Tips Memiliki Konsentrasi Tinggi Dalam Belajar

Tips Memiliki Konsentrasi Tinggi Dalam Belajar

BIBLIOTIKA - Bagaimana cara agar dapat memiliki konsentrasi yang tinggi dalam belajar? Banyak siswa yang mengeluhkan hal ini, karena sepertinya sulit sekali untuk dapat selalu memiliki konsentrasi yang baik ketika sedang belajar. Apakah kamu juga begitu? Mungkin kamu sudah menyiapkan diri dengan baik, tetapi baru beberapa menit saja, konsentrasi belajarmu sudah buyar.

Belajar yang baik memang memerlukan tingkat konsentrasi yang sama baiknya. Karena tentunya konsentrasi yang kacau akan menjadikan proses belajar juga tidak optimal. Karena itu, berikut ini adalah tip yang dapat kamu lakukan untuk dapat selalu memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dalam aktivitas belajar. Tip berikut ini akan sangat berguna, khususnya ketika kamu akan menjelang ujian dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam belajar.

Nyamankan pikiranmu terlebih dulu

Kamu tidak bisa belajar dengan baik kalau kamu sedang marah, sedang sedih, atau sedang stres, atau juga sedang bingung memikirkan hal lain. Ketika kamu memaksakan diri untuk belajar sementara pikiranmu sedang tersita untuk memikirkan hal lain, konsentrasimu akan terpecah dan tidak bisa terfokus. Hasilnya, aktivitas belajarmu akan ngambang, atau bahkan malah sia-sia.

Agar kamu bisa berkonsentrasi secara baik dalam belajar, kamu perlu menyamankan pikiranmu terlebih dulu. Jika kamu sedang marah, turunkan terlebih dulu tensi kemarahanmu, entah dengan mencuci muka, mendengarkan musik yang lembut atau juga bermain game terlebih dulu. Yang penting kemarahanmu bisa hilang atau setidaknya berkurang. Begitu pun kalau kamu sedang bingung atau sedih, kamu juga perlu menetralkan perasaan itu terlebih dulu sebelum memulai aktivitas belajarmu.

Nah, setelah perasaanmu menjadi netral dan kamu mulai merasa nyaman, kamu bisa mulai mengambil buku dan memulai aktivitas belajarmu. Dengan begitu, kamu akan benar-benar siap memfokuskan pikiranmu pada aktivitas belajar itu.

Siapkan suasana belajar yang baik

Ada banyak gangguan yang dapat merusak konsentrasi kita dalam belajar. Suara televisi di ruang tengah, suara lalu-lintas kendaraan atau percakapan orang yang cukup ramai, atau bahkan ponsel yang berdering tiba-tiba, semua itu dapat merusakkan atau mengganggu konsentrasi dalam belajar.

Karenanya, agar konsentrasimu tidak buyar selama belajar, sebaiknya tutup pintu kamar agar suara dari luar tidak terlalu masuk ke dalam. Selain itu, matikan ponselmu agar kamu bisa tenang selama belajar dan tidak terganggu dengan datangnya panggilan telepon atau SMS yang tidak penting. Nanti, setelah waktu belajarmu selesai, kamu bisa kembali mengaktifkan ponselmu, atau bisa kembali menonton acara teve favoritmu.

Dengan persiapan suasana yang baik, proses belajar akan lebih nyaman sekaligus terkonsentrasi. Otak manusia tidak dapat memikirkan dua hal secara sekaligus. Jika suatu pikiran masuk atau melintas ke dalam otak, maka pikiran sebelumnya akan terpaksa tersingkir walau untuk sementara.

Begitu pun, kalau kamu sedang belajar dan kemudian mendengar suara televisi, konsentrasimu akan terpecah, karena otakmu akan bergantian memikirkan acara televisi dan sesuatu yang sedang kamu pelajari.

Duduklah dalam posisi tegak yang nyaman

Karena tujuan kita adalah berkonsentrasi tinggi dalam belajar, maka duduk dalam posisi tegak yang nyaman jauh lebih baik daripada kalau kamu duduk menyandar atau sambil tiduran. Duduklah dengan tegak, dekatkan posisi kursi dengan meja belajar, kemudian letakkan bukumu di atas meja belajar di hadapanmu.

Posisi tersebut akan membantumu untuk terus berkonsentrasi dalam aktivitas belajarmu, sementara posisi menyandar atau sambil tiduran akan membuatmu cepat lelah atau bahkan mengantuk.

Bagaimana mengatasi kelelahan

Karena banyaknya materi yang dipelajari, bisa saja kamu harus duduk dalam waktu yang cukup lama hingga kamu merasa badanmu terasa capek. Kalau memang belajarmu sudah selesai, tentu saja tidak masalah, karena kamu bisa langsung beristirahat atau tidur. Tapi bagaimana kalau belajarmu belum selesai tapi tubuhmu sudah terasa capek dan pegal?

Duduk dalam waktu lama memang membuat otot-otot tubuh kita menjadi kaku. Untuk mengatasinya, bangkitlah dari kursimu, lalu regangkan tubuh dengan rileks. Ketika otot-otot tubuh kembali diregangkan, ia akan lemas kembali dan kamu pun akan merasakan badanmu agak membaik, dan rasa lelah atau pegal yang tadi dirasakan akan jadi berkurang.

Selain itu, ada kalanya pula kamu merasakan matamulah yang lelah. Mata lelah biasanya terjadi karena aktivitas membaca yang terlalu lama, atau menghadapi layar monitor dalam waktu yang lama. Bisa saja kamu harus mengetik tugas di komputer dan kemudian kamu berhadapan dengan monitor selama berjam-jam hingga mata terasa capek dan pedas. Bagaimana mengatasinya?

Tidak sulit mengatasinya. Ambillah mentimun, lalu irislah agak tipis. Setelah itu tempelkan pada kedua matamu sambil kamu berbaring-baring dengan santai. Gerak-gerakkan matamu di bawah irisan mentimun yang segar itu, sebanyak yang kamu mampu. Setelah cukup lama, angkatlah irisan mentimun itu dari kedua matamu. Kamu bisa merasakan sekarang, matamu sudah tidak lelah lagi, bahkan kini jadi segar kembali.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.