Tips Membangun Website untuk Bisnis di Internet

Tips Membangun Website untuk Bisnis di Internet

BIBLIOTIKA - Membangun sebuah website untuk bisnis itu tak jauh beda dengan membangun sebuah toko atau warung yang diharapkan dapat menarik pembeli untuk datang dan kemudian membeli apa yang kita tawarkan. Karenanya, sebisa mungkin rencanakan dengan matang mengenai website seperti apa yang ingin dibangun untuk menawarkan bisnis kita di internet.

Mungkin Anda bukan seorang yang ahli dalam merancang website atau belum bisa merancang website sendiri. Jangan khawatir. Untuk hal itu kita selalu bisa meminta jasa pembuat website profesional untuk membuatkan website yang kita inginkan. Namun karena Andalah pemilik bisnis tersebut, maka Anda pulalah yang paling tahu seperti apa bentuk dan tampilan website yang Anda inginkan yang sekiranya pas dan tepat dengan jenis bisnis Anda.

Nah, kalau kita memang belum bisa merancang dan membangun website sendiri di komputer, maka kita bisa merancangnya secara manual di atas selembar kertas. Sekilas, ini mungkin terkesan remeh dan sederhana, namun sesungguhnya merancang tampilan website di atas kertas jauh lebih mudah dan lebih cepat, khususnya kalau kita memang belum mengerti bahasa pemrograman HTML (suatu bahasa program untuk membuat website).

Usahakan agar dapat menyediakan waktu untuk benar-benar merancang tampilan website yang ingin kita bangun itu. Jangan berpikir bahwa waktu yang digunakan untuk merancang website ini sebagai waktu yang terbuang sia-sia, karena semakin baik tampilan dan efektivitas sebuah website, maka akan semakin memberikan kemungkinan besar bagi keuntungan bisnis kita nantinya.

Website yang baik adalah website yang tidak dibangun secara asal-asalan. Website bisnis yang menguntungkan biasanya adalah website yang benar-benar dirancang dengan sungguh-sungguh dan tidak asal nampang di internet. Website yang direncanakan dengan baik dan cermat akan lebih mampu memberikan pelayanan yang juga lebih baik kepada para pengunjung website kita, dan itu berarti akan mempermudah kita pula dalam mencapai tujuan bisnis kita.

Merancang website secara cermat bukan hanya sebatas pada tampilan fisiknya semata-mata, namun juga menyangkut kata-kata atau kalimat apa yang ingin kita jadikan headline  atau judul di dalam website kita. Jadi, begitu pengunjung membuka website kita, maka judul itulah yang akan pertama kali mereka lihat, dan judul itu pulalah yang nantinya akan ikut mempengaruhi apakah pengunjung tersebut akan membaca dan mempelajari isi website kita atau malah akan langsung pergi meninggalkannya.

Selain judul yang provokatif atau menarik, rancanglah pula flowchart atau diagram alir yang menggambarkan semua halaman yang ada atau yang mungkin ada di dalam website yang direncanakan tersebut. Pikirkan, tuliskan dan gambarkan sejelas-jelasnya di atas kertas, dan kemudian evaluasi ulang.

Apabila rancangan atau rencana yang pertama dianggap belum efektif dan belum memuaskan, jangan ragu-ragu untuk membuat koreksi, perubahan atau merancang bentuk tampilan website yang lain yang lebih bagus. Ingat, kerja keras dalam perencanaan akan lebih efektif dibandingkan dengan kerja keras dalam pelaksanaan. Karenanya, teruslah sempurnakan rencana tersebut. Toh kita selalu dapat mengubah, menghapus ataupun menambahi rencana website tersebut dengan mudah karena kita melakukannya di atas kertas.

Karena kita merancangnya di atas kertas, maka kita pun akan dengan mudah merancang tampilan wajah website kita tersebut secara utuh. Misalnya dimana penempatan judulnya, gambar-gambarnya, dimana letak side-bar, film animasi, atau dimana pula letak link-link yang akan menghubungkan pengunjung dengan halaman-halaman lain atau website-website lain yang kita inginkan.

Sekali lagi, ini akan jauh lebih mudah dilakukan di atas kertas dibanding di komputer dengan menggunakan kode-kode HTML yang rumit—khususnya kalau kita memang masih awam dalam hal pembuatan website.

Untuk keperluan merancang tampilan website ini, kita bisa mempelajarinya dengan mengunjungi website-website yang telah ada di internet. Ada begitu banyak website bisnis di internet saat ini, dan kita dapat mengunjungi website-website tersebut untuk mempelajari dimana letak keunggulan dari website-website tersebut, dimana kekurangannya, bagian mana yang harus diganti, dimana yang harus diubah atau dihapus, dan sebagainya.

Pendeknya, jangan malas untuk meluangkan waktu demi website terbaik yang kita harapkan dapat memberikan keuntungan dari bisnis yang ingin kita bangun di internet nantinya.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.