar nantinya kita dapat menjalani ujian dengan lebih baik.

Untuk mengantisipasi dan mendapatkan prediksi mengenai apa saja materi ujian yang akan kita hadapi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tanyakan pada guru atau dosen

Cara yang paling mudah untuk mengantisipasi soal ujian yang akan datang adalah dengan cara menanyakannya langsung kepada guru atau dosen, mengenai apa saja yang sekiranya nanti akan keluar dalam ujian. Ini hal yang umum, karena para guru dan dosen pun biasanya dengan senang hati akan memberitahukannya, meski mungkin tidak akan memberitahukan sejelas-jelasnya.

Biasanya, guru atau dosen pun sudah memberikan semacam ‘kisi-kisi’ mengenai bagian apa saja dalam materi pelajaran atau mata kuliahnya yang akan muncul dalam ujian. Hal itu pastinya dilakukan dengan harapan dan tujuan agar para murid atau mahasiswanya akan dapat lebih menguasai materi ujian.

Namun, apabila guru atau dosen tidak memberitahu sedikit pun mengenai materi ujian yang akan keluar, maka bertanya secara langsung adalah jalan yang paling mudah dan paling bagus.

Perhatikan materi menjelang ujian

Materi-materi pelajaran atau kuliah yang diberikan menjelang waktu ujian tiba biasanya akan menjadi materi yang akan keluar dalam waktu ujian. Karenanya, usahakan untuk lebih berkonsentrasi pada materi-materi pelajaran atau mata kuliah yang diberikan pada waktu-waktu itu.

Guru atau dosen pun biasanya akan cukup banyak menggunakan materi-materi di waktu-waktu menjelang ujian sebagai bahan dalam ujian. Hal itu mungkin saja terjadi karena materi menjelang waktu ujian akan lebih segar diingat daripada materi-materi yang telah lama diajarkan.

Buatlah daftar pertanyaan ujian

Bayangkanlah diri Anda sebagai pihak yang membuat soal-soal dalam materi ujian tersebut, lalu perkirakanlah apa saja atau soal-soal seperti apa yang sekiranya akan Anda berikan. Dengan cara seperti ini, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Pertama, dengan membuat soal-soal seperti itu, kita akan dapat memperkirakan soal-soal apa saja yang nantinya akan keluar dalam ujian, dan kita pun akan lebih siap dalam menghadapinya.

Kedua, kalau pun ternyata soal-soal latihan yang kita buat ternyata tidak muncul dalam ujian, maka setidaknya kita telah belajar menjawab soal-soal itu—yang pastinya tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal dalam ujian. Bisa saja bentuk soalnya berbeda, tetapi isi materinya sama.

Pelajari soal-soal ujian yang kemarin

Untuk bisa mengantisipasi soal-soal apa saja yang akan muncul dalam ujian kali ini, kita bisa melihatnya dari soal-soal yang muncul pada ujian yang kemarin atau yang telah lalu. Biasanya, cara seorang guru atau dosen dalam memberikan materi dalam ujian tidak akan jauh beda dari tahun ke tahun atau dari waktu ke waktu.

Karenanya, apabila kita dapat mengetahui isi atau materi ujian yang telah lalu, maka setidaknya kita dapat mengantisipasi isi atau materi ujian kali ini.

Lebih dari itu, mempelajari materi ujian yang telah lalu juga akan membuat kita dapat lebih mudah ketika berlatih membuat soal-soal sendiri yang akan kita jawab sendiri—sebagai latihan menjawab soal-soal di ujian.

Diskusikanlah dengan teman-teman

Memperbanyak diskusi dengan teman-teman akan membuat kita menjadi semakin mantap dalam mengantisipasi soal ujian. Bisa saja ada sesuatu yang terlewat dari pikiran kita, dan teman kita akan mengingatkannya. Hal ini seringkali terjadi, karena ingatan atau pikiran setiap orang akan cenderung berbeda, khususnya dalam hal sudut pandang atas sesuatu.

Bisa saja kita memperkirakan bahwa materi A adalah materi yang akan keluar, namun teman kita justru yakin kalau materi B yang akan keluar. Masing-masing perkiraan ini tentunya karena didasari oleh pertimbangan-pertimbangan tertentu, dan kita bisa belajar dari situ.

Perhatikan petunjuk-petunjuk pra-ujian

Biasanya, guru atau dosen akan lebih menekankan suatu materi apabila materi tersebut akan muncul dalam ujian. Kita bisa memperhatikan hal-hal tersebut. Atau bisa pula guru atau dosen secara jelas menyatakan bahwa suatu materi akan muncul dalam ujian. Biasanya mereka akan berkata, “Ini akan keluar di ujian nanti.”

Dengan mengetahui hal-hal semacam itu, kita pun akan lebih dapat mengantisipasi apa saja materi yang nantinya akan muncul dalam ujian. Karenanya, setiap kali mendapatkan tanda-tanda tertentu dari guru atau dosen mengenai materi apa saja yang akan muncul dalam ujian, catatlah hal itu, agar nantinya kita akan lebih terfokus dalam mempelajari materi-materi dalam menghadapi ujian.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.